Setelah seharian beraktivitas, tentu kita ingin segera pulang ke rumah untuk beristirahat. Sekadar cuci muka atau mandi, lalu buru-buru bergumul dengan bantal dan guling di kasur. Padahal, sebenarnya ada beberapa “ritual” yang sebaiknya kamu lakukan terlebih dahulu lho.

Pada malam hari, tubuh akan terus bekerja dan kulitmu pun akan mengalami proses regenerasi. Itulah sebabnya mengapa melakukan perawatan tubuh sebelum tidur itu sangat dianjurkan. Nah, di artikel kali ini Hipwee akan memaparkan beberapa perawatan tubuh yang sebaiknya kamu lakukan sebelum tidur. Apa aja sih? Yuk, simak sama-sama!

1. Membersihkan wajah jadi langkah yang paling pertama. Gunakan air hangat untuk menghapus make-up yang seharian menempel di muka.

mulailah dengan mencuci muka via www.youtube.com

Advertisement

Langkah paling pertama yang wajib dilakukan adalah membersihkan wajah. Khususnya bagi kamu yang menggunakan make-up, sebaiknya pilih air hangat untuk mencuci muka. Pasalnya, air hangat akan membantu pori-porimu terbuka sehingga make-up di wajah akan lebih gampang dibersihkan.

Setelah wajah dibasahi dengan air hangat, barulah gunakan bola kapas yang sudah dibasahi dengan make-up remover. Gosokkan bola kapas ke seluruh bagian muka agar foundation yang menempel bisa ikut terangkat dengan sempurna. Yang pasti, jangan hanya mengandalkan sabun wajah saja karena hasil kerjanya tidak akan sesempurna make-up remover.

2. Selesai dengan wajah, lanjutkan untuk membersihkan seluruh bagian tubuhmu. Mandi dan scrubbing dijamin bisa jadi cara paling jitu.

mandi dengan scrub via shelivescrueltyfree.com

Seharian beraktivitas di luar rumah memungkinkan tubuhmu terkena debu dan kotoran, baik yang terlihat maupun tidak. Itulah alasannya mengapa kamu wajib membersihkan seluruh bagian tubuhmu dengan maksimal. Salah satunya dengan cara mandi dan scrubbing seluruh tubuh.

Advertisement

Sebaiknya, pilih sabun mandi dengan kandungan bahan-bahan kimia rendah dan mengandung moisturizer. Hal ini penting agar kulit tidak terasa kering setelah mandi. Pilih juga scrub dengan bahan dasar alami, atau jika perlu kamu bisa membuat homemade scrub sendiri. Scrubbing saat sore atau malam hari sebenarnya sangat disarankan lho. Alasannya agar kulit yang baru saja terkikis saat proses scrubbing tidak langsung terkena paparan sinar matahari.

3. Jangan biarkan rasa lelah mengalahkan segalanya. Sempatkan untuk keramas agar rambutmu bisa tampil prima esok harinya.

keramas pakai kondisioner via www.lifemartini.com

Selain mandi dan scrubbing, keramas atau mencuci rambut jadi “ritual” yang sebaiknya tak kamu lupakan. Pasalnya, rambut adalah bagian penting dari penampilanmu juga ‘kan? Jangan biarkan mood kerja di esok hari jadi “melempem” gara-gara bad hair day.

Untuk menjaga agar rambut tetap terawat, sebaiknya pilih shampoo yang bebas dari zat sulfat. Shampoo dengan kandungan sulfat yang rendah akan membantu menjaga kelembutan rambutmu. Selain itu, jangan malas untuk menggunakan conditioner sehabis keramas, ya! Aplikasikan conditioner di bagian batang rambut saja, supaya besok pagi rambutmu lebih “nurut” dan mudah ditata.

4. Kulit tubuh butuh asupan air agar bisa meregenerasi kulit saat malam hari, gunakan lotion atau pelembab setelah mandi supaya air di kulitmu tetap terkunci.

gunakan body lotion setelah mandi via larkcrafts.com

Setelah selesai mandi, “ritual” yang wajib kamu lakukan adalah mengoleskan lotion atau pelembab. Khususnya bagi kamu yang berkulit kering, pemakaian lotion ini wajib hukumnya untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi. Selain itu, body lotion dengan kandungan moisturizer yang tinggi juga akan menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Kulit yang mengalami kerusakan karena seharian terpapar sinar matahari pun bisa diperbaiki.

Pada malam hari, kulit juga akan menjalankan proses regenerasi. Dalam proses ini, kulit membutuhkan asupan air yang cukup. Setelah mandi, segera oleskan lotion saat kulit tubuhmu sudah setengah kering. Karena jika dioleskan saat kulit tubuh sudah benar-benar kering, lotion tidak akan bisa mengunci air dalam kulitmu sehingga asupan air untuk regenerasi pun tidak akan maksimal.

5. Bukan wajah dan tubuhmu saja, kuku tangan dan kaki hingga bagian kulit yang pecah-pecah pun tak boleh terlupa.

rawat kuku tangan dan kaki via essentialoilsandyou.files.wordpress.com

Seringkali kamu mungkin hanya memperhatikan bagian-bagian tubuh yang utama saja. Misalnya seperti wajah, tangan dan kaki. Padahal, bagian-bagian tubuh yang tersembunyi atau tidak terlalu terlihat pun wajib dirawat juga lho. Jangan lupa mengoleskan pelembab pada bagian lutut, tumit, hingga kutikula kaki saat menjelang tidur. Oleskan krim atau minyak khusus untuk kuku demi menutrisi dan menjaga keindahannya. Bagi kamu yang menyukai bahan-bahan alami, bisa juga lho dengan merendam kuku dalam larutan air perasan lemon.

6. Jangan biarkan mulutmu jadi sarang kuman dan bakteri. Berkumur dengan mouthwash ampuh menangkal bau mulut di pagi hari.

gunakan larutan mouthwash sebelum tidur via www.guelphdentist.com

Saat malam hari, produksi air liur dalam mulut akan mengalami penurunan. Akibatnya, kuman dan bakteri pun akan terbentuk sehingga menyebabkan bau mulut di pagi hari tepatnya saat bangun tidur. Nah, untuk mengatasi masalah bau mulut ini, sebaiknya gunakan mouthwash sebelum tidur. Berkumur dengan mouthwash adalah cara paling ampuh untuk membunuh bakteri dan menjaga nafas tetap segar di pagi hari.

7. Perawatan khusus untuk wajah memang wajib dilakukan. Gunakan krim malam atau masker putih telur yang ditambah pijatan.

masker putih telur via jessicamoyblog.com

Wajah adalah bagian tubuh yang paling utama. Pasalnya, bagian inilah yang akan dilihat orang lain untuk pertama kalinya. Tak heran jika wajah memang membutuhkan perawatan ekstra dibanding bagian tubuh lainnya.

Saat malam hari, gunakan krim malam yang berfungsi sebagai sumber nutrisi bagi kulit. Hal ini penting untuk menjaga kekenyalan kulit sehingga kulit wajahmu bisa tetap kencang. Selain krim malam buatan pabrik, kamu juga bisa menggunakan masker putih telur.

Sementara, untuk bagian kulit mata, sebaiknya gunakan irisan tomat atau mentimun untuk menjaga kelembabannya. Sesekali tekan-tekan atau beri piajatan-pijatan kecil di bagian wajah agar nutrisi bisa terserap di wajah dengan maksimal.

8. Supaya bibirmu terlihat semakin memesona, oleskan madu asli sebagai masker bibir yang alami setiap harinya.

madu untuk masker bibir via 7-themes.com

Di banding bagian tubuh yang lain, bibir termasuk yang paling sensitif terhadap paparan sinar matahari. Akibatnya, bibir akan mudah kering bahkan pecah-pecah saat cuaca sedang panas. Karena itulah kamu wajib mengoleskan pelembab di bagian bibir untuk menjaga kelembutan dan kelembabannya. Sebaiknya, gunakan bahan alam seperti madu untuk menghindari kemungkinan iritasi pada bibir.

9. Waktu istirahatmu sangatlah berharga. Penggunaan aroma terapi bisa jadi solusi agar tidurmu tetap nyenyak terjaga.

gunakan aromaterapi saat tidur via happyandhealthywithmultiflora.wordpress.com

Waktu tidur yang cukup berbeda dengan waktu tidur yang berkualitas. Meski sudah tidur, bisa jadi pikiran dan otakmu sebenarnya masih tegang lantaran masalah atau beban pekerjaan yang mengganggu. Akibatnya, kamu bangun tidur tapi tetap merasa mengantuk dan kelelahan.

Nah, salah satu solusi yang sangat dianjurkan adalah menggunakan aroma terapi saat tidur. Kamu bisa menggunakan aroma terapi yang berupa lilin atau minyak misalnya. Keharuman aroma terapi inilah yang akan membantu menenangkan pikiran dan gelombang stimulasi otak sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak.

10. Tanpa minum air putih dan waktu tidur cukup, semua perawatan yang kamu lakukan akan percuma. Di pagi hari, wajah dan penampilanmu pun tak jadi terlihat memesona.

kamu butuh istirahat yang cukup via www.beautybyemily.co.uk

Perawatan tubuh dari luar tetap harus diimbangi perawatan tubuh dari dalam. Semua perawatan yang kamu lakukan di atas tetap akan sia-sia, jika dua hal penting ini kamu abaikan begitu saja. Yup! Konsumsi air putih dan waktu tidur yang cukup sebenarnya adalah kunci penampilanmu yang paling utama.

Konsumsi setidaknya 8 gelas air putih per hari. Untuk mengistirahatkan tubuh, kamu butuh waktu tidur setidaknya 6-7 jam setiap harinya. Dan jika kedua hal tersebut tidak terpenuhi, tubuhmu pun akan merasakan akibatnya. Mata merah, terbentuknya lingkar mata, kulit kering, hingga munculnya keriput adalah beberapa di antaranya.

Jadi, kunci dari penampilan yang memesona adalah dirimu sendiri. Selama kamu tak malas melakukan perawatan-perawatan sederhana sebelum tidur seperti di atas, terlihat cantik memesona itu bisa saja. Selamat mencoba, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya