Gemuk, ndut, atau curvy tidak menunjukkan apakah kamu sehat atau tidak. Ada banyak orang yang berat badannya berlebih ternyata sehat-sehat saja, sementara orang yang terlihat normal ternyata justru memiliki permasalahan metabolisme. Ini disebabkan karena lemak yang ada di bawah lapisan kulit biasa bukanlah sebuah masalah besar. Masalah besarnya adalah lemak yang ada di rongga perut. Secara kasat mata, kita melihatnya sebagai perut yang buncit.

Sekarang kita sepakat kalau perut buncit memang masalah kita bersama, entah kamu cewek maupun cowok. Untuk itu, coba ukur lingkar perut dari pinggangmu deh! Ukuran idealnya tidak boleh melebihi setengah tinggi badanmu, kalau lebih berarti perutmu buncit. Hiks. 🙁

Tapi, nggak perlu khawatir kalau memang perutmu buncit, Hipwee Tips akan memberikanmu informasi tentang makanan-makanan yang ternyata bisa membasmi lemak di perutmu. Apa saja sih kira-kira?

1. Rutin lah konsumsi jamur untuk mengatasi kekurangan vitamin D yang menyebabkan perutmu buncit

Jamur via eblogfa.com

Jamur mengandung vitamin D yang sangat baik untuk mencegah obesitas di area perut, karena kekurangan vitamin D dapat menyebabkan perutmu jadi buncit. Jamur yang tumbuh di bawah sinar matahari ini dapat melawan lemak-lemak yang berniat akan bersarang di perutmu. Wih, keren, ya!

2. Dua telur saat sarapan bisa mengurangi lingkar perutmu hingga 34%. Wajib dicoba!

Advertisement

Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Obesity menunjukkan bahwa orang yang sarapan dengan makan 2 telur akan berkurang lingkar perutnya hingga 34 %. Wah lumayan tuh!

3. Tambahkan cabai di setiap menu masakanmu, untuk membakar lemak jahat di tubuhmu

Cabai via sheknows.com

Cabai mengandung capsaicin, senyawa yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan konsumsi kalori. Senyawa ini juga bisa membakar lemak, termasuk yang ada dalam perutmu. Kamu yang suka pedas beruntung banget nih!

4. Minumlah susu rendah lemak secara rutin, agar kamu tetap sehat meski sedang mengecilkan perut

Susu, khususunya susu rendah lemak menghubungkan kalsium dan suplementasi vitamin D untuk menurunkan kadar lemak perut selama 12 minggu. Ini adalah hasil studi yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal.

5. Nggak cuma membasmi lemak perut, brokoli juga akan mengurangi resiko tubuhmu kena diabetes

Brokoli via www.brilio.net

Jurnal The Academy of Nutrition and Dietetics menunjukkan bahwa sayuran dengan warna hijau gelap seperti brokoli dapat menurunkan kadar lemak di dalam perutmu. Selain itu juga bisa mengurangi resiko diabetes tipe 2.

6. Demi perut yang lebih kenyang tanpa buncit, kamu harus mengonsumsi buncis atau kacang-kacangan

Kacang-kacangan via funfitca.com

Makanan buncis-buncisan memiliki komposisi makronutrisi (rasio serat dan protein yang sempurna) untuk meningkatkan rasa kenyang, sehingga bahan makanan ini selalu jadi menu utama dalam diet. Sementara kacang-kacangan dapat membantu metabolisme tubuh yang lebih cepat, sehingga otomatis akan mengurangi kadar perut buncitmu.

7. Buat masakanmu jadi lebih enak dan ramah di perut dengan menambahkan aneka rempah-rempah

Rempah-rempah via navacenter.com

Bagi kita orang Indonesia, rempah-rempah adalah nyawa setiap masakan. Tanpa rempah-rempah rasa dan bau masakan nggak akan ada apa-apanya. Manfaat lain rempah-rempah ternyata bisa mengurangi inflamasi tubuh juga, lho! Selamat tinggal deh perut buncit 🙂

8. Kandungan lemak baik dalam minyak kelapa bisa jadi senjatamu untuk melawan lemak jahat di perut

Minyak kelapa via simplecapacity.com

Meski mengandung lemak, minyak kelapa tidak akan menyimpan lemak itu dalam tubuhmu. Bahkan sebuah penelitian justru memperlihatkan hal sebaliknya, minyak kelapa bisa menurunkan kadar lemak dalam perut.

9. Bawang-bawangan juga akan membuat jumlah lemak yang terbakar makin banyak

Bawang-bawangan termasuk daun bawang adalah makanan prebiotik yang dapat membantu menumbuhkan bakteri baik. Bakteri ini akan memproduksi butyrate, yang akan melancarkan metabolisme dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan memperbanyak jumlah lemak yang terbakar.

10. Mau yang enak tapi ampuh bakar lemak di perut? Alpukat jawabannya!

Baca manfaat dari Alpukat untuk tubuhmu di sini ya!

11. Manfaatkan bakteri baik yang disediakan oleh sayur-sayuran hijau ini demi perut yang lebih rata

Sayuran hijau via onegreenplanet.com

Pak choy, bayam, dan sejenisnya merupakan sumber makanan dengan bakteri baik yang paling oke. Karena itu, usahakan untuk selalu menambah sayur-sayuran ini dalam berbagai jenis masakanmu.

12. Salah satu kunci perut yang rata adalah konsumsi probiotik, dan yoghurt adalah yang terbaik

Yogurt via super169.com

Sumber probiotik alami paling besar adalah yoghurt yang mengandung lactobacillus. Penelitian dalam British Journal of Nutrition menunjukkan kalau perempuan yang mengonsumsi probiotik berat badannya turun dua kali lebih cepat. Artinya, perutmu bakal lebih rata kalau rutin mengkonsumsi ini 🙂

13. Minum air lemon pun nggak kalah ajaibnya! Biasakan ini setiap bangun tidur dan setelah makan

Lemon dan air via huffingtonpost.com

Makanan yang pahit atau getir seperti air yang dicampur lemon akan menjadi obat untuk pencernaanmu. Dengan pencernaan yang lancar, artinya lemak yang ada didalam tubuhmu pun akan dibakar dengan baik. Akhirnya perut yang lebih rata bisa kamu dapatkan.

Hari ini mau masukin makanan yang mana dalam menu dietmu? Nggak perlu bercita-cita kurus, yang penting kamu sehat dan bugar selalu 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!