Kalau kamu pikir fungsi cuka cuma untuk bikin acar, maka kamu salah. Bukan hanya untuk bikin acar, cuka punya banyak sekali kegunaan lainnya. Nyatanya, kandungan asam pada cuka membuatnya ampuh digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari membersihkan perabotan sampai rambut, semua bisa diatasi dengan cuka.

Di sini, Hipwee Tips akan membagikan fungsi lain cuka yang akan sangat membantu kegiatanmu sehari-hari. Wah, apa saja, ya?

Cuka ampuh untuk membersihkan macam-macam benda, mulai dari lantai, perabotan dari kayu hingga kaca mata

bersih-bersih pakai cuka via carpet.vidalondon.net

Cuka memang paling ampuh untuk membersihkan berbagai macam barang, mulai dari lantai, kayu dan kaca. Kalau kaca matamu kotor kamu bisa bersihkan dengan cuka. Perabotan kayu dan lantai juga bisa bersih dengan bantuan cuka. Kamu bisa semprotkan cuka di bagian yang kotor lalu usap dengan kain, kotoran akan langsung hilang seketika.

Nggak hanya mencegah serangga, cuka juga akan langsung membunuhnya

Bunuh semut pakai cuka via jombangkab.go.id

Advertisement

Semprotkan cuka ke arah serangga, seperti semut atau kecoa. Tanpa perlu tunggu lama, serangga akan langsung mati. Cuka menjadi racum mematikan untuk serangga, jadi nggak perlu repot beli obat anti serangga.

Salah satu kehebatan cuka adalah mengembalikan logam yang berkarat jadi mengkilap seperti semula

berkarat sekali via pixabay.com

Cara pakainya gampang, tinggal siapkan sesendok makan cuka dan satu sendok teh garam. Lalu, gosok campuran itu ke bagian yang berkarat sampai karatnya hilang, setelah itu kamu bisa bilas dengan air dan langsung bersihkan.

Tanpa repot perlu cari deterjen, cuka juga bisa membersihkan noda membandel di bajumu

Kalau pakai deodoran, noda kuning di baju bagian ketiak sulit dihilangkan, dan jika dibiarkan warnanya akan semakin kuning dan kaku. Belum lagi noda-noda lain di baju yang membandel. Kamu bisa pakai cuka untuk membersihkan noda-noda itu. Caranya, cukup teteskan cuka pada noda di baju sebelum mencucinya.

Selain menghilangkan noda, cuka bisa membuat bajumu jadi lebih lembut

Lembutnyaaa via www.persil.co.uk

Kalau untuk melembutkan caranya sedikit beda dengan menghilangkan noda, tapi nggak ribet kok. Campurkan cuka ke dalam air lalu bilas baju yang baru saja dicuci ke dalam larutan itu. Cuka juga akan menghilangkan sisa-sisa sabun di baju.

Dengan cuka, baju yang hitam semakin hitam, yang putih semakin putih, warna terang juga makin terlihat

warna-warni via www.persil.co.uk

Jika pemutih digunakan untuk baju berwarna bisa mengaburkan warnanya, sedangkan cuka justru bekerja lebih baik. Di sini, kamu bisa bilas bajumu dengan air yang sudah dicampur cuka, maka warna bajumu akan lebih terlihat. Apapun warna bajumu tidak akan mempengaruhi hasilnya, entah itu warna hitam, putih, atau pun warna terang.

Malas nyetrika? Kamu bisa semprotkan cuka ke bajumu dan lihat saja hasilnya…

Nggak perlu setrika via michelequigley.com

Caranya gampang, cukup campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:3, lalu semprotkan ke baju yang sudah di gantung. Tunggulah beberapa saat, kerutan-kerutan di bajumu akan memudar dengan sendirinya. Ajaib, ya!

Biar nggak dikatain bau apek, hilangkan aroma baju yang bau karena belum kering dengan cuka

Wah baunya via diyful.com

Pakaian yang belum kering sering jadi bau nggak enak, kamu bisa atasi ini dengan cuka.

Campur dua sendok teh cuka dengan air lalu semprotkan ke pakaian yang bau. Setelah itu angin-anginkan baju dengan cara di gantungkan, baunya perlahan-lahan akan menghilang.

Bunga di vas juga nggak akan cepat layu kalau kamu rajin semprotkan cuka ke sana

Pakai cuka biar awet via www.ikea.com

Nggak mau kan bunga yang indah cuma bertahan sebentar saja? Kamu bisa memperlama usia bungamu dengan cuka. Campurkan saja satu sendok makan cuka ke dalam air di dalam vas lalu masukkan bunga ke dalam larutan itu. Bungamu pasti akan bertahan lebih lama dari pada hanya menggunakan air pada umumnya.

Cuka juga mengandung asam yang bisa meredakan cegukan. Tapi, jangan dikonsumsi berlebihan

hiks cegukan via www.alodokter.com

Rasanya memang nggak enak, tapi cuka ampuh buat mengatasi cegukan. Dari pada terganggu dengan cegukan yang nggak berhenti, mending minum cuka satu sendok teh saja. Kalau nggak tahan dengan rasanya, kamu bisa campur satu sendok teh cuka dengan segelas air dan satu sendok teh gula.

Bau tempat sampah di dapur bisa diatasi dengan cuka. Nggak perlu takut lagi dengan bau menyengatnya

Sampah menumpuk via www.goodhousekeeping.com

Kadang bau makanan busuk di tempat sampah bisa menyerebak ke seluruh ruangan. Ini bisa diatasi dengan cara yang unik, yaitu pakai cuka dan roti. Pakai dua roti tawar lalu basahi dengan cuka, lalu taruh di dasar tempat sampah. Bau busuk lama-lama akan semakin berkurang.

Rumput liar yang mengganggu keindahan halaman rumah pun bisa ‘dibunuh’ dengan cuka

Rumput mulai meninggi via www.motherearthliving.com

Kalau nggak mau halaman rumahmu penuh dengan rumput liar, kamu harus rajin mencabuti rumputnya. Tapi rumput yang masih hijau sulit untuk dicabut dan bisa melukai tangan. Kamu bisa tuangkan cuka ke rumput-rumput liar, pastikan cuka meresap sampai ke akarnya. Esok harinya, rumput-rumput liar itu akan mati dan lebih mudah untuk dicabut.

Gunakan pula cuka apel untuk membersihkan telinga anjing kalau ingin menghindari infeksi

Dibersihin pakai cuka via blog.petdom.in

Cuka apel memiliki fungsi anti bakteri yang bisa mencegah infeksi dan parasit yang sering tumbuh di telinga anjing. Sebelum membersihkan telinga anjing, rendam dulu kain atau kapasnya ke dalam cuka apel, baru usapkan ke telinga anjing. Cuka apel juga berfungsi untuk menghilang kutu di rambut anjing.

Agar rambutmu makin halus, coba pakai cuka sebagai ganti conditioner-mu

Lembut kayak iklan sampo via www.latintimes.com

Siapkan cuka dan air dengan perbandingan 1:2. Gunakan campuran itu untuk membilas rambut yang sudah dicuci. Untuk mengurangi baunya, jangan langsung bilas dengan air, tunggu dulu sekitar 2 menit baru dibilas air.

Kalau masih tidak kuat dengan baunya kamu bisa pakai cuka apel. Rambutmu akan terasa lembut dan berkilau.

Ajaibnya lagi, cuka mampu mencegah debu dan bulu kucing menempel di kasur atau sofa

Enaknya tidur via www.wishforpets.com

Buat para pecinta kucing, masalah terbesar yang dihadapi adalah bulu kucing yang menempel di mana-mana, baju, sofa dan perabot lain yang terbuat dari kain. Kamu bisa atasi dengan menyemprotkan cuka untuk membantu membersihkan bulu yang menempel. Kalau kamu nggak mau kucingmu duduk di sofa lagi, kamu juga bisa semprotkan ke sofa.

Kucing nggak suka bau cuka, jadi dia nggak akan duduk di sofa yang sudah disemprot cuka.

Nah, itulah berbagai macam fungsi lain dari cuka yang bisa membantu pekerjaanmu. Cuka memang sangat bermanfaat tapi penggunaannya tetap harus dibatasi. Kalau sudah tahu macam-macam manfaatnya, jangan cuma gunakan cuka untuk bikin acar, ya. Bakal menyesal kalau kamu biarkan cuka yang nggak dipakai terbuang sia-sia.