Bagi para orangtua, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para buah hatinya adalah prioritas utama. Terutama bagi para orangtua yang memiliki anak-anak di usia bayi dan balita, tentu dibutuhkan perhatian dan usaha ekstra agar menjaga mereka tetap aman tanpa harus menghambat proses eksplorasi mereka.

Nah, untuk kamu para orangtua kreatif, ide pengamanan rumah dari laman Brightside yang bisa membuat rumah kamu jadi lebih babyproof kali ini bisa banget kamu coba. Bahan-bahannya sederhana, caranya pun super mudah tapi cerdas. Ya, beberapa memang kocak dan mengundang tawa. Tapi kalau bisa mendapatkan keamanan yang cukup dengan bujet minimal, kenapa nggak? Anggaran buat beli perlengkapan jadi bisa dialihkan untuk kebutuhan lain. Siap-siap takjub sekaligus senyum-senyum dengan idenya ya, hehe!

1. Menggunakan karet gelang untuk mencegah pintu menutup dan terkunci sendiri mungkin tak terpikirkan olehmu. Murah dan praktis kan?

Biar nggak kekunci sendiri! via brightside.me

2. Pernah terpikirkan menyimpan permen warna-warni dalam botol rapat yang hanya bisa dibuka oleh orang dewasa seperti ini?

Biar koleksi permennya nggak sampai kecolongan via brightside.me

3. Mencegah anak masuk ke toilet dan mengobok-obok kloset ternyata bisa dilakukan dengan pengaman pintu lemari seperti ini lo!

Jaga-jaga aja! via brightside.me

4. Yoga mat yang biasa kamu pakai untuk berolahraga ternyata bisa digunakan untuk pelindung dinding tempat tidur anak. Nggak mesti beli kan kalau sudah punya barang yang multifungsi begini?

Biar nggak kejedot bayinya~ via brightside.me

5. Kaus kaki anak nggak ada anti selipnya? Pakai spidol khusus yang tintanya timbul bisa jadi solusi biar anak nggak kepleset

Bisa dicoba supaya kaus kaki nggak jadi licin via brightside.me

6. Suka was-was sama pintu lemari yang nggak ada kuncinya? Ikat rambut ternyata bisa jadi solusi praktisnya

Ikat rambut pun bisa dipakai lo via brightside.me

7. Punya lemari sekaligus laci dengan banyak pintu tanpa kunci? Tenang, scarf kamu bisa banget dimanfaatkan untuk ini. Irit kan, Buibu?

Ternyata scarf bisa digunakan jadi kunci darurat juga lo via brightside.me

8. Agar kamu nggak was-was pohon natal atau dekorasi apapun di rumah diacak-acak si kecil, memanfaatkan pagar kayu seperti ini bisa jadi ide brilian

Demi keamanan bersama~ via brightside.me

9. Kata siapa jaring penangkap cuma berguna pas berangkat mancing? Dijadikan pengaman di sela-sela tangga dan pagar dalam rumah seperti ini juga bisa banget lo

Bukan cuma buat menjaring ikan lo via brightside.me

10. Agar kepala anak nggak sampai benjol gara-gara terhantam ujung meja, manfaatkan saja bola-bola tenis yang ada di rumah. Ingat, lem yang kuat agar nggak terlepas ya

Leh ugha sih idenya~

11. Menggunakan penutup gagang pintu dari rajutan bisa jadi solusi buat anak yang suka usil main kunci

Banyak gunanya lo via brightside.me

12. Ada yang anaknya suka banget main pintu? Pasang busa pengaman seperti ini bisa jadi solusi agar nggak ada drama tangan anak terjepit gara-gara iseng main pintu

Ini juga banyak gunanya via brightside.me

13. Balita memang suka banget mengeksplorasi seisi rumah. Horornya kalau yang dikepoin adalah produk kimia berbahaya. Solusinya, buat saja rak gantung tempat menyimpan semua ‘koleksi’ produk kimia pembersihmu seperti ini

Sepele tapi pasti lebih bikin tenang para orangtua via brightside.me

14. Menjahit jaring-jaring dengan karet untuk mengamankan kipas angin bisa jadi ide jenius untuk menyelamatkan tangan anak dari tragedi tangan masuk baling-baling kipas angin

Modalnya sederhana kok~ via brightside.me

15. Punya banyak koleksi buku? Agar anak nggak suka nyelipin kepala atau tangan ke sela-sela dan terjepit, coba deh ide menjadikan buku pengaman ini

Terlalu kreatif sih ini, hehe via brightside.me

16. Menjadikan spatula sebagai pengaman laci bergagang seperti ini pernah terpikirkan nggak olehmu?

Aman dan super low budget via brightside.me

17. Nggak perlu sulit memikirkan pengaman batas tangga. Letakkan saja matras yang cukup tipis namun keras seperti ini. Kamu nggak perlu was-was kecolongan anak naik tangga sendiri lagi kan?

Memanfaatkan papan triplek pun bisa lo~ via brightside.me

Advertisement

Untuk membuat rumah lebih aman, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada secara kreatif. Yang pasti, pastikan kreasi kamu kuat dan tak bakal bisa dibobol si bocah dengan mudah. Ya, meski kalau dilihat-lihat lagi, kreasi macam ini pasti bakal kocak sih, hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya