Tercatat ada 644 juta situs aktif di jagat internet. Makanya, menemukan situs yang benar-benar bagus dan bermanfaat buatmu itu bisa bagai mencari jarum di tumpukan jerami. Tenang, kamu gak perlu lagi repot-repot mengubek-ubek jagat internet buat menemukan situs yang berguna. Pantengin aja daftar ini. Situs-situs di dalamnya boleh jadi gak terlalu terkenal, tapi bisa bermanfaat buat kegiatan sehari-harimu.

1. Daripada Harus Sign Up, Manfaatkan Saja BugMeNot

BugMeNot via www.hipwee.com

Sebal gak sih rasanya ketika kamu menemukan situs yang sepertinya oke tapi mesti mendaftarkan emailmu buat mengintip isi kontennya? Padahal kamu belum tentu bakal rutin mengunjungi situsnya. Nah, daripada harus mengisi formulir sign up dulu, manfaatkan aja BugMeNot.

Situs ini menyediakan akun login yang bisa digunakan bersama-sama oleh kamu dan ribuan orang yang lainnya. Tinggal masukkan situs yang mau kamu akses untuk melihat apakah BugMeNot punya akun bersama yang bisa kamu gunakan di situs tersebut.

2. Supaya tahu apakah emailmu sudah dibaca si penerima, teliti saja dengan Get Notify.

Get Notify via www.hipwee.com

Advertisement

Surel yang kamu kirim sudah dibaca belum, ya? Dengan Get Notify, kamu bisa melacak apakah surel yang kamu kirim sudah dibaca oleh si penerima. Situs ini juga memperlihatkan data penerima seperti alamat IP, lokasi, detil peramban, dan lain-lain.

3. Mau Nonton Film Gratis? Wajib Kunjungi Zero Dollar Movies

Zero dollar movies via www.hipwee.com

Suka nonton film? Zero Dollar Movies bisa jadi tempat perhentian kamu buat nonton film secara gratis. Di situs ini, terdaftar lebih dari 15 ribu film berdurasi penuh dari berbagai bahasa. Kontennya sendiri adalah kumpulan dari video yang sudah diunggah di Youtube. Satu kekurangannya nih, nggak semua film ditampilkan secara lengkap. Ada yang hanya beberapa bagian filmnya, misalnya. Jadi kamu harus pintar-pintar mencari konten yang memang akan menampilkan film-mu secara utuh.

4. Mesti membagikan alamat surelmu ke publik? Hati-hati, pakai scr.im dulu!

scr.im via www.hipwee.com

Kalo kamu biasa membagikan alamat emailmu lewat status Facebook, tweet, atau blog pribadi dan forum online, situs ini bakal bermanfaat buatmu. scr.im mengubah alamat emailmu menjadi URL khusus dan singkat, yang bisa mencegah alamat e-mailmu diambil dan disalahgunakan oleh spam bot.

5. Alternatif pencarian gambar di internet: TinEye

TinEye via www.hipwee.com

TinEye adalah reverse image search tool alias mesin pencari gambar yang sama akuratnya dengan Google Image. Bedanya, TinEye menyediakan set API yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan pribadi maupun komersil. Kalo kamu sedang mengembangkan situs, pasti berguna deh!

6. Komitmen jangan cuma dilafalkan. Coba Stickk supaya kamu benar-benar bisa disiplin.

Stickk via www.hipwee.com

Apa kamu merasa susah mencapai tujuanmu? Pengen menurunkan berat badan, atau pengen berhenti merokok, misalnya? Kalo iya, coba Stickk deh. Situs ini membantu kamu mencapai golmu lewat suatu kontrak komitmen yang memotivasimu untuk jadi lebih baik.

7. Menyunting gambar nggak susah lagi kalau kamu pakai PicMonkey

PicMonkey via www.hipwee.com

PicMonkey adalah editor gambar online yang membantumu untuk mengedit dan memperindah foto. Kamu juga bisa memasukkan beragam efek, tulisan, maupun desain ke dalam fotomu. Di sini, kamu juga bisa bikin kolase dengan mudah, lho! Pengen bikin cover Facebook yang keren tanpa bingung-bingung? Bisa!

8. Trello: Berguna banget untuk to-do list, tugas sekolah, maupun tugas kelompok

Trello via www.hipwee.com

Buat kamu yang sering bekerja dalam tim, Trello bisa memudahkan kamu untuk mendelegasikan tugas ke rekan-rekanmu lewat antarmuka berkonsep kartu-kartu tugas. Dengan ini, koordinasi tugas dalam tim jadi jauh lebih cepat dan ringan. menggunakannya sendirian sebagai alat pengatur jadwal dan tugasmu juga bisa, lho!

9. Cari game yang seru dan menambah ilmu di Memrise

Memrise via www.hipwee.com

Kamu suka menambah wawasan baru? Memrise bisa jadi wadah yang cocok buatmu. Lewat game yang sederhana tapi bikin ketagihan, kamu bisa belajar banyak hal, seperti bahasa, pengetahuan, dan sejarah. Bahkan, kamu juga bisa mempertajam daya ingat lewat beragam kursusnya.

10. Ngaku kreatif? Sudah tahu Instructables, belum?

Instructables via www.hipwee.com

Kalo kamu tipe orang yang kreatif dan apa-apa pengen bikin sendiri, temukan caranya di Instructables. Di sini, kamu bisa menemukan instruksi swakarya untuk membuat sendiri beragam hal, mulai dari makanan, kostum, hiasan kamar, bahkan mainan anak-anak. Kamu juga bisa mengunggah hasil kreasimu sendiri beserta langkah-langkahnya agar orang lain bisa membuatnya di rumah.

11. Menyunting dokumen bareng? Pakai Sync.in, deh.

Sync.in via www.hipwee.com

Perlu catatan bersama saat mendiskusikan sesuatu bareng temanmu? Dengan Sync.in, kamu dan temanmu bisa mengedit dokumen dan catatan yang sama secara online dan real-time. Perubahan yang kamu lakukan di sebuah dokumen bisa langsung muncul di layar temanmu. Cocok digunakan saat brainstorming ide, rapat, dan diskusi.

12. ScribbleMaps: peta yang bisa kamu corat-coret dan beri tanda

ScribbleMaps via www.hipwee.com

Pernah merasa gemas karena Google Maps susah dikustomisasi? Dengan ScribbleMaps, kamu bisa menambahkan tanda, bentuk, maupun coretan-coretan di Google Maps untuk segala keperluan, lalu membagikannya pada orang lain. Mau bikin peta ke kosmu sendiri? Bisa, dong.

13. Daripada perhatianmu teralihkan terus saat mengerjakan tugas, mending putar musik di Focus@will

Focus@Will via www.hipwee.com

Kalo kamu biasa mengerjakan sesuatu ditemani musik, kamu mesti coba website yang satu ini. Yang diputar bukan sembarang musik, melainkan musik yang membuatmu lebih fokus bekerja. Meski masa uji coba gratisnya cuma 30 hari saja, tapi layak buat kamu coba. Terlebih jika kamu biasa berkutat di depan komputer.

14. Mau menyelesaikan problema matematika? Coba Mathway, deh.

Mathway via www.hipwee.com

Jika kalkulatormu gak cukup ampuh untuk menyelesaikan suatu soal matematika, kamu bisa mencoba Mathway. Situs ini akan membantu kamu menjawab mulai dari matematika dasar, aljabar, geometri, statistika, dan seterusnya. Tapi, jangan dipake buat ngerjain PR ya!

15. Rekam layar monitormu tanpa perlu memasang program apapun di komputermu. Manfaatkan Screenr!

Screenr via www.hipwee.com

Kamu perlu merekam layar monitor komputermu untuk dibagikan dengan orang lain secara online? Screenr bakal jadi alat yang tepat buatmu. Screenr merupakan perekam layar berbasis web, sehingga kamu gak perlu menginstal apa-apa. Cukup dengan program Java, kamu bisa merekam layar monitormu untuk berbagai tujuan.

16. Menghapus masa lalu itu gak mungkin. Menghapus akun Facebook atau Twitter? Bisa pakai Account Killer :p

Account Killer via www.hipwee.com

Suatu hari, kamu tiba-tiba pengen menghapus akun media sosialmu, tapi kamu gak paham caranya. Gak perlu repot, kamu tinggal mengunjungi situs ini kok. Account Killer menyediakan cara menghapus akunmu di suatu situs web, langkah demi langkah.

17. Pelancar usaha? Kiva.

Buat kamu yang sedang merintis usaha mikro tapi tersandung biaya, Kiva bisa membantumu mewujudkan cita-cita. Situs ini merupakan perantara pembiayaan usaha mikro dari dan untuk orang-orang di seluruh dunia. Karena berupa pinjaman, tentu kamu mesti mengembalikannya ya.

Nah, semoga situs-situs di atas bisa bermanfaat buat kamu, ya. Kalo masih kurang, kamu juga bisa mengintip artikel “website keren dan gratis yang bikin kamu tambah cerdas” lho.