Ada dua jenis instalasi listrik di rumah-rumah, yakni listrik prabayar dan pascabayar. Memang, pemasangan listrik prabayar atau pembayaran listrik dengan pulsa atau token lebih banyak digunakan saat ini, mengingat kepraktisannya. Namun, masih banyak juga rumah-rumah yang menggunakan sistem pascabayar alias pembayaran yang baru dilakukan setelah pemakaian fasilitas listrik selama sebulan. Nah, sistem pascabayar inilah yang bisa dicek berapa tagihannya.

Nggak perlu datang ke kantor PLN atau kantor-kantor cabang yang ditunjuk, kamu bisa lo mengecek tagihan listrik dengan cara yang super praktis memanfaatkan smartphone, pulsa, dan internet. Begini caranya!

1. Menghubungi customer service PLN dengan melakukan panggilan telepon kalau pengen jelas dan pasti

telepon 123 via customerservice.id

Advertisement

Kamu bisa langsung menanyakan perihal tagihan listrik dengan menelepon CS-nya PLN. Cara ini biasanya akan dianggap lebih praktis dan mendapat jawaban pasti. Cocok nih diterapkan untuk para orang tua yang malas ketik-ketik di HP-nya. Cara ini juga bisa dilakukan kapan pun karena call center PLN siap sedia 24 jam dan dikenakan tarif telepon normal.

Caranya, kamu tinggal lakukan panggilan ke call center PLN di 123, jangan lupa mencantumkan kode areanya. Lalu ikuti petunjuk dari operator.

2. Kamu juga bisa melakukan pengecekan lewat SMS, bisa mengecek tagihan selama sebulan atau berlangganan informasi tagihan tiap bulannya

lewat SMS via www.cermati.com

  • Cara mengecek tagihan listrik per bulan
Advertisement

Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 8990987689 kirim ke 8123.

  • Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

  • Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Selain mendaftar, kamu juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.

Nah, untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms ini dikenakan biaya sebesar 500 rupiah (belum termasuk ppn 10%) per sms.

3. Kalau ingin mengecek tagihan yang terintegrasi dengan data yang ada di PLN, lakukan pengecekan lewat website

cek di cekbill.com via www.aturduit.com

Terkadang kamu pengen membandingkan berapa tagihan listrik bulan ini dengan bulan-bulan sebelumnya. Untuk mengetahuinya, lakukan pengecekan tagihan listrik melalui website. Salah satu situs untuk cek tagihan listrik PLN adalah www.cekbill.com.

Caranya:

  1. Pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri laman
  2. Masukan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan
  3. Masukan kode captcha untuk verifikasi
  4. Klik Cek Tagihan
  5. Tagihan listrikmu akan muncul beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum)

4. Pemberitahuan mengenai tagihan listrik per bulannya juga bisa kamu dapatkan dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile

lewat aplikasi PLN Mobile via www.cermati.com

“PLN Mobile” merupakan aplikasi resmi dari PT PLN yang menyediakan layanan informasi tagihan listrik, transaksi token, pemakaian KWH listrik, lokasi pembayaran terdekat, serta status pengaduan.

Cara cek tagihan lewat PLN Mobile:

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile
  2. Daftar untuk set up profil bagi pengguna baru. Kalau kamu adalah pengguna aplikasi lama maka bisa migrasikan data ke aplikasi PLN Mobile.
  3. Selanjutnya, kamu tinggal login tiap kali ingin menggunakan aplikasi ini. Kalau kamu masuk dengan login, maka profil termasuk tagihan listrik akan otomatis tertera saat membuka aplikasi.
  4. Kalau kamu masuk tanpa login atau nggak punya profil, klik “MASUK TANPA LOGIN” lalu klik ikon “Informasi” pada tab. Lalu kamu akan diarahkan ke halaman pilihan informasi apa yang ingin kamu ketahui. Untuk cek tagihan, klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.
  5. Selanjutnya, kamu akan melihat pop up yang meminta informasi IDPEL (nomor pelanggan) atau Nomor Meter, lalu klik “Cari”.
  6. Jumlah tagihan listrik akan muncul pada layar ponsel.

Selain PLN Mobile, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lain yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik per bulannya seperti “Info Cek Tagihan Listrik PLN” dan “Tagihan”.

Nah, demikian adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan listrik per bulannya, mulai dari SMS, telepon, website dan aplikasi. Jadi, nggak perlu lagi datang langsung ke kantor PLN atau menunggu petugas listrik datang untuk melihat meteran listrik di rumah. Karena hampir semua hal bisa dilakukan secara online. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya