Zaman sekarang, kalau nggak kreatif pasti bakal ketinggalan. Begitu pula dalam hal menambah pundi-pundi dan memanfaatkan peluang. Kalau nggak pintar-pintar waktu bakal terbuang sia-sia. Jutaan anak muda Indonesia saling berlomba untuk jadi sukses dengan caranya sendiri. Begitu pula denganmu, seharusnya kamu mulai semangat dan terpacu untuk sukses juga ‘kan?

Tapi kadang, kesibukan jadi ‘alasan’ dan penghalang buatmu untuk jadi kreatif. Sebenarnya, meski kamu sibuk kuliah dan kerja jadi karyawan 8 jam sehari, kamu masih bisa loh punya side job yang bisa nambah-nambahin modalmu buat liburan. Bahkan nggak cuma liburan aja, tabungan kerja sampingan bisa meringankan biaya resepsimu nantinya. Nggak mau kan biaya nikahmu harus hutang tetangga? Nah untuk itu Hipwee sudah siapkan saran-saran keren nih buat memulai usaha sampinganmu. Yang jelas potensial banget penghasilannya. Yuk cekidot!

1. Sudah bukan rahasia lagi kalau bisnis kuliner adalah bisnis yang potensinya besar. Lha semua orang makan setiap hari kan, ya…

Kalau sudah rame biasa sekalian sedian tempat kongkow via articles.bplans.com

Advertisement

Nggak perlu muluk ingin buka kafe atau rumah makan mewah. Cukup berjualan cemilan atau jajan kekinian saja di pasar minggu, sunday morning, atau di area car free day gitu. Kalau ada mobil, kamu bisa memanfaatkannya sebagai lapak tidak permanen yang bisa kamu pindah-pindah. Dibikin jadi food truck yang lucu gitu.

Pilihlah menu makanan yang lagi hits sekarang. Tteok-bokki (cemilan khas Korea), roti maryam, hingga es krim, misalnya. Resepnya mudah kamu dapat di Internet kok! Selain untungnya besar, bisnis ini nggak akan mengganggu kesibukan kuliah dan kerjamu.

2. Jasa titip tiap akhir pekan. Kamu yang hobi belanja harus coba ini!

Cari yang khas dari daerah tempatmu kuliah~ via www.indonesiakaya.com

Kamu sedang merantau di kota besar atau di wilayah yang punya outlet potensial? Kamu bisa mencoba jenis usaha yang satu ini. Jika kamu merantau di Jogja, misalnya. Kamu bisa buka jastip bakpia atau aneka jajanan dan barang khas dari sana buat orang-orang di kampung halamanmu.

Advertisement

Nah bawanya sekalian pas kamu juga pengen pulang gitu sehingga nggak perlu nambahin biaya kirim. Oh iya, jangan lupa tegaskan berapa komisi jasa titipmu. Potensial banget nih kalau kamu bisa melihat peluangnya!

3. Jualan pernak-pernik unik dan langka yang bisa pre-order. Barang seperti ini nggak akan kadaluwarsa dan timeless

Barang-barang unik via bangupbetty.com

Keunikan itu timeless. Nggak butuh tren dan khawatir barang kadaluwarsa, pernak-pernik bisa dijadikan salah satu peluang buat meraup pundi-pundi tambahan. Pernak-pernik dan sovenir juga seringnya dijual dengan harga terjangkau. Dengan sistem pre-order, bisnis ini nggak akan mengusik uang saku dan tabunganmu, loh. Yang kamu perlukan hanya kreatif dan pandai-pandai melihat keunikan. Apalagi kalau desain dari pernak-pernik itu kamu sendiri yang bikin. Kamu bisa bikin desain sekreatif dan seunik mungkin biar pernak-pernikmu dihargai makin mahal.

Nah, kabar baik untuk kamu yang suka membuat pernak-pernik dan desain. Saat ini tengah berlangsung kompetisi Pin Ur Way Project dari Go Ahead People. Kamu bisa mendesain pin sekreatif mungkin, tapi tetap sesuai dengan arahan dari dewan juri dan KOL. Tiga karya pilihan dewan juri akan memiliki kesempatan untuk diproduksi serta berkolaborasi dengan pemenang lainnya. Jadi jangan kelamaan mikir, segera submit desain pinmu di Go Ahead People sebelum 5 Januari 2018 ya!

4. Buka online shop dengan sistem barang dropshipping. Tanpa perlu produksi dan repot ngurusin stok barang, uang berdatangan

Kalo ada diskon, manfaatkan buat menambah labamu! via www.ehandel.se

Sistem dropshipping sangat menguntungkan bagai pedagang kecil online shop. Tanpa perlu modal banyak, hanya perlu ketelitian dan menjalin relasi baik. Caranya, kamu perlu mencari supplier yang menyediakan harga yang paling rasional. Lalu mintalah izin pada toko online tersebut untuk menjadi reseller dan akan ikut memasarkan barang mereka.

Selanjutnya mulailah untuk memasarkan barang mereka lewat media sosialmu atau pada teman-teman. Jangan lupa buat menaikkan harga terlebih dahulu ya. Jika ada pesanan, mintalah supplier untuk langsung mengirimkan ke alamat pembelimu. Tanpa perlu memikirkan produksi dan stok barang, waktumu nggak akan tersita, pekerjaan utamamu tetap aman sentosa.

5. Punya bakat seni? Coba hasilkan produk seni yang bikin orang lain terkesan

Kalau punya alatnya bisa banget nih! via www.wacom.com

Karena seni adalah soal keindahan, kamu bisa menghasilkan produknya dan menjualnya. Misalnya kamu punya bakat menggambar, mengapa tidak untuk membuat jasa menggambar sketsa wajah yang biasanya dibutuhkan untuk hadiah. Sedangkan kamu yang punya bakat menulis, manfaatkan akhir pekanmu untuk menjadi freelance writer. Atau mungkin kamu sedang merancang plot untuk novelmu sendiri?

Sebab menyalurkan bakat seni nggak selalu harus terikat instansi kok. Kamu cuma butuh kesempatan dan kemauan. Jadi ketika ada kesempatan seperti Pin Ur Way Project dari Go Ahead People ini jangan disia-siakan. Siapa tahu nantinya nggak cuma jadi side job saja, melainkan bisa jadi bisnis utama ‘kan?

Ayo semangat buat nabung dan mandiri secara finansial. Anak muda sekarang nggak harus melulu menggantungkan beban penghasilan pada orang tua. Yang penting teruslah buka mata dan telinga untuk melihat peluang emas di sekitarmu. Jangan pernah lelah ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya