5 Manfaat dari Membuat Kerajinan Tangan. Bisa Kurangi Stres!

Ketika waktu luang tiba, pasti di antara SoHip ada yang merasa bingung harus melakukan kegiatan apa yang tidak membosankan. Tenang, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan.

Advertisement

Kerajinan tangan menjadi aktivitas favorit banyak orang untuk mengisi waktu di kala weekend tiba. Tidak hanya akan menghasilkan sebuah karya, tetapi kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

1. Membuat kerajinan tangan bisa menjadi sarana untuk melepas stres

Membuat kerajinan tangan bikin releks

Membuat kerajinan tangan bikin releks | Foto oleh Quang Nguyen Vinh dari Pexels

Pas banget jadi bahan healing dari tugas kuliah dan kerjaan kantor~

Membuat kerajinan tangan bisa menjadi sarana relaksasi bagi kamu yang stres sama kerjaan kantor atau tugas kuliah. Ketika kamu membuat kerajinan tangan, tentu akan memaksa dirimu untuk fokus menyelesaikan aktivitasmu itu. Nah, saat seperti inilah kamu akan cenderung merasa lebih relax sehingga stres akan hilang.

Advertisement

2. Kamu dapat mengekspresikan dirimu lewat karya yang kamu buat

Selain menjadi lebih relax, melalui aktivitas ini kamu juga dapat mengekspresikan dirimu, loh! Lewat karya yang kamu buat, secara tidak langsung dapat mengekspresikan perasaanmu saat itu. Hmm.. seni memang ajaib, ya~

3. Kamu bisa belajar mendaur ulang melalui kerajinan tangan yang kamu buat

Tas dari kain perca

Tas dari kain perca | Foto: Pixabay

Kamu bisa ubah kain perca jadi tas yang lucu dan cocok dipakai ketika nongki bareng bestie~

Secara tidak langsung dengan membuat kerajinan tangan kamu juga dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan barang-barang bekas loh, SoHip! Dengan pemanfaatan barang bekas menjadi barang baru yang bermanfaat berarti kamu sudah berlatih mendaur ulang.

Advertisement

4. Membuat kerajinan dapat meningkatkan sistem motorik

Merajut bisa meningkatkan sistem motorik

Merajut bisa meningkatkan sistem motorik | Foto oleh Caroline Feelgood dari Pexels

Merajut menjadi salah satu aktivitas kerajinan tangan yang dapat meningkatkan sistem motorik

Merajut sapu tangan, syal, atau tas kecil merupakan aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Selain menyenangkan, ternyata dengan melakukan aktivitas membuat kerajinan tangan seperti merajut dapat meningkatkan kesehatan sistem motorik sebab dalam melakukan aktivitas tersebut tentu dibutuhkan ketelitian, keuletan, serta kesabaran yang tinggi.

5. Membuat kerajinan tangan bareng teman bisa menambah keakraban kalian

Kamu bisa menghasilkan karya sambil bonding bersama teman-teman kelompokmu

Melakukan aktivitas dan meluangkan waktu untuk berkumpul dan mengerjakan sesuatu secara bersama dapat menjadi sarana untuk memperkuat hubungan pertemanan, loh! Bahkan biar makin asyik, kamu juga bisa saling tukar karya kerajinan sebagai hadiah untuk temanmu.

Tidak hanya berguna untuk mengisi waktu luang, ternyata membuat kerajinan tangan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan hingga hubungan interpersonal dan kelompok.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE