Pagi merupakan waktu yang krusial bagi mood seseorang. Sebuah pagi yang menyenangkan akan membuat seseorang menjalani sisa harinya dengan ceria. Namun, dihadang oleh kesibukan dan tekanan stres di pagi hari justru bisa meruntuhkan semangat yang telah dibangun dengan susah payah.

Menciptakan pagi yang mendukung kesuksesan sepanjang hari bukanlah hal yang mudah. Tapi selalu ada cara kok untuk mengakalinya. Kali ini Hipwee akan memaparkan 5 ritual pagi yang bisa kamu lakukan dalam 5 menit. Berbagai hal ini bisa membantumu menjalani hari yang tidak hanya menyenangkan, namun juga produktif.

1. Setelah Bangun, Tersenyumlah!

Setelah bangun, tersenyumlah via galleryhip.com

Selepas kamu membuka mata, tarik ujung bibirmu dan tersenyumlah. Bagi beberapa orang, otomatis tersenyum setelah bangun tidur mungkin terdengar aneh. Kenapa tidak langsung bangkit, mandi, dan mempersiapkan diri? Apa sih signifikansi dari tesenyum?

Walau nampak sederhana, tersenyum adalah cara tercepat dan termudah untuk membangun pondasi perasaan yang baik bagi hari yang akan kamu jalani. Tersenyum saat bangun akan menciptakan sugesti positif dalam otakmu. Kamu akan merasa lebih siap menjalani hari, lebih bersemangat, pun menciptakan rasa syukur atas kesempatan untuk bangkit dari tempat tidur dan kemudian menjalani aktifitas.

Advertisement

Hanya dalam hitungan detik, sebuah senyum bisa menimbulkan energi yang lebih positif pada harimu.

2. Pikirkan Hal yang Paling Membuatmu Bersyukur Selama 1 Menit

Pikirkan hal yang paling membuatmu bersyukur via louboosandshoes.blogspot.com

Setelah tersenyum dan bangkit, langkah selanjutnya adalah mensyukuri apa yang telah kamu dapatkan di hari lalu dan di hari yang baru. Pikirkan 1 hal yang paling membuatmu bersyukur, resapi rasa syukur tersebut, dan ucapkan terima kasih pada semesta atas kebaikan yang ia berikan padamu.

Bagi kamu yang menunaikan, kamu pun bisa memanjatkan rasa syukur ini lewat doa pada Sang Pencipta. Doa pagi, Salat Dhuha, atau melalui ibadah yang lainnya mungkin. Dengan menyisihkan 5 menit waktumu untuk bersyukur, kamu sebenarnya sedang menempatkan diri pada situasi emosi yang siap untuk diajak menciptakan hari yang lebih produktif. Satu menit bersyukur sudah bisa menciptakan perubahan besar ‘kan?

3. Jauhi Kopi Sebelum Kamu Minum Air Putih

Jangan minum kopi kalau belum minum air putih via mindofsimonlewis.tumblr.com

Kandungan kafein dalam kopi memang bisa membuatmu terjaga. Namun tahukah kamu, kafein bekerja seperti selingkuhan yang membuatmu berdebar dan bahagia hanya di awal perkenalan? Setelah beberapa bulan berjalan, kamu akan kembali lelah dan bosan. Energi yang kamu dapatkan dari kopi hanya akan membuatmu bersemangat selama beberapa jam. Setelahnya, energi itu akan hilang tanpa banyak basa-basi.

Sebelum memenuhi tubuhmu dengan asupan kafein, pastikan dulu asupan air bagi tubuhmu terpenuhi. Tubuh kita terdiri dari 70% air, sebab itu penting baginya untuk mendapatkan asupan air yang mencukupi. Setelah bangun tidur, segera ambil gelas dan minumlah minimal segelas air.

Barulah selepas meminum segelas air dan tubuhmu terpenuhi kebutuhan cairannya, kamu boleh menyeduh kopi dan menikmati keharumannya.

4. Gerakkan Tubuhmu Lewat Olahraga Ringan

Gerakkan tubuhmu lewat olahraga via yogapos.es

Selepas bangun, gerakkan tubuhmu lewat berbagai tindak olahraga sederhana. Gak perlu yang ribet dan heboh, dengan berjalan kaki atau melakukan sit up dan push up pun kamu sudah melakukan olahraga yang bermanfaat bagi tubuhmu. Jangan salah, walau hanya lewat gerakan sederhana menggerakkan badan tetap penting lho untuk dilakukan.

Selama tidur, seluruh tubuh kita diistirahatkan sepenuhnya. Lewat olahraga sistem itu akan kembali terbangun dan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tubuh yang sudah dibawa bergerak akan kembali siap mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh secara otomatis. Berolahraga juga bisa menciptakan mood dan energi yang lebih positif bagi harimu.

Masih bingung dan merasa tak punya waktu? Coba 1 set olahraga pagi yang bisa kamu lakukan dalam waktu 10 menit yang pernah Hipwee tulis di sini.

5. Semangati Dirimu Lewat Kalimat Afirmasi

Aku cantik! via studiofinch.com

Langkah terakhir untuk menciptakan hari yang menyenangkan adalah dengan mempersiapkan dirimu untuk meraihnya. Bagaimana caranya? Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengucapkan kalimat afirmasi yang bisa memompa semangatmu. Berdirilah di depan kaca dan ucapkan hal-hal ini:

“Hari ini pasti lebih baik.”

“Aku siap menjalani tantangan hari ini.”

“Aku yakin hari ini keberhasilan akan menyapaku dengan manis.”

Kalimat-kalimat sederhana di atas adalah bentuk penciptaan intensi positif yang bisa membantumu melewati hari. Dengan mengucapkan kalimat tersebut dengan lantang, secara psikologis kamu akan mempercayai hal-hal yang kamu utarakan. Artinya, kamu pun lebih siap menjalani hari dengan energi yang lebih positif.

Bagaimana, menciptakan awal hari yang menyenangkan ternyata tak sesulit yang kamu bayangkan bukan? Selamat menjalani hari yang baru!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya