Tiap lebaran kue yang ada di atas meja lagi-lagi nastar. Enak sih, tapi apa nggak bosan? Sekali-kali coba bikin kue-kue lain yang ngga kalah enak, yuk! Kali ini Hipwee bakal ngasih kamu ide kue-kue yang nggak kalah yummy dari nastar atau kue-kue khas lebaran lainnya, tapi bikinnya super gampang.

NO MIXER NO OVEN! Wah gampang banget ‘kan berarti? Ini nih salah satunya…

1. Hanya berbahan roti sobek, kue lebaran  lezat sudah bisa menghiasi  toples-toples cantikmu

Mirip sarang burung kan?

Mirip sarang burung kan? via huffingtonpost.co.uk

Advertisement

Bahan:
100 gr roti sobek
250 gr susu coklat
2 sdm sirup
75 gr butter
Meses atau hiasan kue lain

Cara membuat:
1. Siapkan cetakan dan kertas roti kecil.
2. Lelehkan susu coklat, sirup, dan butter dalam air mendidih.
3. Aduk perlahan dengan sendok kayu hingga benar-benar meleleh.
4. Sobek roti gandum menjadi potongan-potongan kecil menggunakan tangan.
5. Masukkan campuran lelehan coklat dengan sobekan roti, campur hingga merata.
6. Masukkan ke dalam cetakan menggunakan sendok.
7. Hiasi dengan meses atau permen mini.
8. Dinginkan dalam kulkas selama 2 jam.

Mirip muffin tapi rasanya lebih kece karena itu buatanmu sendiri dan dimakan bersama keluarga tercinta.

2. Biar nggak cuma bolu, coba bikin kue coklat tanpa oven ini bareng ibu dan saudara-saudaramu

Rasa peppermint nih sist

Rasa peppermint nih sist via motivationalfoodie.com

Advertisement

Bahan:
1 bungkus dark chocolate
3 tetes essence peppermint (atau boleh rasa lain sesuai selera)
1/2 bungkus white chocolate (dilelehkan)
4 tetes pewarna makanan (hijau atau boleh warna lain)

Cara membuat:
1. Siapkan cetakan roti berbentuk persegi dan lapisi dengan baking paper atau aluminium foil.
2. Lelehkan dark chocolate di teflon, aduk selama proses melelehkan.
3. Tambahkan essence dan aduk merata.
4. Masukkan adonan ke kertas roti hingga memenuhi setengahnya saja.
5. Masukkan ke dalam kulkas selama 5 menit.
6. Lelehkan white chocolate kemudian tambahkan pewarna. Aduk merata.
7. Tuangkan adonan di atas adonan yang telah dimasukkan ke kulkas tadi.
8. Potong menjadi kecil-kecil dan simpan di kulkas.

Bikin kue ini bareng ibu dan saudara-saudaramu pasti bakal seru, coba yuk!

3. Siapa yang nggak suka marshmallow? Kalau dibikin jadi kue pasti laris sama ponakan pas lebaran nanti

Bintang kecil di nampan yang putih...

Bintang kecil di nampan yang putih… via ribbitsandtiaras.com

Bahan:
20 gr butter
150 gr marshmallow putih
175 gr roti krispi
100 gr coklat putih (lelehkan)
buah-buahan kering, meses atau lainnya

Cara membuat:
1. Lelehkan butter dalam teflon dan tambahkan masrshmallow. Aduk hingga merata.
2. Angkat lalu campurkan dengan roti krispy hingga hancur.
3. Bentuk adonan sesuai keinginan, misalnya bintang atau lainnya.
4. Celupkan adonan yang telah dibentuk ke dalam coklat yang dilelehkan.
5. Taburkan meses, buah-buahan kering, atau penghias lainnya.

Demi semua ponakan yang suka gula-gula, dijamin kue ini bakal laris manis!

4. Dari biskuit bisa disulap jadi kue lebaran dengan cita rasa selangit, pasti semua tamumu pengen nyoba gigit

Dikasih topping panda jadi imut bener kuenya

Dikasih topping panda jadi imut bener kuenya via youtube.com

Bahan:
300 gr biskuit (disarankan: sejenis oreo)
280 gr keju (krim)
284 ml krim (double cream)
75 gr gula caster
2 sdm jus lemon
1 tetes ekstrak vanila

Cara membuat:
1. Siapkan kertas roti kecil dan letakan masing-masing satu biskuit kecil di dalamnya. (sisakan beberapa biskuit)
2. Masukkan krim (double cream) ke dalam mangkok, kocok.
3. Masukkan keju krim, jus lemon, gula caster, dan ekstrak vanila. Aduk merata.
4. Hancurkan sisa biskuit hingga menjadi butiran lalu campur dengan adonan dan sisakan untuk hiasan.
5. Masukkan adonan ke dalam kertas roti dengan menggunakan sendok.
6. Masukkan ke dalam kulkas selama 2-3 jam
7. Taburkan biskuit yang telah hancur jadi butiran sebagai penghias.

Kalau bisa dibuat jadi kue yang lebih yummy, kenapa harus disajikan dalam bentuk biskuit doang?

5. Last but not least! Kue lebaran manis yang cocok banget dimakan dalam suasana fitri bersama orang-orang terkasih

Nyummy...

Nyummy… via bakingmad.com

Bahan:
390 gr susu coklat
75 gr butter
5 sdm sirup
200gr shortbread (batangan cookies tebel yang crumbly)
125 gr fudge (gula-gula)
100 gr mini marshmallow
50 gr telur coklat mini

Topping:
150 gr susu coklat
50 gr telur mini
15 gr butter
50 gr fudge (gula-gula)

Cara membuat:
1. Masukkan coklat, butter, dan sirup ke dalam mangkok, diamkan sebentar.
2. Masukkan ke dalam penggorengan dan lelehkan.
3. Masukkan shortbread ke dalam plastik, ikat kuat-kuat lalu gilas dengan penggulung.
4. Hancurkan telur coklat mini.
5. Potong fudge menggunakan gunting.
6. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata.
7. Aduk merata semua bahan topping lalu tuangkan ke atas adonan kue.

Jadi, kamu mau bikin yang mana dulu nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya