Memilih produk kecantikan adalah hal yang gampang-gampang susah. Karena ada banyak sekali produk kecantikan dengan fungsi beragam. Belum lagi ada banyak merek dan jenis yang bisa dipilih. Pusing deh jadinya mana yang harus dibeli, dan ujung-ujungnya asal ada yang sedang in langsung dibeli. Padahal belum tentu cocok juga.

Setiap produk kecantikan memiliki fungsi yang berbeda. Pun kulit kita juga memiliki kebutuhan yang berbeda. Karena itu, memilih produk kecantikan dengan bijak sangat penting, supaya penampilan bisa maksimal dan kulit tetap sehat terjaga. Untuk kamu yang masih bingung memilih produk kecantikan, Hipwee akan kasih tips-tipsnya.

1. Jangan semua-semua dibeli. Pilih mana yang ingin kamu gunakan, bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan

Alat makeup via www.123rf.com

Advertisement

Mungkin kamu iri melihat kotak makeup milik teman. Isinya beraneka macam produk kecantikan, mulai dari pelembab, foundation, bedak, bronzer sampai yang kamu nggak ngerti lagi apa nama dan fungsinya. Lalu kamu yang cuma mengandalkan pelembab, bedak, dan lipstick saja langsung merasa harus mengupgrade perlengkapan makeupmu.

Padahal nggak harus begitu lho, karena semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Semisal kamu merasa cukup memakai pelembab, BB cream dan bedak tipis supaya wajah fresh, ya boleh-boleh saja. Malah kalau semua dibeli hanya karena lagi trend, bisa mubadzir kalau akhirnya kamu tidak bisa pakai, malas pakai, atau tidak punya waktu untuk pakai.

2. Tips memilih alas bedak: sudah tahu belum bedanya foundation, BB Cream, dan CC Cream?

Memilih alas bedak via www.123rf.com

Tak perlu pusing dulu. Foundation adalah alas bedak yang umumnya dipakai saat kamu sedang ingin bermakeup tebal dan beraktivitas seharian dengan makeup yang tetap awet. Lalu BB Cream, adalah cream dengan antioksidan (dan terkadang SPF) yang berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas dan bahaya polusi. Seperti foundation, BB Cream juga warna pada kulit namun lebih ringan daripada foundation, jadi kesannya lebih natural. Terakhir, CC Cream fungsi utamanya adalah menutupi perbedaan warna pada wajah seperti warna kemerahan. Nah, kalau sudah tahu fungsi tiga produk yang hampir mirip ini, kamu bisa menentukan kan mana yang kamu butuhkan? Oh ya, jangan lupa disesuaikan dengan warna kulitmu juga ya~

3. Tips memilih bedak: supaya riasanmu ngeblend dengan paripurna!

memilih bedak via www.pexels.com

Advertisement

Cara paling gampang untuk menentukan bedak yang cocok untukmu adalah dengan mencobanya di bagian dalam pergelangan tangan. Soalnya warna kulit di area itu adalah warna kulit yang paling menyerupai wajah. Karena memilih bedak harus disesuaikan juga dengan warna kulit lho. Tipsnya, jangan memilih bedak yang lebih terang ataupun yang lebih gelap dari warna kulit. Karena dua hal ini akan membuat makeupmu terkesan tidak merata atau malah kusam. Pilih bedak dengan shade yang ketika diaplikasikan ke wajah terlihat natural. Riasanmu jadi ngeblend sempurna! Oh iya, soal bedak ini ada banyak jenis. Mulai dari powder loose, compact powder, two way cake, hingga BB Chusion. Nah, cari tahu dulu ya supaya pilihanmu tepat!

Nah, ngomong-ngomong soal base makeup, PIXY baru saja mengeluarkan seri terbaru PIXY Make It Glow yang menawarkan makeup base lebih advance. Pixy Make It Glow terdiri dari: Dewy Cushion (produk chusion dengan tingkat coverage tinggi namun tetap ringan), Beauty Primer (base makeup untuk menutup pori dan menghaluskan permukaan kulit), dan Silky Powder Cake (two way cake dengan butiran powder yang halus sehingga tampilan wajah jadi flawless).

4. Tips memilih lipstick: nggak mau kan salah warna dan dikira tante-tante mau kondangan?

Memilih lipstick via www.123rf.com

Sebelum memilih, ada beberapa jenis lipstik yang harus kamu ketahui, diantaranya:

  1. Lipstick sheer –> merupakan lipstick yang paling “enteng”, mengandung banyak pelembab, warnanya transparan dan nggak menutupi warna bibir sepenuhnya. Cocok untuk natural look.
  2. Lipstick matte –> memiliku hasil akhir yang sangat pigmented, mengcover warna bibir keseluruhan, tahan lama, serta tidak berkilau sama sekali. Lipstick matte cukup jadi favorit, meski kadang membuat bibir kering
  3. Lipstick creamy –> berkebalikan dengan lipstick matte, lipstick creamy memiliki hasil akhir yang basah lembab. Cocok untuk bibir kering tapi mudah menempel di gelas
  4. Lipstick satin –> Lipstick satin ini ada di antara lipstick matte dan lipstick creamy. Hasil akhirnya mirip dengan lipstick matte, namun mengandung cukup banyak pelembab
  5. Lipstick glossy –> memiliki hasil akhir yang mengilat dan “basah”, serta memberi kesan “penuh” pada bibir sehingga cocok dipakai untuk yang punya bibir tipis.
  6. Lip Tint –> berasal dari trend korea, Liptint diciptakan untuk menonjolkan warna alami bibir dan membuat efek gradasi yang sedang in itu. Kebanyakn liptint berbahan dasar cair, tapi ada juga yang berbentuk pensil.

Nah, kalau sudah tahu karakter masing-masing lipstick, jadi nggak salah beli ‘kan?

5. Tips terakhir, sering-sering baca review produk kecantikan ya supaya dapat banyak masukan dan nggak kuciwa di belakang

Makeup tutorial by Linda Kayzh via www.youtube.com

Biar makin mantap dan nggak salah pilih, jangan malas menyimak review produk kecantikan dari para beauty blogger. Salah satunya adalah Linda Kayzh, yang awalnya berprofesi sebagai MUA ini. Karena mendapat banyak pertanyaan dari followersnya di media sosial, Linda Kayzh memutuskan untuk membuat video tutorial di Youtube. Sekarang subscribers-nya sudah ratusan ribu lho. Wajar sih karena tutorial makeup di akun Youtube-nya sangat lengkap. Mulai dari tutorial membuat alis, makeup “5 menit kelar” sampai untuk momen spesial seperti lebaran. Ada yang ngefans sama beauty blogger yang satu ini?

Yuk datang!

Ada kesempatan bertemu Linda Kayzh di acara Pixy Beauty & Inspiring Talks tanggal 04-05 Oktober 2018 di Universitas Indonesia. Di sini Linza Kayzh akan berbagi soal pengalamannya menjadi beauty influencer. Siapa tahu kan kamu jadi punya inspirasi baru. Nggak cuma itu, kamu juga bisa belajar makeup dalam Beauty Class bersama MUA dari Pixy. Jangan lewatkan juga berbagai doorprize dan games seru yang bakal bikin akhir pekanmu seru. Semuanya ada di Pixy Beauty & Inspiring Talk! Yuk, daftarkan dirimu di sini~

Memang banyak banget ya jenis-jenis produk kecantikan ini. Tapi kamu harus paham satu persatu supaya ketemu yang cocok dengan kebutuhanmu. Daripada asal beli terus menyesal nanti-nanti?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya