Bagi beberapa orang, bangun pagi itu gampang. Sebelum siap-siap ke kampus atau kerja mereka bahkan akan sempat berolahraga sebentar. Nah, lain cerita bagi kamu yang untuk janji temu jam 10 pagi aja masih susah minta ampun. Kamu yang bukan morning person punya dua pilihan. Pilihan pertama: manfaatkan larut malam untuk bekerja, melawan kebiasaan masyarakat umum. Pilihan kedua: kamu harus membuat diri bisa bangun lebih pagi. Karena suka gak suka, aktivitas di dunia ini dimulai sejak pagi, bukan menjelang magrib.

Nah, bagi kamu yang yakin mengambil pilihan kedua, lima tips ini akan membantumu:

1. Terapkan ritual yang sehat ini dua jam sebelum berangkat tidur

Tidur bareng smartphone itu gak perlu

Tidur bareng smartphone itu gak perlu via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Selain jumlah jam tidur yang cukup, tidurmu juga harus berkualitas. Untuk mencapai tidur yang berkualitas, kamu harus menerapkan ritual yang ketat dua jam sebelum tidur. Misalnya, tidak makan berat dan tidak berolahraga. Kamu juga harus segera mematikan televisi dan ponsel, serta mengurangi pendaran cahaya lampu sebelum tidur. Tubuh kamu pun membutuhkan suasana yang nyaman dengan ritme jantung yang tenang, makanya hindari juga kafein dan nikotin.

2. Awali pagimu dengan ritual lain yang juga menyehatkan

Stretching dulu

Stretching dulu via drterry.com

… Terutama bagi kamu yang ketagihan memencet tombol snooze saat alarm berbunyi. Alih-alih kembali tertidur, akan lebih baik jika kamu segera bangkit dan mulai beraktivitas. Bergegaslah ke dapur buat minum air putih dulu. Lakukan ini sebelum kamu mengecek ponselmu. Agar lebih sehat, kamu bisa membuat secangkir air hangat dengan perasan lemon. Ritual pagi ini bisa kamu lanjutkan dengan stretching ringan, agar sel-sel tubuh yang ‘masih’ tidur juga segera bangun dengan semangat baru. Setelah itu, barulah mulai bersiap-siap dan berangkat!

3. Susun to-do list mulai dari jam 9 pagi, biar harimu tertata rapi

Bikin to-do list tiap pagi

Bikin to-do list tiap pagi via obamapacman.com

Mengapa morning person melewatkan harinya lebih sukses dari kamu? Itu karena mereka melakukan lebih banyak pekerjaan dan memulai aktivitasnya dengan lebih awal. Oleh karena itu, selalu prioritaskan pekerjaan kamu mulai dari jam 9 pagi, tentukan tugas apa yang membutuhkan paling banyak energi dan waktu. Prioritaskan juga pekerjaan yang mengharuskan kamu berkolaborasi dengan orang lain, karena jadwal tiap orang pasti berbeda.

Advertisement

Dengan memulai hari lebih awal, kamu bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Alhasil kamu bisa mengakhiri hari lebih awal dan bisa menghadiahi dirimu dengan “me time” yang pantas kamu dapatkan.

4. Berusahalah untuk melakukan persiapan untuk esok hari sejak malam harinya

Disiapin sejak malam

Setrika sejak malam sebelumnya via www.coloribus.com

Bantulah dirimu sendiri untuk lebih siap menghadapi hari esok. Caranya, lakukan persiapan yang kamu butuhkan sejak malam sebelumnya. Persiapan ini termasuk, namun gak terbatas, pada menyetrika baju yang mau kamu pakai besok, memasukkan berkas yang harus kamu bawa ke dalam tas, mengisi baterai laptop dan smartphone, menyiapkan bekal makan siang (jika kamu suka bawa bekal), menyapu kamar, dan pekerjaan ringan lainnya. Pokoknya lakukan persiapan sebanyak mungkin pada malam hari, sehingga kamu gak membuang pagi yang berharga cuma buat mondar-mandir mencari kaus kaki.

5. Jika memungkinkan, mandi pagi sebelum kamu tidur malam saja

Gak ada yang tahu kamu belum mandi

Gak ada yang tahu kamu belum mandi via gigaom.com

Jika yang sering bikin kamu telat adalah waktu mandimu yang lama, mungkin sebaiknya kamu mandi sebelum tidur aja. Apalagi kalau malamnya gak gerah-gerah amat. Kalau kamu sudah mandi, keramas, dan bercukur sejak malam hari, di pagi harinya yang harus kamu lakukan cuma tinggal cuci muka, gosok gigi, dan pakai parfum. Lalu cusss… berangkat!

Jangan malu, selama kamu tetap tampil rapi dan wangi gak ada yang tahu kalau kamu gak mandi pagi. Lagi pula, mandi dengan air hangat di malam hari sebenarnya bisa bikin kamu lebih bersih. Suhu yang hangat pun akan mengirimkan sinyal tenang pada tubuhmu, dan memerintahkannya untuk siap-siap tidur.

Cukup mudah ‘kan sebenarnya tips-tips di atas? Sekarang tergantung kamu saja bagaimana cara menerapkannya. Asal punya komitmen yang kuat, mana ada yang gak bisa kamu lakukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya