Pekerjaan yang padat, tugas kuliah yang menumpuk atau bahkan usai liburan sekalipun, biasanya akan meninggalkan rasa lelah dan pegal-pegal di badan. Kalau sudah begitu, inginnya langsung panggil tukang pijat atau pergi ke tempat pijat refleksi yang sekarang mudah ditemukan di mana-mana. Sayangnya, kadang kita belum menemukan tukang pijat yang cocok untuk dipanggil ke rumah atau terlalu malas pergi ke tempat pijat refleksi. Alhasil, rasa pegal yang ada dibiarkan begitu saja.

Walaupun akan hilang dengan sendirinya, sejatinya pijat tidak hanya dilakukan untuk membuang rasa pegal saja, namun juga sebagai sarana refleksi diri menghilangkan penat dan lelah. Dan ternyata, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, lho. Kalau ternyata tukang pijat langganan sedang tak bisa datang, lakukan saja tahapannya berikut ini!

1. Awali dengan mandi air hangat

Mandi air hangat via lifestyle.okezone.com

Untuk meregangkan otot, awali dengan pijat air hangat. Jika memungkinkan kamu bisa lanjutkan dengan berendam air garam. Larutan ini dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit. Tentunya setelah mandi, badan terasa lebih rileks. Kamu bisa menuju ke tahapan selanjutnya.

2. Siapkan minyak untuk pijat atau body lotion

Minyak pijat via pijitbayi.blogspot.co.id

Advertisement

Jangan lupa untuk menyiapkan minyak untuk pijat seperti minyak zaitun, minyak urut, balsem atau bahkan lotion sekalipun. Selain untuk memanaskan tubuh, minyak dapat memudahkan pemijatan karena membuat badan menjadi licin. Untuk menggunakan minyak pijat, letakkan saja satu tetes di salah tangan kemudian gosok-gosokkan dengan kedua tangan sekurang-kurangnya lima belas detik sampai minyak di tangan terasa hangat.

3. Untuk sakit kepala, kamu bisa memijat bagian bahu dan leher

Piijat leher via www.doctissimo.com

Jika rasa lelah dan pegalmu disertai dengan sakit kepala, pijat juga bagian leher dan bahu. Gunakan tangan kiri untuk memijat bahu kiri dan leher sebelah kiri, dan sebaliknya. Lakukan dengan lembut dan agak kuat, mulai bawah kepala lalu turun ke bahu. Ketika kamu merasakan ada yang kaku, pijat dalam gerakan lingkaran kecil, pijat searah jarum jam dan kemudian berlawanan dengan jarum jam.

4. Bola bisa juga kamu jadikan alat bantu untuk pijat bagian punggung

Pakai bola via espana-diario.es

Punggung tentunya jadi bagian yang sulit dijangkau jika pijat sendiri. Jangan khawatir, kamu masih bisa menjangkaunya dengan bantuan bola. Pilih sesuai kenyamananmu, bisa menggunakan bola tenis sampai bola basket. Tekan bola ke dinding atau lantai dengan punggung, gerakkan tubuhmu maju mundur dan dengan gerakan melingkar.

5. Untuk bagian telapak kaki, pusatkan pada 3 bagian berikut

Pijat kaki via waspada.co.id

Untuk bagian telapak kaki, pusatkan pada 3 bagian berikut;

  1. Untuk telapak kaki, pijat dengan menggunakan jempol jari tangan. Tekan-tekan dengan tenaga secukupnya, jangan terlalu keras
  2. Untuk tumit, genggam dengan tangan dan pijat secara merata
  3. Sedang untuk jari kaki, gerak dan putarkan jari kaki ke atas, bawah, kiri dan kanan dengan tangan, lalu tarik jari kaki dan pijat celah antara satu jari dengan jari lain

Kini, tak perlu lagi khawatir saat lelah melanda. Dengan melakukan beberapa trik di atas, kamu akan dengan mudah mengusir rasa pegal dan capek yang mendera. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya