Poin penting dalam menjaga kecantikan adalah selalu membersihkan wajah alias mencuci muka. Berbagai macam pilihan merek sabun cuci muka pun dihadapkan padamu. Mungkin sudah ada beberapa yang kamu coba, ada yang nggak ngefek ada pula yang malah bikin wajah jerawatan atau jadi sarang komedo. Duh! Sayang tuh, udah mahal tapi efeknya nggak jelas.

Mending kamu pakai bahan-bahan alami pengganti sabun cuci muka ini saja, yang sudah pasti membuat kulitmu lebih terjaga. Penasaran apa saja?

1. Agar nutrisi kulitmu makin kaya, coba deh cuci mukamu pakai jus pepaya

Jangan diminum ya jusnya via balancedpalates.blogspot.com

Pepaya kaya akan nutrisi seperti betakaroten, vitamin C, vitamin B, enzim dan mineral. Lumatkan pepaya lalu oleskan sembari dipijat ke wajahmu. Kamu bisa menambahkan madu atau air mawar. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Rasakan kesegarannya, pasti jauh lebih segar dari sekedar cuci muka biasa. Lakukan dengan cara yang sama kalau ingin menggunakan pisang atau mangga.

2. Yoghurt dan sedikit jus lemon pas banget nih buat mencuci wajahmu yang cantik, supaya tampilannya makin ciamik

Advertisement

Yogurt sahabat wajah via elle.com

Jangan gunakan yoghurt rasa-rasa ya guys, pakai saja yang plain atau tawar. Yoghurt dikenal sebagai pembersih wajah paling ampuh, selain karena kaya protein, yoghurt juga kaya asam laktat dan lemak yang memebantuk mendetoksifikasi kulit.

Campurkan saja 1 sdm yoghurt dengan 1 sdt jus lemon untuk hasil yang lebih maksimal. Tambahkan juga minyak esensial jika kamu ingin agar baunya harum. Oleskan ke wajah, biarkan dua menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Pengen punya wajah manis? Cuci mukalah dengan yang manis juga. Ya, madu murni

madu murni ๐Ÿ™‚ via dailybeautyhack.com

Sebelum mencuci muka dengan madu, sebaiknya wajahmu sudah bersih dari segala macam make-up dulu. Ambil madu sedikit saja, seperti kamu biasanya mengambil sabun cuci muka, ratakan di telapak tangan. Usapkan ke wajah dan berikan pijatan-pijatan kecil pula di wajah. Basuh dengan air hangat. Sebaiknya lakukan tiap hari agar khasiat madu murni lebih terasa di kulitmu.

4. Daripada beli sabun muka ikut-ikutan artis, mending pakai air bunga yang bisa kamu dapatkan secara gratis

Cantik seperti Putri Raja via kumpulanherbalalami.blogspot.co.id

Kamu bisa menggunakan air bunga mawar, lavender dan lainnya. Air bunga-bunga organik atau yang biasa disebut hidrosol sangat baik untuk kulit dan membantu regenerasi kulit secara alami. Air bunga sudah digunakan sebagai pembersih kulit sejak lama oleh leluhur kita karena kandungan asamnya mencapai pH 5-6. Kamu sering lihat putri-putri raja di film laga pakai air bebungaan โ€˜kan?

5. Gel lidah buaya. Nggak cuma bikin kulit segar tapi nyembuhin iritasi kulit juga

Gel lidah buaya via tipsntutorialpro.com

Aloe vera atau lidah buaya adalah pilihan yang tepat buat kamu yang ingin kulitmu tampak segar setiap saat. Aloe vera juga bisa mempercepat penyembuhan kulitmu yang iritasi dan berfungsi sebagai anti inflamasi pada kulit. Teteskan minyak esensial pada gel aloe vera yang akan kamu gunakan untuk membersihkan wajah agar lebih cepat meresap ke kulit wajah.

6. Jus mentimun segar, bikin kulit segar dan halus terawat. Harus coba biar wajahmu makin cetar!

Jus mentimun untuk wajah via youtube.com

Yang satu ini sih udah terkenal banget jadi sahabat akrab wajah mulus sejak lama. Nggak cuma bikin wajah segar, tapi juga bikin kulitmu lebih halus terawat. Kamu bisa mencampurnya dengan susu murni sebelum menggunakannya sebagai pembersih wajah agar hasilnya lebih maksimal. Agar lebih mantap, mentimunnya lebih bai dijusa daripada dipotong biasa.

Ingat ya, tiap kosmetik punya efek samping termasuk sabun cuci muka. Biar nggak was-was pas mencobanya mending pakai bahan alami yang memang sudah Tuhan sediakan khusus buat kita.

Habis baca ini, yakin masih pengen beli sabun cuci muka lagi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya