Sebenarnya, entah cewek atau cowok, selalu ada kecocokan pakai baju putih. Selain netral warnanya, baju putih pun bisa dikenakan di segala situasi. Tinggal pilih saja jenis bajunya: kaus, blus, kemeja, atau gaun. Tapi sayang, nggak banyak orang bisa menjaga atau merawat baju putih ini agar tampilannya tetap putih, nggak cepat kusam atau pun menguning. Karena kekhawatiran ini, akhirnya jadi membatasi diri untuk pakai baju putih alias lebih pilih-pilih.

Hipwee Tips paham betul kekhawatiranmu ini. Beberapa cara aman memakai baju putih ini bisa kamu terapkan untuk menjaga warnanya tetap putih sampai umurnya tahunan.

1. Tilik lagi deodoranmu, kalau ada kandungan alumuniumnya, segera ganti!

hindari deodoran dengan antiperspiran via www.livestrong.com

Advertisement

Penyebab munculnya noda kekuningan pada baju di bagian ketiak adalah reaksi kimia yang terkandung di dalam deodoran. Senyawa berbasis aluminium biasanya ditemukan dalam antiperspiran yang fungsinya untuk mengurangi keringat berlebih pada ketiak. Sayangnya, proses ini akan menimbulkan noda membandel pada kulit yang berwarna kekuningan. Sebaiknya hindari deodoran yang mengandung antiperspiran dan gunakan yang bebas aluminium untuk mencegah noda kekuningan pada bagian ketiak di baju putihmu.

2. Hindari juga menyemprotkan parfum di baju. Selain nggak tahan lama, juga menimbulkan bekas noda di baju putihmu

jangan nyemprotin di baju via greatist.com

Menyemprotkan parfum juga nggak bisa sembarangan. Ada titik-titik tertentu di tubuh seperti pergelangan tangan dalam, area belakang telinga, hingga leher yang bikin aroma parfum lebih tahan lama. Jadi keliru kalau kamu menyemprotkan parfum di baju. Selain nggak awet wanginya, malah meninggalkan bekas noda di baju putihmu itu.

3. Langsung dicuci setelah dipakai, apalagi kalau kamunya keringatan

langsung cuci saja via www.today.com

Salah satu penyebab baju putih jadi kuning adalah karena membiarkan keringat menempel terlalu lama pada bajumu. Sebaiknya langsung cuci baju putih setelah dipakai seharian, apalagi kalau kamu keringatan. Kalaupun terlalu sibuk, kamu bisa kok mencucinya keesokan hari atau lusa, yang penting jangan dipakai lagi atau membiarkannya terbengkalai berminggu-minggu di keranjang kotor.

4. Pastikan untuk mencuci baju putihmu secara terpisah dengan baju berwarna lainnya. Takutnya kelunturan

pisahkan dengan baju berwarna via www.reviewed.com

Advertisement

Saat akan mencuci baju putih, sebaiknya pisahkan dengan baju yang berwarna untuk mencegah risiko kelunturan. Kalaupun nggak sampai kelunturan, menggabungkan baju putih dengan pakaian berwarna akan menimbulkan terjadinya transfer warna. Baju putih akan berubah warnanya jadi lebih gelap dan kusam.

5. Kalau ada noda di baju putihmu, sebaiknya diatasi lebih dulu sebelum dicuci

gosok dulu noda kotornya sebelum dicuci via www.whatsupfagans.com

Kamu bisa gunakan deterjen biasa untuk membersihkan noda pada baju sambil digosok perlahan dengan sikat gigi. Setelah noda dibersihkan, rendam baju putih dalam air panas untuk membantu memecah komponen noda pada baju putih. Kalau setelah tahap ini noda masih ada juga, ulangi langkah pertama. Pokoknya jangan biarkan baju putihmu kering sebelum noda benar-benar hilang, ya!

6. Kamu masih pakai pemutih? Duh, mulai sekarang ubah kebiasaanmu deh!

mending pakai bahan alami via www.thespruce.com

Kontra dengan fungsinya, cairan pemutih justru bikin baju putih jadi kekuningan terlebih lagi bila kainnya terbuat dari bahan poliester. Ada juga yang malah jadi kebiruan warnanya. Cairan pemutih umumnya mengandung zat yang bisa bikin kain makin menipis kalau terlalu sering dipakai. Kamu cukup pakai pemutih baju dari bahan alami seperti air lemon, cuka, atau soda kue. Alami dan aman di kain baju.

Kalau selama ini kamu masih asal saat pakai baju putih atau keliru saat pencucian, percuma deh, baju putihmu itu nggak bakalan awet warnanya sampau usianya tahunan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya