Meski disadari sangat penting, menabung masih jadi hal yang sulit dilakukan. Seringnya malah hanya jadi wacana yang dicanangkan setiap bulan tapi gagal dilakukan. Apalagi kalau gaji masih dua jutaan. Harus pandai-pandai mengatur uang supaya kebutuhan bulanan terpenuhi.

Hasrat ingin beli ini itu biasanya sulit ditahan. Apalagi dengan godaan promo gratis ongkir atau beli satu dapat satu yang sebetulnya kamu nggak perlukan. Gimana caranya bisa tetap nabung dengan gaji 2 jutaan? Tapi dengan cara-cara ini kamu bisa menabung minimal 500 ribu setiap bulannya.

1. Anggap menabung sebagai pengeluaran di awal bulan. Nabung di akhir bulan itu hanya kebohongan

nabung di awal bulan via www.pexels.com

Ubah pola pikirmu dari sekarang. Kalau dulu seringnya nabung di akhir bulan alias menunggu uang sisa setelah kebutuhan bulanan terpenuhi, kini ganti di awal bulan. Jadikan menabung sebagai salah satu pengeluaran bulanan. Caranya, langsung deh 500 ribu kamu simpan dengan baik di tabungan. Ingat, godaan setiap hari datang, jadi uangmu harus diamankan.

2. Siapkan dana darurat tiap bulan biar aman saat ada perlu dadakan. Kalau nggak terpakai kan bisa jadi tabungan

siapkan dana darurat via www.pexels.com

Hal-hal tak terduga bisa muncul kapan saja lho. Makanya, kamu harus siapkan dana darurat tiap bulan biar aman ketika ada perlu dadakan. Toh, kalau nggak terpakai nantinya bisa jadi tabungan. Keuangan jadi lebih tertata dan jelas untuk keperluan apa.

3. Gimana pun kamu butuh bahagia. Nggak apa-apa lho siapkan dana untuk senang-senang asalkan masih wajar

senang-senang asalkan masih wajar via www.pexels.com

Bahagia itu banyak caranya. Semisal nongkrong di tempat fancy sebuan sekali atau jalan-jalan sebentar mumpung ada tiket promo. Nggak apa-apa lho siapkan dana untuk senang-senang kayak begini. Selama jumlahnya masih wajar dan nggak sering ya sah-sah saja. Daripada kamu bersenang-senang tanpa tercatat pengeluarannya kan malah berabe juga.

4. Pulsa seringkali jadi dalang bengkaknya pengeluaran. Bijaklah memilih paket data, cari paling murah dan lengkap

bijaklah pilih paket data via www.pexels.com

Hidup era digital yang apa-apa serba smartphone bikin kamu selalu sediakan pulsa cukup tiap bulan. Maklum, kalau nggak ada pulsa cukup buat beli paket data bakal membuat hidupmu sangat nelangsa. Karena itu, pengeluaran pulsa ini harus kamu perhatikan betul-betul. Soalnya sering nggak sadar, tahu-tahu sudah habis banyak saja dalam sebulan.

Sebuah pilihan bijak kalau kamu bisa beli paket yang sudah komplit. Seperti Telkomsel Bundling TAU Lite6 misalnya. Dengan sekali beli, kamu tidak perlu lagi memikirkan untuk beli pulsa telepon, sms, dan internetan karena semua sudah jadi satu. Hanya perlu biaya Rp10 dan isi ulang pulsa minimal Rp 50.000, kamu sudah bisa dapat 4 Gb internet (1 Gb internet + 1 Gb internet 4G + 2Gb instagram & Facebook + 2Gb Videomax & gamesmax), gratis telepon 100 menit, dan gratis 500 sms.

Cara aktivasinya gimana? Untuk pelanggan lama dan sudah menggunakan smartphone 4G, kamu akan menerima SMS blast karena mendapat Paket TAU Lite6 (white list). Dengan begitu, kamu bisa mengaktifkan paket Rp10 dengan membeli pulsa minimal Rp50.000 lho. Sementara kalau kamu pelanggan baru, kamu cukup beli smartphone baru berstiker TAU Lite6. Di antaranya ada smartphone Advan i6 C, Advan S6, Vivo Y91, Vivo Y95, dan Oppo A3S 3GB. Nantinya, kamu bisa mengaktifkan paket Rp10 dengan beli pulsa minimal Rp50.000. Selengkapnya cek di sini ya~

Asik banget kan? Bikin hemat pengeluaran dan bisa nabung deh tiap bulan.

5. Bawa uang pas ke mana-mana dan tinggalkan kartu ATM di kamar saja. Pengeluaranmu jadi lebih hemat

bawa uang pas via pixabay.com

“Takut kenapa-kanapa di jalan” membuatmu bawa uang lebih saat bepergian. Lengkap dengan kartu ATM agar sewaktu-waktu bisa diandalkan lagi butuh uang lebih dadakan. Padahal, cara seperti itu bisa jadi malapetaka kalau kamu nggak bisa jaga pengeluaran. Akan ada beragam alasan nggak penting yang menggiringmu beli ini itu. Yuk, mulai sekarang bawa uang pas ke mana-mana dan tinggalkan kartu ATM di kamar saja. Sambil berdoa dan tenang, semoga semua aman.

6. Jangan malas dan gengsi bawa bekal makanan dan minum dari rumah. Tanpa sadar kamu sudah irit 20 ribu sehari

bawa bekal yuk via www.pexels.com

Malas dan gengsi sering jadi penyebab kamu ogah bawa bekal makanan dan minum dari rumah. Dibilang terlalu iritlah atau bikin bawaan berat kerap kali kamu keluhkan. Tanpa sadar sebenarnya bawa bekal itu membuatmu sudah irit 20 ribu sehari lho. Hitunglah makan 8-15 ribu, lalu minumnya sekitar 3-5 ribu. Nah, lumayan kan uangnya bisa buat nabung.

Siapa sangka kalau gaji cuma 2 jutaan, tapi impian bisa nabung minimal 500 ribu tiap bulan terwujud juga? Asal ada niat lakukan enam tips tadi, gaji 2 jutaan bukan mimpi buruk lagi. Makanya, kamu wajib menerapkan cara-cara jitu atur pengeluaran tiap bulan. Apalagi perihal paket data. Jika tak pandai pilih paket kayak Telkomsel Bundling TAU Lite6, siap-siap saja tabunganmu segitu-gitu doang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya