Setelah belanja, kantung plastik atau yang biasa disebut ‘kresek‘ biasanya langsung dibuang begitu saja. Apalagi kalau plastiknya udah lecek dan kecil ukurannya. Padahal, limbah kresek ini sulit terurai dan merusak lingkungan lo. Kalau kamu sayang sama bumi ini, harusnya kamu sadar untuk nggak membuang kresek bekas sembarangan. Nah, kalau nggak dibuang, diapain dong?

Ada beberapa cara untuk menggunakan kresek bekas agar lebih bermanfaat dan nggak berakhir di tempat sampah. Simak ulasan Hipwee Tips berikut, ya!

1. Plastik kresek bekas yang masih bersih bisa kamu gunakan untuk membungkus barang pecah belah yang akan dipindahkan atau dikirim

bungkus barang pecah belah via Untungnya%20pun%20nggak%20main-main%20lo.%20

Advertisement

Jika kamu ingin memindahkan atau mengirimkan benda pecah belah seperti piring, mangkuk, atau gelas, gunakan saja plastik kresek untuk membungkusnya. Semakin besar dan tebal bungkus plastik kreseknya, maka semakin kecil juga risiko pecahnya. Akan lebih baik juga kalau kamu membungkusnya satu per satu untuk mengurangi risiko gesekan.

2. Kresek yang agak lecek dan kotor bisa kamu manfaatkan untuk membungkus buah-buahan agar matang pohon dengan sempurna

bungkus buah di pohon via womantalk.com

Seringkali, buah-buahan yang udah mulai matang kerap dimakan binatang seperti kelelawar dan jatuh sia-sia sebelum masa panen. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan membungkus buah-buahan ini dengan plastik kresek. Selain mencegah buah-buahan ini dimakan oleh binatang, pembungkusan juga bertujuan agar proses pematangan bisa matang dengan sempurna karena gas etilen dari buah nggak memuai ke luar. Begitu udah matang, kamu akan mendapatkan buah yang mulus dan ranum.

3. Bisa juga dimanfaatkan untuk isian tas atau sepatu agar selalu tegak dan nggak kempis

menyumpal tas via womantalk.com

Kalau kamu baru saja membeli tas atau sepatu, masukkan kresek bekas yang diremas-remas ke dalamnya untuk menjaganya tetap tegak dan nggak kempes apalagi menekuk ke segala arah. Cara ini juga bisa dipraktikkan jika kamu akan mengirim tas atau sepatu. Benda lainnya yang bisa kamu masukkan kresek adalah sarung bantal yang difungsikan sebagai barang display.

4. Kamu bisa lo menjual kresek bekas yang masih bisa difungsikan ke warung-warung atau menukarnya dengan belanjaan

tukar ke warung belanjaan via chusnul-amita.blogspot.com

Advertisement

Kumpulkan dulu kresek-kresekmu yang masih layak pakai. Kalau udah terkumpul banyak, kamu bisa menjualnya ke warung-warung kelontong yang membutuhkannya. Atau, kamu juga bisa menukarnya dengan belanjaan. Kalau kamu udah punya warung langganan yang mau menukar kresek bekas dengan barang belanjaan, maka kegiatan tukar menukar ini akan jadi kebiasaan yang saling menguntungkan.

5. Kalau kamu mau mengumpulkannya lebih banyak, kresek-kresek ini bisa kamu jual lebih mahal juga di perusahaan plastik

dijual ke perusahaan plastik via tirto.id

Banyak perusahaan plastik yang menggunakan limbah plastik untuk diolah kembali menjadi biji plastik. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menjual kresek bekas yang udah dikumpulkan untuk dijual ke perusahaan plastik yang membutuhkan. Kalau kamu berhasil mengumpulkan banyak kresek bekas, untungnya pun nggak main-main lo!

6. Kumpulkan aja sih, hitung-hitung irit bujet dan menyelamatkan lingkungan juga

kumpulin aja via unikgeli.blogspot.com

Tiap kali kamu belanja dan menyisakan kresek, lipatlah dengan rapi lalu kumpulkan saja sebagai stok di rumah. Kapan waktunya nanti kamu pasti akan membutuhkannya, misal ketika berbelanja, kamu tinggal bawa sendiri kresek dari rumah untuk menaruh belanjaan biar nggak melulu pakai plastik yang baru. Selain irit pengeluaran, kamu juga udah berperan untuk menjaga lingkungan.

Mulai sekarang, kalau kamu punya sisa plastik kresek bekas, jangan buru-buru dibuang dulu ya. Masih ada banyak manfaat yang bisa kamu pergunakan kok. Yuk, sayangi lingkungan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya