6 Jajanan Enak Ini Cuma Dimasak Pakai Teflon. Tapi, Rasanya Jangan Ditanya

Resep snack teflon

Tahu nggak sih, kalau jajan di luar itu nggak baik buat kesehatan. Kita nggak pernah tahu bahan apa saja yang digunakan, pun gimana cara membuatnya. Kalau kamu insecure sama jajanan yang dijual di luar karena kurang cocok dengan cita rasanya, cobalah untuk membuat jajanan yang praktis dan menggugah selera. Bahkan kamu bisa eksplorasi sendiri di dapurmu!

Advertisement

Resep jajanan berikut ini bisa kamu buat tanpa ribet, karena bisa diolah dengan menggunakan teflon. Penasaran resep jajanan apa saja? Simak, ya!

1. Makan pizza nggak harus ke restoran Italia, dengan teflon kamu bisa bikin pizza kapan saja!

Pakai teflon pun bisa. Image by Pam Carte via pixabay.com

Kudapan khas Italia ini nggak asing lagi di telinga. Hampir semua orang suka dengan lezatnya roti dan toppingnya yang bervariasi. Belum lagi ditambah keju lumer yang menarik hati. Sekarang, untuk bisa makan pizza nggak perlu harus ke restoran Italia. Kamu bisa kok bikin sendiri cuma dengan teflon!

Bahan roti:

Advertisement
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 ml susu cair hangat
  • 1 butir telur ayam
  • 4 gram ragi instan (fermipan)
  • 3 sdm mentega
  • 3 sdm minyak goreng

Bahan topping:

Advertisement
  • 2 buah bawang bombay cincang halus
  • 2 buah sosis sapi/ayam (sesuai selera), potong tipis
  • 1 – 2 buah tomat, iris tipis
  • Daging cincang secukupnya, bisa diganti dengan kornet
  • 1 buah paprika, buang isinya lalu cincang kotak-kotak kecil (bisa diganti dengan jagung)
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • Daun bawang cincang halus
  • Keju sesuai selera, lebih disarankan keju mozzarella
  • Saus tomat dan cabai secukupnya

Begini cara membuatnya:

  • Pertama-tama, campur tepung terigu dengan fermipan. Setelah itu, tambahkan mentega dan minyak. Aduk rata.
  • Masukkan telur dan susu. Aduk hingga adonan lembut, jika masih keras tambahkan telur/susu. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit dan ditutup dengan kain serbet.
  • Sambil menunggu adonan yang didiamkan, tumis bawang bawang putih, bawang bombay, sosis, tomat, telur, dan paprika hingga harum. Kemudian tambahkan irisan daun bawang. Angkat.
  • Setelah 15 menit, ambil adonan roti, ratakan ke atas teflon. Tusuk dengan garpu di seluruh permukaan roti agar adonan mengembang.
  • Beri saus tomat dan cabai di atasnya. Setelah rata, oleskan bahan isi di atasnya hingga rata. Taburi dengan keju.
  • Tutup adonan dan masak dengan api kecil selama 15 menit.

Matang deh. Sajikan pizza selagi hangat bersama saus sambal, ya!

2. Tanpa mixer dan oven, kamu bisa bikin pie susu tanpa harus pergi ke Bali dulu

pie susu teflon

pie susu teflon

Berikut adalah langkah-langkah membuat pie susu khas Bali…

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 150 gram mentega
  • 4 butir telur
  • 200 ml susu kental manis
  • 2 sdm tepung maizena
  • 100 ml air

Begini cara bikin kulitnya:

  • Campurkan terigu dengan mentega, aduk hingga tercampur rata.
  • Masukan satu butir telur, aduk rata hingga kalis atau nggak lengket.
  • Bentuk kulit pie dan ratakan pada teflon dengan ketebalan yang diinginkan, tekan-tekan pinggiran kulit pie dengan garpu, sisihkan.

Setelah kulit matang, lanjutkan langkah berikut:

  • Campurkan 3 butir telur dengan susu, aduk menggunakan sendok atau spatula hingga tercampur rata.
  • Campurkan maizena dan air, aduk rata. Tambahkan pada adonan susu. Aduk rata.
  • Saring adonan menggunakan kain bersih, masak hingga setengah matang menjadi vla.
  • Tuangkan isi pie ke teflon yang sudah dilapisi kulit, panggang diatas api yang sangat kecil.
  • Tutup teflon lalu panggang hingga matang sekitar 45 – 60 menit.

Mudah, bukan?

3. Bikin martabak manis juga nggak sesulit yang dibayangkan. Pokoknya gampang!

Nggak sesusah itu kok~ Photo by Malikpb, CC BY-SA 4.0, via commons.wikimedia.org

Di setiap kota di penjuru tanah air hampir semuanya menjual jajanan ini. Rasa yang sama, hanya beda nama. Ada yang menyebut kue bandung, ada juga yang menamainya terang bulan. Ah, apapun namanya, yang pasti martabak manis ini bisa banget kamu buat sendiri.

Bahan adonan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 375 ml air
  • 1 butir telur
  • 30 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt baking soda

Bahan taburan:

Margarin, keju parut, meses coklat, kacang tumbuk, susu kental manis (tergantung selera)

Begini cara membuatnya:

  • Ayak tepung terigu sampai halus.
  • Campur semua bahan adonan kecuali baking soda.
  • Aduk sampai halus, tercampur rata, dan tidak menggumpal.
  • Setelah tercampur rata, saring adonan pakai saringan kelapa, tutup dan diamkan selama 1 jam.
  • Panaskan teflon dengan api medium, setelah panas merata masukan baking soda yg sudah di campur air sedikit ke adonan, aduk sebentar.
  • Setelah teflon panas merata, masukan adonan, dan ratakan ke seluruh permukaan teflon.
  • Tetap gunakan api medium hingga keluar gelembung-gelembung pada adonan.
  • Setelah terbentuk banyak gelembung, kecilkan api, taburi gula pasir dan tutup teflon.
  • Setelah sarang di permukaan matang dan kering, angkat ke talenan.
  • Olesi dengan margarin, dan beri taburan sesuai selera.

Jangan lupa potong dan berbagi, ya!

4. Kue dorayaki pun cukup dibikin pakai teflon, biar nggak kalah sama doraemon

Kue dorayaki teflon. Photo by Ocdp, CC BY-SA 3.0 via commons.wikimedia.org

Mau tahu gimana caranya? Nih..

Bahan yang diperlukan:

  • 1 butir telur
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm madu
  • 8 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdm baking powder
  • 50 ml air

Cara bikinnya mudah, kok:

  • Masukkan telur, gula pasir dan madu dalam mangkuk kemudian aduk pakai garpu sampai tercampur rata.
  • Masukkan sedikit demi sedikit tepung sambil terus diaduk sampai tepung habis dan rata.
  • Masukkan baking bowder, aduk lagi sampai rata.
  • Terakhir masukkan air, aduk sampai rata.
  • Diamkan adonan sebentar sambil nunggu teflon panas.
  • Setelah teflon panas, kecilkan api, masukkan adonan sesuai selera.
  • Kalau sudah terlihat ada gelembung-gelembung meski masih terlihat tidak pecah atau lubang lubang.dipermukaannya, segera tutup teflon, tunggu hingga matang.
  • Isi dengan topping sesuai selera, bisa selai, meses, atau pasta kacang merah kalau mau tradisional kayak di Jepang.
  • Tutup atasnya dengan adonan yang lain.

Udah mulai seru nih, beli teflon, ah!

5. Bolu cokelat takkan gagal membuatmu lebih berselera. Sumpah, wajib dicoba!

Kue bolu dibikin pakai teflon. Photo by cjaman via depositphotos.com

Resep bolu cokelat ini sangat sederhana, bahan-bahan yang digunakan juga mudah dijumpai. Jadi siapa saja bisa bikin bolu cokelat ini dengan mudah dan tanpa ribet.

Bahan yang diperlukan:

  • 225 gram tepung terigu
  • 375 gram gula pasir
  • 100 gram kacang almond
  • 1 butir telur
  • 250 gram susu cair
  • 3 sdm minyak sayur
  • 3 sdm cokelat bubuk
  • 1 sdm baking powder
  • 1 sdt vanila
  • Garam secukupnya

Begini cara membuatnya:

  • Masukkan semua bahan yang dibutuhkan ke dalam baskom ukuran sedang kecuali kacang almond.
  • Aduk semua bahan menggunakan whisk hingga adonan benar-benar merata.
  • Setelah itu iris-iris tipis kacang almond, sangrai, lalu campurkan dalam adonan, aduk-aduk adonan agar almond tercampur rata.
  • Siapkan telfon, olesi dengan minyak sayur secukupnya.
  • Tuangkan adonan kue bolu ke dalam teflon, masak dengan menggunakan api kecil.

Setelah 20 menit, bolu cokelat bisa kamu nikmati. Oiya, angkat bolu cokelat dari teflon setelah dingin, biar lebih lezat!

6. Brownies cokelat milo dari teflon pun bakal membuat nafsu makanmu bertambah, wah!

brownies milo teflon

brownies milo teflon via www.google.co.id

Siapa bilang bikin brownies harus pakai oven? Yuk, cobain resep brownies milo yang satu ini. Jangan lupa siapKAn teflon, ya!

Bahan yang diperlukan:

  • 6 butir telur
  • 12 sdm gula, kalo suka manis bisa ditambah gulanya
  • 12 sdm tepung terigu
  • 12 sdm milo
  • 1/2 sdm ekstrak vanilla (biar brownies lebih harum)
  • 10 sdm minyak goreng (bisa diganti dengan mentega)
  • 1/2 sdm baking powder
  • 1/2 sdm baking soda

Begini cara bikinnya:

  • Kocok telur dan gula pakai garpu, lakukan sampai gula larut.
  • Campur semua bahan kering seperti tepung terigu, milo, baking soda, dan baking powder jadi satu.
  • Setelah semua bahan kering tercampur, masukkan kocokkan telur dan gula, lalu masukkan minyak goreng dan ekstrak vanilla.
  • Olesi loyang bolu dengan mentega lalu tepung terigu, tipis-tipis aja.
  • Tuang adonan kue dalam teflon, ratakan.
  • Tusuk-tusuk brownies dengan garpu, kalau nggak ada adonan yg lengket di garpu berarti brownies milo sudah matang.

Untuk menambah tampilan supaya lebih manis, taburkan milo di atasnya.

Gimana, mudah bukan bikin cemilan cuma dengan teflon? Nggak boros jajan di luar lagi, deh!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE