Musim hujan di awal tahun tampaknya membuat perut lebih sering dilanda rasa lapar ketimbang sebelumnya. Hujan dan perut yang minta diisi memang menjadi kombinasi yang pas untuk membuat camilan enak, apalagi kalau ditemani secangkir teh atau kopi. Tapi kalau cuma pisang atau tempe goreng, kayaknya kok terlalu biasa ya?

Bagaimana dengan kreasi kulit lumpia? Yap, bahan makanan ini nggak cuma untuk bikin lumpia saja lho, tapi bisa juga disulap jadi aneka camilan spesial, lho! Hipwee Tips menghadirkan beberapa resep camilan berbahan dasar kulit lumpia, biar camilanmu nggak cuma itu-itu aja. Yuk, kita coba satu-satu!

1. Piscok alias pisang cokelat memang sudah mulai banyak dijual di pasaran. Tapi, kalau bisa bikin sendiri, kenapa harus beli?

Piscok, ngga ada yg bisa tahan godaannya! via cookpad.com

Bahan – bahan:

  • Pisang kepok
  • Meses
  • Keju
  • Kulit lumpia
  • Putih telur

Cara membuat:

  1. Potong pisang kepok menjadi 2 bagian memanjang
  2. Lumuri pisang dengan meses dan juga keju, kemudian letakkan pada 1 lembar kulit lumpia, lipat seperti bentuk amplop dan lekatkan menggunakan putih telur sebagai lem.
  3. Siapkan dan panaskan minyak yang cukup banyak (deep fried)
  4. Masukkan pisang yang sudah dibungkus kulit lumpia tersebut ke dalam penggorengan. Goreng hingga kecoklatan
  5. Pada saat menggoreng, api jangan terlalu besar karena cokelat mudah meleleh
  6. Jika sudah matang, angkat, tiriskan dan sajikan selagi hangat

Hmm, kayaknya sih nggak ada 5 menit juga pasti ludes nih kalau enaknya kayak gini. Pasti jadi pengen langsung praktik nyobain, ‘kan?

2. Kepengen martabak telor tapi mager buat pergi ke tempat yang jual? Bikin saja martabak mie telor dari kulit lumpia

Advertisement

Martabak mini pakai kulit lumpia via 1001resepnusantara.wordpress.com

Bahan – bahan:

  • Kulit lumpia
  • Telur ayam
  • Telor puyuh yang sudah direbus
  • Mie Instan
  • Putih telur

Cara membuat:

  1. Rebus mie instan sampai matang kemudian tiriskan
  2. Kocok telur ayam beserta bumbu mie instan
  3. Campurkan mie instan yang telah direbus dengan kocokan telur
  4. Siapkan kulit lumpia, isi dengan mie instan secukupnya kemudian tambahkan juga setengah telur puyuh rebus
  5. Lipat bentuk amplop dan gunakan putih telur sebagai perekatnya
  6. Goreng di dalam minyak panas (deep fried) dengan api kecil
  7. Angkat, tiris dan sajikan

Note: Kamu bisa menambahkan sayuran, bawang bombay, kornet atau smoked beef jika suka.

3. Durian digoreng apa jadinya ya? Yuk dicoba bikin kulit lumpia goreng isi durian. Hati-hati ketagihan!

Durian goreng, nggak bisa nolaaaaak! via lifestyle.liputan6.com

Bahan – bahan:

  • 1 buah durian, kupas dan ambil dagingnya
  • 1 sdm vanilla essence
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 bungkus kulit lumpia (isi 20)
  • Bubuk kayu manis secukupnya
  • 2 sdm tepung terigu yang sudah dikentalkan dengan air
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Dalam mangkuk besar, masukan semua daging durian, susu kental manis dan vanila essence, kemudian aduk rata
  2. Ambil 1 lembar kulit lumpia, beri 1 sdm isian yang ada dalam mangkuk besar tadi. Lipat menyerupai lipatan risoles dan beri olesan tepung terigu sebagai lem
  3. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga kecoklatan
  4. Jika sudah matang, sajikan dengan taburan bubuk kayu manis secukupnya

Jadi punya variasi makan durian, nih! Biar nggak cuma langsung disantap begitu dibuka kulitnya. Ternyata bisa juga lho digoreng.

4. Yang satu ini super duper gampang, kamu cuma butuh kulit lumpia dan chocolatos!

Chocolatos goreng! Enak! via 1001resepnusantara.wordpress.com

Bahan – bahan:

  • 1 – 2 box chocolatos
  • Kulit lumpia ukuran besar
  • Putih telur
  • Minyak
  • Saus karamel

Cara membuat:

  1. Siapkan lembaran lumpia, letakkan chocolatos di atasnya
  2. Gulung lalu rekatkan dengan putih telur
  3. Goreng dengan minyak panas dan api kecil
  4. Jika sudah emas kecokelatan, angkat, tiriskan dan sajikan dengan taburan saus karamel

5. Jamur enoki goreng tanpas MSG. Udah enak, sehat lagi. Siapa mau?

Enoki goreng bungkus kulit lumpia via cookpad.com

Bahan – bahan:

  • 100 gram jamur enoki
  • 3 lembar kulit lumpia (1 lembar potong jd 3 bagian
    Bahan bumbu:
  • 5 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • garam secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • ketumbar bubuk secukupnya
Cara membuat:
  1. Buang bagian akar jamur enoki lalu cuci bersih dgn air, suwir-suwir sesuai selera, tiriskan
  2. Campur semua bahan bumbu, aduk rata
  3. Lilitkan bagian bawah jamur enoki dgn kulit lumpia
  4. Balurkan semua lilitan jamur dengan tepung bumbu buatan sendiri
  5. Goreng dengan minyak yang banyak dan api kecil sampai kecoklatan, tiriskan, hidangkan

Paling enak dimakan saat masih panas dengan dicocol suas sambal. Hmm, kebayang nggak sih kriuknya!

6. Kalau biasanya tape digoreng dengan tepung, coba sekarang pakai kulit lumpia. Gurih dan manis jadi satu

Tape goreng via www.aremafood.com

Bahan – bahan:

  • 15 lembar kulit lumpia, potong jadi 2 bagian
  • 500 gr tape
  • Sedikit vanilla
  • Keju secukupnya
  • 1 potong gula merah
  • Sedikit air

Cara membuat:

  1. Haluskan tape singkong, beri sedikit vanilla, masukkan dalam plastik
  2. Isi kulit lumpia dengan tape (memanjang), gulung, dan goreng hingga kecokelatan
  3. Iris gula merah, masak dengan sedikit air sampai berbuih
  4. Sajikan tape goreng kulit lumpia dan taburi dengan keju parut dan siram dengan gula merah cair

Kalau cara bikinnya gampang kayak gini, udah nggak ada alasan lagi buat malas masuk dapur ya. Apalagi bayangin rasanya yang udah dijamin enak. Hmm, makin nggak sabar buat eksekusi. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya