Sering merasa susah menghapal? Quipper Video mempersembahkan artikel ini untukmu.

Urusan menghapal memang sering menimbulkan permasalahan. Bagaimana tidak, setiap ujian kita mesti menghapal sekian banyak bahan yang sudah dipersiapkan. Lupa satu atau dua line saja — bisa buyar semua rencana.

Apakah kamu termasuk orang yang sering kesulitan menghapal? Atau merasa butuh waktu lama sebelum semua bahan yang dipelajari bisa masuk ke kepala? Eits, tenang dulu. Sebenarnya ada hacks yang bisa kamu aplikasikan kok untuk membuat proses menghapal lebih mudah. Di sini Hipwee dan Quipper Video akan mengungkap 6 caranya.

1. Ini kedengaran cheesy. Tapi benar-benar tertarik terhadap hal yang kamu hapalkan akan membantu proses belajar

Benar-benar tertarik pada apa yang kamu hapalkan akan memudahkan

Benar-benar tertarik pada apa yang kamu hapalkan akan memudahkan via bravonet.ro

Sebenarnya menghapal itu mudah kok. Selama kita tertarik terhadap hal yang sedang kita hapalkan, mental image dengan mudah akan tercipta. Sehingga materi pun lebih mudah masuk dalam kepala. Lihat saja dalam kasus lirik lagu atau bahkan line film favoritmu. Tanpap perlu banyak usaha, mereka sudah tertancap begitu saja ‘kan?

Jika ingin proses menghapal berjalan lancar — kunci utamanya cuma satu: jadilah benar-benar tertarik terhadap hal yang kamu hapalkan itu.

2. Hubungkan materi hapalanmu dengan sesuatu. Mental image macam ini akan sangat membantu

Biasakan untuk menghubungkan materi hapalanmu dengan sesuatu

Biasakan untuk menghubungkan materi hapalanmu dengan sesuatu via idiva.com

Saat dihadapkan pada hapalan yang berat, jangan langsung keder dan merasa tidak mampu. Hapalan berat pun dapat diakali selama kamu mau menghubungkannya dengan sesuatu.

Contohnya nih, sewaktu kamu harus menghapal tabel periodik kimia — ciptakan jembatan keledai yang terdengar menyerupai nama temanmu. Dengan begini, yang tertancap dalam otakmu bukan sekadar hapalan tabel kimia itu. Memori soal muka-muka temanmu akan muncul dan memanggil ulang materi yang harus kamu hapalkan itu.

3. Gunakan chunking system untuk mengkategorikan ingatanmu. Hapalan bisa lekat karena itu

Keep calm and do chunking

Keep calm and do chunking via wallpaper222.com

Membiarkan hapalan lebar tanpa terkategorisasi akan membuatmu bingung. Harusnya ingat materi A, eeh malah lupa dan ingat materi B sebelum waktunya. Akhirnya hasil ujianmu yang harusnya oke malah jadi kurang memuaskan karena salah recall ingatan. Agar hal ini tidak lagi terjadi, gunakan chunking system sebagai metode yang bisa membantumu.

Dalam metode chunking system ingatan akan dikategorikan dalam beberapa kotak berbeda sesuai jenisnya. Tahapan menghapal dalam metode chunking system ini pun mudah. Kamu tidak perlu langsung menghapal semua materi di saat bersamaan. Mulailah dari kategori paling kiri dulu, lalu bergeser ke kategori yang berada di kanan.

4. Menonton Quipper Video memberimu ingatan visual yang kuat. Dengan begini materi pun tidak mudah minggat

Menonton Quipper Video akan memberimu hapalan yang lekat

Menonton Quipper Video akan memberimu hapalan yang lekat via enfimshakespeare.blogspot.com

Belajar dengan metode visual akan memberimu memori yang lebih kuat. Terlebih buatmu yang memang masuk kategori pembelajar visual yang lebih mudah memahami segala sesuatu dengan gambar. Tidak perlu susah-susah mencari sumber materi, karena Quipper Video tersedia untukmu dalam satu jangkauan jari.

Quipper Video adalah video pembelajaran yang bisa kamu nikmati secara visual lewat berbagai gadget. Di sini kamu bisa belajar langsung dengan tutor profesional lewat cara yang fun dan tidak membosankan. Dengan Quipper Video yang visualnya kaya ini ingatanmu soal berbagai materi tidak akan mudah pergi.

5. Tulis ulang materi yang kamu pelajari. Memori akan lebih kuat jika digabungkan dengan gerak jari

Menulis ulang materi yang kamu pelajari akan membantu

Menulis ulang materi yang kamu pelajari akan membantu via eliteivytutors.com

Menulis ulang materi yang kamu pelajari akan menancapkan memori yang lebih kuat. Hal ini bisa terjadi karena saat proses menulis ulang dilakukan, kinerja daya kinetikmu juga ikut dimaksimalkan. Dengan cara ini kamu tidak hanya menghapal — namun juga memberi otak kesempatan untuk mengembangkan pemahaman sendiri dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan malas menggerakkan jari dan menuliskan ulang hal-hal yang sudah kamu pelajari.

6. Mengahapal cuma sambil duduk bikin otakmu merunduk. Gerakkan tubuh sembari membiarkan memori masuk

Gerakkan tubuh sembari menghapal

Gerakkan tubuh sembari menghapal via tumblr.com

Menghapal hanya dengan duduk tidak memudahkan memorimu masuk. Dengan sedikit mengerakkan badan, memorimu akan lebih mudah bisa diterima oleh otak. Tidak ada salahnya berjalan-jalan atau sedikit saat sedang berusaha menghapal. Dengan begini aliran darah di otakmu akan lebih lancar. Proses menghapal pun bisa berlangsung dengan mudah dan menyenangkan.

Dari 6 study hacks ini mana yang paling oke untuk kamu terapkan? Sudah siap belajar dan menghapal dengan jauh lebih menyenangkan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya