“Aku kalau nikah nggak mau buat pesta besar, ah! Tamunya cukup kerabat atau teman-teman dekat saja,”

Momen pernikahan memang selalu dianggap penting oleh banyak orang. Tapi, nggak semua orang memiliki cara yang sama untuk menggelarnya. Ada yang mungkin ingin menggelarnya dengan mewah, alasanya ingin menjadi raja atau ratu sehari. Ada juga yang berpikiran, kalau momen tersebut sangat sakral, karena itu acara yang digelar harusnya menghadirkan suasana itim dan hangat.

Sah-sah saja sih kamu mau memilih cara yang mana, tapi kalau memang kamu punya cita-cita menggelar pernikahan yang sederhana, namun tetap mengena. Hipwee ada beberapa tips nih untuk menyelenggarakan pernikahan yang hangat dan berkesan, meski tanpa kemewahan.

1. Karena target tamu tak lebih dari 150 orang, undangan cetak cukup 100 lembar saja dan manfaatkan saja undangan digital.

Bayangkan kalau saja kamu mengundang banyak orang mungkin sekitar lebih dari 200 orang. Bukan hanya pusing saat membuat list tamu, tapi juga saat menyusun anggaran yang lain seperti biaya percetakan undangan, atau bahkan jumlah menu catering.

Advertisement

Kamu pun akhirnya berpikir, mending undang kerabat atau teman-teman dekat saja. Paling tidak tamumu tidak lebih dari 150 orang, bahkan bisa kurang dari jumlah itu. selain mudah dalam membuat list tamu undangan, kamu juga bisa meminimalkan biaya cetak undangan.

Untuk kerabat kamu bisa menargetkan undangan sekitar 100 lembar. Sedangkan untuk teman-teman, kamu bisa loh memanfaatkan media sosial untuk menyebar undangan digital.

2. Pesta kebun di malam hari dengan hiasan lilin, bisa diandalkan untuk membuat suasana hangat agar hari bahagiamu pun terus teringat.

Suasana malam hari yang cenderung tenang dan tak banyak kebisingan, cocok untuk outdoor wedding yang kamu gelar di halaman rumah sendiri. keberadaan suasana hangat dan akrab dari rumah, hanya butuh sedikit sentuhan untuk menjadikannya lebih romantis. Ganti saja penerangan lampu dengan lilin yang di tata di meja tamu, dan sekitar venue. Selain mudah, dekorasi dengan lilin juga lebih murah.

3. Tapi kalau kamu memilih acara resepsi di siang hari, hiasan balon yang diisi helium juga bisa tampak menarik.

Siapa bilang balon tidak bisa menjadi pengganti bunga untuk urusan dekorasi. Balon berwana pastel, yang di susun sedemikian rupa juga bisa terlihat anggun seperti bunga. Semisal kamu mengadakan acaranya pada siang hari, sinar matahari yang jatuh di venue bisa terlihat lebih lembut dan ceria. Sekarang ini juga sudah mudah ditemukan penjual online balon yang di isi helium.

4. Biar suasana benar terlihat natural, meja untuk para tamu bisa kamu hias daun kering dan buah pinus.

Bukan hanya hiasan lilin yang bisa membuat hangat suasana pesta kebunmu, tapi buah pinus dan daun-daun kering pun bisa menjadi bagian dari dekorasi yang menghangatkan. Bahkan keduanya juga mampu membuat suasana benar-benar terlihat alami dan sederhana.

Untuk para tamu, jangan kaget ya kalau di piring tamunya ada buah pinus. Tenang, itu bukan hidangan yang harus kalian makan kok, itu cuma pemanis biar pesta sang mempelai terkenang dengan romantis.

5. Banner yang dihias dengan foto-foto prawedding sebagai penutup pagar sementara. Buat acara sakralmu jauh dari gangguan.

Kamu tak ingin kesakralan pernikahanmu terganggu oleh aktivitas lain di sekitar rumahmu. Sedangkan pagar rumahmu sendiri tak cukup meredam gangguan. coba deh, kamu buat hiasan yang bisa menutup rapat pagar sementara, misalnya seperti banner yang dihiasi oleh foto-foto prawedding kalian. Selain foto, kamu juga bisa menambahkannya dengan rangkaian bunga.

6. Buat sesi hiburan jangan hanya band pengiring pengantin, tapi tambahi dengan pidato dari orang-orang terdekat.

Interaksi antar tamu dan mempelai terlalu kaku, kalau hanya sebatas bersalaman yang dibubuhan ucapan selamat atau obrolan basa-basi. Tidak ada salahnya kalau kamu keluar dari kebiasan itu, menambah sesi hiburan dengan pidato dari orang-orang terdekat. Cerita-cerita yang hadir dari mereka bisa jadi interaksi lain yang lebih akrab.

Tanpa perlu mengeluarkan biaya besar, tapi hari besar kalian tetap hangat dan berkesan. Tips di atas bisa kamu pikirkan matang-matang, karena setelah pernikahan pun akan ada banyak biaya lain yang harus kalian pikirkan.