6 Trik Menggoreng Kulit Ayam Biar Gurih dan Renyahnya Bikin Nggak Bisa Berhenti Makan

Trik menggoreng kulit ayam

Selain dagingnya, salah satu bagian dari ayam yang banyak digemari adalah kulitnya. Meski diklaim sebagai bagian ayam yang paling banyak lemak dan bikin kolesterol, rasanya sulit menolak kalau kulit ayam ini sudah diolah jadi gorengan yang garing dan renyah. Seringnya dikonsumsi sebagai kudapan saat bersantai. Dan nggak jarang banyak orang yang sulit berhenti kalau sudah mulai makan di kulit ayam goreng ini.

Advertisement

Kalau kamu juga adalah salah satu penggemar kulit ayam goreng tapi ragu ingin mengolahnya sendiri karena takut nggak serenyah kalau beli jadi, ikuti trik Hipwee Tips berikut. Dijamin kulit ayam gorengmu bakal super renyah dan gurih.

1. Sembari memisahkan kulit ayam dengan dagingnya, buang semua lemak yang ada di bawah permukaan kulit ayam

pisahkan kulit dengan lemak via www.bukalapak.com

Langkah ini kadang sering luput saat proses pemisahan kulit dan daging ayam. Lemak yang masih tertinggal pada kulit ayam perlu kamu pisahkan juga karena justru bisa menghambat kulit ayam untuk jadi krispi saat digoreng. Menghilangkan lemak pada kulit ayam ini nggak hanya bikin renyah hasil gorengannya, tapi juga mencegah kulit ayam goreng berbau tengik.

2. Untuk menambah kerenyahan kulit ayam setelah digoreng, rendam terlebih dahulu ke dalam air kapur sirih

rendam air kapur sirih via sajiansedap.grid.id

Kamu memang bisa melewatkan langkah ini, tapi kemungkinan kulit ayam goreng lebih tahan renyahnya akan lebih kecil juga. Caranya mudah, larutkan kapur sirih dalam air dan tunggu sampai kapurnya mengendap. Air bening di atas endapannya itulah air kapur sirih yang akan digunakan. Rendam kulit ayam dalam air kapur sirih selama 1 jam. Setelah itu, cuci kulit ayam dengan air mengalir sampai bersih.

Advertisement

3. Bumbui dengan secukupnya garam dan merica, nggak perlu berlebihan karena rasa kulit ayam pada dasarnya sudah gurih

beri bumbu via resepkoki.co

Setelah dicuci bersih, bumbui kulit ayam dengan garam dan merica, lalu remas-remas agar bumbu meresap. Kalau mau rasanya lebih gurih lagi, kamu bisa tambahkan bawang putih yang dihaluskan atau bawang putih bubuk.

4. Jangan langsung digulingkan ke tepung, tapi celupkan dulu ke kocokan putih telur

baluri dengan kocokan putih telur via thepioneerwoman.com

Setelah dibumbui, celupkan satu persatu kulit ayam pada kocokan putih telur. Lalu tiriskan pada wadah atau piring kosong. Atau kalau kulit ayam yang akan digoreng cukup banyak, oleskan sedikit demi sedikit putih telur menggunakan kuas, yang penting semua kulit ayam sudah dilapisi putih telur.

5. Setelah terlapisi putih telur, baru baluri kulit ayam dengan tepung beras

baluri tepung beras via www.chefsteps.com

Kenapa tepung beras? Melapisi kulit ayam dengan tepung beras sebelum digoreng berfungsi untuk menciptakan tekstur krispi yang tahan lama. Caranya ayak tepung di atas kulit ayam, kemudian balik-balik dan ratakan. Lalu tepuk-tepuk kulit ayam yang sudah dibaluri tadi untuk mengurangi lapisan tepung yang menggumpal atau terlalu banyak.

Advertisement

6. Goreng kulit ayam di dalam minyak panas yang banyak atau deep frying sampai semua kulit terendam minyak

goreng sampai garing via food.detik.com

Menggoreng dengan teknik deep frying dan pemanasan tinggi akan mencegah kulit ayam jadi gosong. Cara ini juga bikin kulit ayam matang merata, nggak berminyak, dan renyah sempurna. Goreng sambil dibalik-balik perlahan sampai garing berwarna cokelat keemasan. Lalu sajikan bersama cocolan saus sambal, mustard atau mayones.

Demikian tadi trik menggoreng kulit ayam agar hasilnya lebih krispi, gurih, dan renyah tahan lama. Untuk mengurangi lemak jahatnya, baiknya gunakan minyak yang masih baru saat menggorengnya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE