8 Istilah Teknik Memasak Para Chef yang Tak Cuma Goreng atau Rebus Aja

Teknik memasak

Dunia perdapuran penting untuk diketahui oleh siapa saja, baik yang suka masak maupun yang sukanya tinggal makan aja! Salah satu hal yang harus kamu tahu adalah istilah dalam teknik memasak. Walaupun nggak suka masak, tapi istilah-istilah ini penting untuk kamu ketahui. Misalnya saat memesan makanan di restoran atau saat memilih menu-menu yang menggunakan istilah teknik memasak.

Advertisement

Jangan sampai memilih menu ‘blancing’ tapi justru membayangkan sayuran lunak yang direbus lama. Istilah dalam teknik memasak memang mirip-mirip, meski sebenarnya berbeda. Misalnya, nggak semua teknik memasak dengan minyak disebut menggoreng atau frying, nggak semua teknik memasak basah disebut merebus atau boiling. Supaya lebih paham dan bisa membedakan teknik-teknik memasak, yuk simak informasi berikut ini!

1. Deep frying atau teknik memasak kering menggunakan banyak minyak dan suhu yang tinggi untuk menghasilkan gorengan yang renyah

teknik memasak deep frying adalah

deep frying | credit: jcomp/freepik

Meski sama-sama menggunakan minyak, teknik memasak deep frying dengan menggoreng biasa berbeda lo. Deep frying merupakan teknik memasak dengan minyak yang banyak dan suhu yang tinggi. Teknik menggoreng seperti ini biasanya digunakan untuk memasak makanan yang dilapisi adonan agar lebih renyah, matang merata, dan nggak terlalu menyerap minyak.

2. Teknik memasak roasting, memanggang dalam oven dengan suhu tinggi sehingga lebih cepat kering dan biasanya berwarna kecokelatan

teknik memasak roasting

roasting | credit: Commons Wikimedia

Teknik memasak dipanggang alias roasting merupakan salah satu teknik memasak kering selain menggoreng. Teknik memanggang dengan cara roasting biasanya menghasilkan makanan yang garing di luar dan lembut di dalam. Roasting bisanya digunakan untuk mengolah daging dan ikan. Selain itu, teknik memasak roasting juga bisa diterapkan pada biji-bijian seperti kopi, kacang mete, dan almon. Biji-bijian yang diolah dengan cara roasting akan menghasilkan biji yang kering dan berwarna kecokelatan.

Advertisement

3. Teknik baking hampir sama dengan roasting tapi istilah ini digunakan untuk makanan manis seperti roti

teknik memasak baking

baking | credit: bacho123456/DepositPhotos via id.depositphotos.com

Jangan salah sebut antara baking dan roasting, ya! Sama-sama dipanggang dalam oven tapi istilah baking digunakan untuk kue dan roti. Teknik memasak baking akan membuat panas yang merata dengan suhu tinggi di seluruh permukaan makanan. Sehingga, adonan bisa mengembang dengan sempurna dan menghasilkan luaran yang kering dan bagian dalam yang lembut.

4. Steam atau teknik memasak dengan cara mengukus, merupakan salah satu teknik memasak yang paling sehat

teknik memasak steaming

steaming | credit: Commons Wikimedia

Steaming atau mengukus merupakan teknik memasak menggunakan uap air panas. Teknik steaming biasanya menjadi alternatif memasak makanan selain menggoreng. Dalam mengolah menu-menu sehat, steam menjadi pilihan paling tepat karena nggak memerlukan minyak dan nggak meninggalkan bekas gosong pada makanan.

5. Teknik simmering merupakan teknik merebus dengan api kecil untuk menghasilkan masakan yang meresap

teknik memasak simmering

simmering | credit: fotek/DepositPhotos

Simmering merupakan salah satu teknik memasak basah menggunakan air. Meski sama-sama menggunakan air, simmering berbeda dengan boiling lo! Teknik memasak simmering menggunakan api kecil dan biasanya kuah atau air untuk merebusnya sudah diberi bumbu. Sementara pada boiling hanya merebus dan biasanya menggunakan api sedang hingga besar. Simmering bertujuan untuk menghasilkan masakan yang meresap atau hanya sekadar menjaga masakan tetap hangat.

Advertisement

6. Teknik blanching biasanya digunakan untuk memasak sayuran supaya kandungan gizinya tetap terjaga

teknik memasak blancing

blanching | credit: Commons Wikimedia

Blanching merupakan salah satu teknik memasak basah yang paling mirip dengan merebus biasa. Bedanya, pada teknik memasak blancing makanan hanya direbus dengan waktu yang singkat. Blanching juga bisa dilakukan dengan cara mencelupkan makanan pada air yang sudah mendidih. Cukup beberapa saat, kemudian diangkat tanpa menunggu lunak. Teknik blanching biasanya digunakan untuk memasak sayuran, mi basah, dan olahan daging seperti bakso atau sosis.

7. Poaching merupakan teknik memasak dengan cara merebus pada api kecil dan suhu yang rendah

teknik memasak poaching

poaching | credit: Commons Wikimedia

Teknik poaching juga masuk dalam teknik memasak basah alias menggunakan air. Namun, poaching tetap berbeda dengan merebus pada umumnya. Teknik memasak dengan api kecil ini bertujuan untuk menjaga suhu air supaya nggak sampai pada titik didih. Poaching hanya perlu suhu sekitar 80 derajat Celcius untuk menghasilkan masakan yang lembut. Biasanya teknik ini digunakan untuk memasak ikan, telur, dan buah.

8. Teknik braising hampir mirip dengan merebus atau boiling, hanya saja braising menggunakan sedikit air mendidih

teknik memasak braising

braising | wr7films@yaho.com/DepositPhotos

Teknik memasak braising biasanya digunakan untuk mengolah daging. Teknik ini seperti merebus pada umumnya, tapi hanya menggunakan sedikit air. Makanan akan dimasukkan ke dalam panci ketika air sudah mendidih, kemudian ditutup rapat untuk mengurangi penguapan. Daging yang diolah dengan teknik ini harus diolah terlebih dahulu supaya bumbu bisa cepat meresap sebelum air perebusan habis.

Nah, itulah istilah-istilah dalam teknik memasak yang harus kamu pahami karena sering bikin gagal paham. Apalagi nama dan tekniknya pun hampir mirip-mirip. Yuk, belajar lagi biar teknik memasakmu bisa naik kelas!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE