Ngomongin soal cemilan khas Sunda memang selalu menarik. Sunda terkenal dengan berbagai macam kulinernya yang pasti membuat para pecinta makanan ketagihan. Tentu kamu sudah pernah mendengar istilah cimol, cireng, atau seblak ‘kan?

Selain cita rasa yang unik, rasa pedas adalah salah satu ciri dari camilan-camilan khas Sunda ini. Dan kabar gembiranya, ternyata camilan-camilan ini gampang lho dibuatnya. Nggak percaya? Ini nih Hipwee mau kasih resep-resepnya buat kamu!

1. Si bulat kecil ini emang paling pas buat camilan saat santai. Cimol dengan bumbu balado yang gurih dan pedas bisa lho kamu bikin sendiri!

cimol asli Sunda via katalogwisata.com

Kalau kamu malas pergi keluar buat jajan Cimol ini, kamu bisa buat sendiri, kok. Ini bahan-bahan yang akan kamu butuhkan :

  • 120 gram tepung sagu
  • 2 sendok tepung terigu
  • 2 sendok tepung beras
  • 1 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • 1 sachet cabe & balado bubuk
  • air secukupnya
Advertisement

Ini cara membuatnya :

  • rebus air bersama bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • campur tepung sagu, terigu, tepung beras dan garam.
  • tuang air rebusan (sampai mendidih) ke adonan tepung. Aduk hingga kalis.
  • bulatkan adonan dengan tangan, taruh di wajan yang berisi minyak dingin. Jika sudah, masak hingga kecoklatan.
  • tunggu dingin, tabur dengan bumbu balado dan cabe bubuk sesuai selera.

Nah, gimana? Mudah ‘kan?

2. Cireng khas Sunda sudah populer karena rasanya yang gurih, kenyal, dan pedasnya bikin nagih. Gak usah jajan, siapkan bahan dan segera dicoba resepnya.

cireng bumbu rujak via www.galamedianews.com

Siapa yang tidak kenal makanan yang ramah di kantong ini? Makanan yang super lezat asli Sunda ini banyak diburu karena selain murah, ia juga cocok menemani sore cerahmu sambil minum teh hangat. Pelajari cara membuatnya di sini, ya!

3. Bagi kamu para penyuka pedas, manjakan lidahmu dengan seblak kering pedas dari bahan makaroni ini.

makaroni pedas favorit via kreasimasakan22.blogspot.com

Nggak perlu ribet dan butuh banyak bahan, kamu bisa membuat makaroni kering pedas ini dengan cara-cara mudah di sini.

4. Ngaku pecinta makanan-makanan super pedas? Buat dan cicipi sensasi seblak kerupuk kering yang kamu buat di dapur sendiri!

pedesnya endeussss via sukahatisnack.com

Nikmati sensasi pedas seblak kerupuk kering ini dengan takaran cabai sesukamu, ya! Yuk siapkan bahan-bahannya :

  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ons kerupuk bawang
  • cabai rawit, sesuai selera
  • kencur secukupnya
  • peneydap rasa secukupnya
  • minyak goreng

Cara membuatnya :

  • haluskan bawang, cabai dan kencur.
  • panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum.
  • masukkan kerupuk, aduk sampai mengembang (jangan sampai gosong).
  • taburkan bumbu penyedap rasa dan aduk sampai rata, tiriskan.
  • simpan kerupuk di tempat kedap udara supaya tidak melempem.
  • siap disajikan.

Paling enak sih kalau langsung dihidangkan dan disantap, jangan sampai dingin ya…

5. Selain seblak kering, seblak basah yang rasanya gurih dan lezat pun nggak mustahil bisa diracik dengan tanganmu.

seblak kerupuk basah via infobdg.com

Ternyata nggak susah, lho untuk membuat seblak kerupuk basah sendiri. Kamu cukup menyediakan :

  • 10 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe rawit hijau
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • bawang daun, merica dan garam secukupnya
  • 1 lembar daun jeruk yang diiris tipis
  • penyedap rasa secukupnya
  • 1 butir telur
  • 100 gram kerupuk mentah warna-warni atau makaroni

Ini cara mudah memasaknya :

  • seduh kerupuk atau makaroni dengan air panas sebentar, angkat lalu olesi minyak goreng agar tidak lengket.
  • haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit dan kencur.
  • masukan bumbu halus, lalu goreng sampai wangi.
  • masukkan telur, kerupuk dan aduk sampai rata.
  • beri air setengah gelas lalu masukkan bumbu yang lainnya (merica, garam, penyedap rasa, daun jeruk, daun bawang dan aduk hingga rata.
  • siap dihidangkan selagi panas.

Seblak kerupuk basah ini siap disajikan saat malam hari atau saat musim hujan. Hmmm… nikin ngiler!

6. Nikmati juga seblak basah dengan sensasi berbeda. Tambahkan ceker ayam sebagai pelengkapnya.

seblak ceker basah via momylicious.com

Sama seperti seblak kerupuk basah tadi, simak resep seblak ceker yang dijamin bikin kamu ketagihan di sini!

7. Kembali ke masa kecil yang bahagia. Membuat dan menikmati cilok bikinan sendiri bareng teman dan keluarga pastinya lebih seru, ya!

cilok khas sunda via katalogwisata.com

Cilok identik dengan cemilan masa kecil kita. Biasa dijual di sekolah-sekolah, ternyata kamu bisa juga membuatnya sendiri di rumah. Ini nih bahan-bahannya :

Untuk ciloknya :

  • 500 gram tepung tapioka
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan garam, daun bawang

Untuk isiannya :

  • daging sapi
  • bakso
  • sosis
  • ayam cincang
  • atau sesuai selera

Untuk bumbunya :

  • cabai merah pedas
  • gula putih
  • bawang putih
  • merica secukupnya

Ini cara membuatnya :

  • Siapka air panas yang mendidih kemudian tuangkan sedikit demi sedikit di atas tepung tapioka yang sudah diaduk dengan merica, ulekan bawang putih, garam dan irisan daun bawang.
  • aduk sampai kalis (tak lengket) kemudian taburi tepung terigu setelah adonan siap cetak (bulat) dengan isian sosis, bakso, jando sapi, ayam cincang atau sesuai selera tadi.
  • didihkan air, masukkan cilok yang sudah siap. Setelah mengambang, angkat dan kukus selama 15 menit.
  • ulek cabe merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukan ayam cincang (sisihkan dari yang tadi). Beri gula, air dan garam secukupnya.
  • cilok siap dihidangkan.

Wuih…ternyata nggak sulit ‘kan membuat camilan lezat nan unik dari Sunda ini? Langsung siapin bahan-bahannya, dan kamu bisa segera mencoba resepnya! 🙂