Cokelat mah biasa!

Momen Valentine segera tiba. Di Hari Kasih Sayang ini pasti banyak tempat berlomba menghias diri dengan nuansa merah muda dan bertaburan bentuk hati. Cokelat pun menjadi semakin laris di pasaran. Sebab Momen Valentine ini seakan punya aturan tak tertulis untuk saling memberikan cokelat sebagai bentuk kasih sayang. Tapi kalau hanya sebatang cokelat yang dibungkus saja, udah terlalu mainstream ya? Apalagi kalau cokelatnya cokelat pasaran yang tinggal beli. Rasanya kurang aja jika diberikan ke orang-orang tersayang.

Untukmu yang ingin merayakan momen merah muda ini dengan orang-orang tersayang tapi nggak mau terlihat biasa, nih cobain 8 camilan ini. Simple tapi nggak kalah istimewa dari sebatang cokelat yang biasa. Boleh lho sembari dicatat, siapa tahu bisa jadi ide bisnis barumu.

1. Sate pisang cokelat, modal pisang yang dibekukan dan lelehan cokelat, camilan ini langsung bisa dibuat

Enak nggak sih keliatannya? via bakedbree.com

Advertisement

Tahun 2018 ini, makanan serba pisang masih menjadi tren di masyarakat. Mulai dari pisang goreng biasa hingga yang udah dimodifikasi, semua pasti punya pasarannya sendiri-sendiri. Nah di momen Valentine ini, ada satu camilan berbahan dari pisang yang dijamin laris di pasaran. Namanya sate pisang cokelat. Buat kamu yang ingin nyoba, nih resepnya:

Bahan:

  1. Pisang yang dibekukan
  2. Cokelat batang yang dilelehkan
  3. Sprinkle warna-warni
  4. Tusuk sate
Advertisement

Cara membuat: Tusuk pisang yang udah dibekukan. Lalu celupkan pada cokelat leleh dan terakhir taburi sprinkle warna-warni. Jadi deh.

2. Hotang manis ala Korea. Makanan hits ini juga bakalan laris manis di hari kasih sayang nanti

Hotang manis ala Korea via foodnessgracious.com

Kamu yang suka drama Korea pasti tahu nama camilan yang satu ini. Hotang atau hotdog kentang, merupakan makanan kekinian yang lagi ngehits di kalangan anak muda. Nah untuk menyambut Valentine, kenapa nggak buat hotang manis aja? Bedanya dengan yang original, hotang manis yang satu ini nggak menggunakan bahan kentang sama sekai. Rasanya dijamin nggak kalah dari hotang yang original.

Bahan:

  1. Keju mozarella, iris memanjang
  2. 100 gram tepung terigu + 50 gram tepung maizena
  3. 1 sdt baking powder
  4. 1 butir telur + susu (kocok dahulu)
  5. Garam secukupnya
  6. Gula halus untuk taburan
  7. Tusuk sate

Cara membuat:

  1. Potong keju memanjang lalu tusuk dengan tusuk sate. Sisihkan
  2. Campurkan semua bahan-bahan. Diamkan sebentar sampai mengembang
  3. Celupkan keju yang sudah ditusuk lalu goreng hingga keemasan
  4. Taburi bagian atas hotang dengan gula halus

3. Cookies Toblerone, cookies homemade yang manisnya pas dan nggak bikin naik gula darah

Biskuit Toblerone via laythetable.com

Valentine memang identik dengan yang manis-manis. Kalau kamu nggak mau ngasih yang tersayang cokelat biasa, coba deh kasih Toblerone aja. Cookies ini nggak hanya enak tapi juga nggak terlalu manis. Jadi bisa dinikmati siapa aja, termasuk anak-anak bahkan orang tua. Nih daftar apa aja yang perlu kamu siapkan!

Bahan:

  1. 1 bar cokelat Toblerone, iris kasar
  2. 75 gram mentega + 1 butir telur (dikocok dahulu)
  3. 1 sdt essens vanilla
  4. 100 gram tepung terigu tinggi protein

Cara membuat:

  1. Campurkan bahan-bahan tersebut sampai membentuk adonan yang kalis
  2. Bentuk bulat-bulat dan tempatkan pada loyang yang dilapisi mentega
  3. Masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 10 menit. Udah deh, Toblerone cookies-mu siap dinikmati!

4. Minnie Moureo, gabungan biskuit hitam Oreo dengan lelehan cokelat merah muda dan sprinkle warna-warni

Lucu, jadi sayang kalau dimakan :’) via food-hacks.wonderhowto.com

Selain cokelat, Valentine juga bisa dimeriahkan dengan olahan Oreo. Biar nggak hanya digoreng atau hanya dijadikan toping, mending bikin Minnie Moureo ini. Olahan Oreo dengan tampilan mirip Minnie Mouse yang lucunya kebangetan ini. Buat kamu yang ingin buat camilan ini, catat dulu bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan:

  1. Biskuit Oreo original
  2. Biskuit Oreo mini cup
  3. Cokelat putih leleh
  4. Pewarna makanan merah

Cara membuat:

  1. Campurkan sedikit warna merah pada cokelat putih leleh sampai menjadi merah muda
  2. Ambil biscuit Oreo mini dan jepit pada biscuit Oreo original
  3. Celupkan biscuit Oreo tersebut
  4. Hias bagian cokelat leleh merah muda dengan cokelat putih sehingga membentuk pola baju Minnie Mouse
  5. Udah deh, Minni Moureo siap dinikmati berdua

5. Frozen kiwi yang dibalut cokelat. Rasanya asem-asem manis gimana gitu~

Asem-asem manis gitu rasanya~ via www.pinterest.co.uk

Selain pisang, ada lagi lho buah yang cocok untuk camilan saat Valentine nanti. Yuk coba buat frozen kiwi ini. Saking mudah buatnya, dengan mata tertutup pun bisa!

Bahan:

  1. Buah kiwi, kupas.
  2. Cokelat leleh
  3. Stik es krim

Cara membuat:

  1. Potong buah kiwi bulat-bulat dan agak tebal
  2. Tusuk dengsn stik es krim. Simpan beberapa saat di freezer
  3. Setelah beku, celupkan kiwi pada cokelat leleh. Jadi deh~

6. Pink popcorn, camilan yang cukup mudah dibuat. Cukup modal biji jagung berondong, mentega dan bubuk strawberry aja

Kurang afdol kalau Valentine tanpa warna pink via weheartit.com

Kurang afdol ya kalau makanannya nggak berwarna pink di momen Valentine ini. Biar makin semarak, coba deh buat pink popcorn yang meriah di mata tapi rasanya tetap juara. Cara bikinnya mudah lagi. Cus dicoba!

Bahan:

  1. Biji jagung berondong instan
  2. Mentega
  3. Bubuk strawberry secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan mentega hingga meleleh semua
  2. Masukkan biji jagung berondong, lalu tutup penggorengan.
  3. Tunggu sampai meletup semua. Lalu campurkan bubuk strawberry hingga merata

7. Dried strawberry. Meski belum tenar di Indonesia, tapi camilan yang satu ini sudah jadi primadona di beberapa negara

Hasilnya semacam keripik strawberry via thepaddingtonfoodie.com

Strawberry kering ini juga lucu lho untuk camilanmu dalam menyambut Hari Valentine nanti. Meski belum tenar di Indonesia, tapi camilan ini udah jadi primadona di berbagai negara. Rasanya yang asem-asem manis itu bakalan bikin suasana Valentinemu dan dia makin berwarna. Buat kamu yang ingin membuatnya, gampang banget. Nih caranya!

Bahan:

  1. Strawberry yang udah dicuci bersih, jumlahnya sesuai selera
  2. Kertas bolu kukus

Cara membuat:

  1. Potong strawberry menjadi dua bagian. Jangan lupa buang bagian daunnya ya
  2. Masukkan ke dalam Loyang yang sudah dilapisi kertas bolu kukus.
  3. Panaskan oven, lalu masukkan potongan strawberry.
  4. Panggang hingga benar-benar kering semua bagiannya.

Siapa bilang Valentine hanya bisa dirayakan dengan sebatang cokelat? Malahan sudah terlalu biasa kalau hanya cokelat yang diberikan ke pasangan. Semoga kumpulan camilan ini bisa menambah inspirasimu saat akan merayakan Valentine dengan orang-orang terkasih nanti ya? Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya