Datang kondangan nggak boleh asal-asalan. Sebagai tamu yang diundang, ada etika-etika yang seharusnya kamu terapkan biar nggak malu-maluin. Sayangnya, etika kondangan tersebut seringkali dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Padahal, nggak ada salahnya dilakukan untuk menyenangkan yang punya hajat, lho.

Kalau biasanya kamu mengedepankan pakai baju “yang penting rapi”, coba sekarang diubah. Toh, kenakan baju sesuai tema pesta pasti bakal berkesan bagi diri sendiri. Selain untuk menyenangkan yang punya hajat, kamu jadi terlihat beda dari yang lain dan bakal eksis saking kerennya. Untuk itu, simak 7 etika kondangan berikut ini biar kamu nggak malu-maluin dan bisa eksis.

1. Berdandanlah sesuai tema. Mulai dari baju sampai aksesoris nggak ada salahnya kamu pakai yang cocok dengan acara

pakai baju sesuai tema via www.instagram.com

Advertisement

Meriahnya suatu kondangan bukan cuma dilihat dari pengantin dan panitia yang serba seragaman, tapi juga penampilan para tamu. Makanya kamu dari sekarang coba pilih-pilih baju yang sesuai tema. Lumayan, lho, kalau ternyata kamu memang punya baju yang warnanya nyambung dengan tema, lalu kamu gunakan. Bukan sekadar meriahkan suasana pesta, tapi kamu juga bisa eksis selama acara.

2. Meski penampilan mencoba sesuai tema acara, dandannya jangan mengalahkan pengantin ya :)))

jangan ngalahin pengantinnya :)) via www.instagram.com

Hal satu ini sering banget banyak yang melanggar. Mentang-mentang hadir ke pesta pernikahan, nggak berarti juga harus heboh kayak pengantinnya. Bukannya datang ke acara menyenangkan untuk yang punya hajat, eh malah mengalahkan penampilan mereka.

3. Jangan pelit berikan hadiah untuk pengantin. Tapi, wajib pikirkan dulu seberapa dekat hubungan kamu dengan pengantin atau keluarganya

jangan pelit berikan kado via spiritualityhealth.com

Jangan utamakan gengsi saat memberi hadiah ke pengantin. Wajarnya yaitu kamu berikan hadiah semampumu – entah itu berupa amplop atau berupa barang. Kalau hubungan kamu dengan yang punya hajat memang dekat, hadiah berupa barang tentu lebih berkesan. Kamu boleh tanyakan ke pegantin ingin dikadokan apa. Namun untuk menjaga keuanganmu, ada baiknya berikan opsi kepada pengantin atau keluarga saat menanyakan. Semisal “mau dikadoin seprai atau blender?” biar budget-mu nggak kemahalan.

4. Tamu yang diingat adalah yang datang tepat waktu atau beberapa menit sebelum acara dimulai, lho

jangan sampai telat via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Sesekali kamu coba bayangkan kalau dirimu menjadi si pengantin atau keluarganya. Tentu saja melihat para tamu yang sudah datang sebelum acara dimulai menjadi hal yang menyenangkan. Karena dengan begitu kamu bakal merasa dihargai sebagai yang punya acara. Prosesi pernikahan tentu lebih syahdu ketika para tamu sudah banyak yang datang untuk melihatnya. Inilah salah satu momen yang sangat disenangi pengantin maupun keluarga yang bersangkutan.

5. Jangan lupa isi buku tamu. Karena banyaknya tamu yang hadir mewajibkanmu isi buku tamu dengan lengkap ya

isi buku tamu via www.henheaven.co.uk

Isi buku tamu itu nggak boleh terlupakan. Karena banyaknya tamu yang hadir bikin pemilik acara nggak hapal siapa saja, lho. Terutama kalau nama kamu dengan yang lain ada yang sama, maka kamu harus isi identitas secara lengkap ya.

6. Hari gini bawa +1? Ya nggak apa-apa asalkan sudah bilang ke yang punya hajat

kalau bisa datang sendiri, kenapa nggak? via www.vogue.com.au

Satu hal yang pasti kamu nggak boleh lupakan yaitu nggak boleh sembrangan bawa partner. Kalau memang diundangan tertulis kamu doang, ya kamu saja yang datang. Atau kalau kamu pengen ada pendampingnya, coba tanyakan dulu ke yang mengundang boleh atau tidak. Karena biasanya makanan dan minuman saat acara sudah disesuaikan dengan jumlah tamu undangan yang tertera.

7. Bawa pulang souvernir atau hasil foto photobooth saja. Jangan yang lain-lainnya juga kamu bawa pulang :)))

Ini nih yang sering dilakukan masyarakat di mana-mana. Siapkan plastik untuk bungkus makanan secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi bawa pulang kue pakai tisu. Kalau ketahuan sama tamu lain atau panitia acara, apa kamu nggak malu? Awas kalau ntar kedatanganmu malah jadi malu-maluin, bukannya eksis.

Dengan mengetahui 7 etika ke kondangan tadi, kamu jadi lebih tahu gimana bertingkah yang baik selama hadir di acara pernikahan. Nah, coba terapkan dari sekarang ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya