Berjalan dengan kaki yang tampak jenjang membuat kamu merasa lebih percaya diri. Karena itu, kamu menggunakan high heels hampir setiap hari. Kebiasaan sekaligus kegemaran ini sering juga membuat kamu mengabaikan rasa sakit di tumit, pergelangan hingga betis.

Ada dari kamu yang beranggapan rasa sakit itu nantinya akan hilang dengan sendirinya, lalu kamu akan kembali lagi menggunakan heels favoritemu. Tapi, ada juga dari kamu yang hampr putus asa merasakan kaki yang rasanya seperti akan rontok-saking capai dan sakitnya.

Nah, khusus buat kamu yang suka heels tapi nggak suka rasa sakitnya… tenang! Hipwee punya beberapa latihan yang bisa kamu praktikkan. Cobain yuk!

1. Coba deh Ayunkan tungkai kaki, mulai dari tumit hingga dengkul dengan posisi membungkuk sebanyak 10 kali di masing-masing kaki

rocking down dog via www.womenshealthmag.com

Awali latihan dengan membungkukkan tubuhmu hingga membentuk huruf “v”. Pastikan kaki dan tangan kamu lurus. Baru setelah itu, kamu mengayunkan tumit kaki kanan dan kiri hingga lututmu hampir menyentuh lantai secara bergantian sampai 10 kali di masing-masing kaki. Tujuannya agar otot di tumit hingga lututmu mengendur perlahan.

2. Peregangan betis dengan posisi tubuh menghadap dinding. Agar keram nggak tiba-tiba menyerang betis kamu, saat menggunakan heels dalam waktu yang cukup lama.

Advertisement

calf stretch via www.womenshealthmag.com

Selain telapak dan pergelangan kaki yang terasa pegal, betismu pun punya risiko mengalami keram. Karena, betismu harus menahan berat badan dengan posisi yang lebih pendek dari pergelangan kaki yang meninggi oleh heels. Dan, peregangan di urutan kedua ini membantu betismu sedikit rileks.

Pertama-tama, kamu berdiri menghadap tembok dan letakkan juga tangamu di tembok sebagai penahan tubuh. Lalu, kaki kanan dan kirimu bergantian melangkah sambil menekankan lutut ke arah dinding dalam beberapa detik. Saat menekan lutut, pastikan peregangan pada betis benar-benar kamu rasakan.

3. Menahan betis dengan gulungan busa, lalu mengangakat pinggulmu perlahan dan menahannya beberap detik.

Pertama-tama, kamu harus menyediakan gulungan busa cukup keras yang bisa menyanggah berat tubuhmu. Setelah itu, kamu duduk di lantai dengan kaki lurus dengan posisi tangan berada di belakang untuk menyanggah tubuh. Tempatkan gulungan busa di bawah pergelangan yang posisi kaki kanan dan kiri saling menyilang. Angkat pinggul anda beberapa inci dari lantai, tahan selama beberapa detik. Lalu turun dan naikan pinggul perlahan-lahan dan ulang gerakan seperti itu hingga beberapa kali dengan jeda 2 menit di setiap gerakan.

4. Menggunakan bola golf untuk menahan satu persatu kaki kamu, agar otot-otot di telapak kakimu lebih rileks

Di antara bagian kakimu yang lain, telapak kakimu lah yang paling tersiksa saat kamu menggunakan heels. Karena itu, kamu nggak boleh melewatkan gerakan ringan ini. kelihatannya sih sepele, kakimu hanya bergulir di atas sebuah bola golf, gerakan ini ternyata ampuh membuat pegal di telapak kakimu hilang perlahan-lahan.

Kamu cukup ambil sebuah bola golf. Lalu pastikan kamu berdiri di samping dinding untuk menjaga keseimbangan. Tempatkan bola di bawah telapak kaki, dan mulai lah menggulirkan kak di atas bola dengan gerakan maju-mundur. Fokuskan pada lengkungan telapak, jangan lupa juga kontrol intensitas dengan menggeser berat badan anda. Ulang gerakan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri dengan jeda satu menit setiap gerakan.

5. Berdiri dan berjalan dengan heels mengharuskan pergelangan kaki lebih kuat sebagai tumpuan. Karena itu gerakan memutar bagian ankle kaki ini wajib kamu lakukan

Pergelangan kakimu berperan penting untuk aktivitas seperti berdiri dan berjalan. Terlebih saat kamu memakai heels, pergelangan kakimu akan bekerja menumpu dua kali lebih berat dari biasanya. Mengingat, kamu yang menggunakan heels juga sering mengalami cidera seperti keseleo di bagian ankle.

Nah, latihan kali ini membantu kamu meminimalkan cidera keseleo, girl. Caranya mudah, kamu cukup berdiri tegak. Lalu angkat lutut kanan hingga sejajar dengan pinggul. Tahan pahamu dengan menggunakan tangan, dan perlahan-lahan gerakan ankle kakimu memutar dengan banyak putaran lima di setiap kaki.

6. Berbaring dengan menekuk kedua kaki, lalu perlahan mengangkat pinggul. Gerakan ini pantu otot paha hingga pinggul kamu lebih kencang.

Latihan ini nggak cuma untuk merenggangkan dan menguatkan otot-otot kakimu, tapi juga bantu mengencangkan paha dan pinggul kamu. Yuk, dimulai dengan berbaring terlentang di atas lantai. Tekuk lutut kamu hingga membentuk huruf “V”. Angkat pinggul kamu sampai membentuk garis lurus dari lutut ke dada Anda. Tahan hingga beberapa detik lalu kembali ke posisis awal. Ulangi gerakan seperti ini hingga 20 kali.

7. Karena memakai heels butuh keseimbangan. Latihan terakhir ini, bantu kamu menjaga keseimbangan dengan berdiri di satu kaki dan perlahan mengangkat kaki satunya hingga sejajar dengan tubuhmu

Kamu semua pasti sudah tahu kan, kalau memakai heels juga menguji keseimbangan tubuhmu. Jangan sampai saat sedang berjalan, tiba-tiba kamu terpelencok karena tubuhmu tak seimbang. Duh, itu rasanya udah pasti sakit, karena biasanya pergelangan kaki atau angklemu akan terkilir.

Latihan di bagian terakhir ini, bantu kamu menjaga keseimbangan. Caranya, kedua tanganmu memegang dumbbell. Lalu, angkat salah satu kakimu perlahan, luruskan hingga tubuh dan kakimu sejajar tahan hingga satu menit. Lakukan gerakan yang sama pada kakimu yang satunya lagi, dan ulang gerakan sebanyak 10 kali untuk setiap kaki.

Memakai heels akan jadi lebih menyenangkan, kalau kamu rutin melakukan latihan perenggangan ini setiap minggunya. selamat di coba ya, girls.