Artikel ini dipersembahkan oleh Huawei P8. Ponsel pertama yang kualitas kameranya setara kamera DSLR ternama.

Hasil foto yang apik, sekarang jadi andalan kamu untuk meningkatkan eksistensi di media sosial. Mulai dari update cerita, membuatnya menjadi profile picture. sampai curhat colongan melalui posting quotes. Kita bahkan rela jauh-jauh hunting foto demi mendapatkan angle yang pas dan hasil foto yang keren untuk posting di media sosial.

Dengan perkembangan ponsel yang kian sophisticated, sekarang kamera smartphone tak layak dipandang sebelah mata lagi.Teknologi kameranya tak kalah canggih dari kamera DSLR, lho. Nah, supaya kamu bisa membuat foto keren ala kamera DSLR, coba ikuti trik dari Hipwee dan Huawei P8 berikut ini!

1. Pakai sunglasses sebagai pengganti polarizer. Hasil fotomu akan bikin pengguna DSLR minder

Sunglasses bisa kamu gunakan jadi pengganti polarizer

Sunglasses bisa kamu gunakan jadi pengganti polarizer via www.diyphotography.net

Menggunakan polarizer di kamera DSLR bisa jadi cara paling mudah untuk mendapatkan gradien warna yang sempurna. Tapi sayang, hampir mustahil bisa menemukan filter polarizing untuk kamera ponselmu. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mendapatkannya.

Menggunakan kacamata hitam (yang lebih baik berwarna kecokelatan) bisa jadi solusinya. Letakkan kacamata di depan kameramu, lalu arahkan ke objek yang ingin difoto. Hasilnya cara ini bisa menimbulkan efek yang hampir serupa dengan filter polarizer yang bisa dipasang di kamera DSLR.

2.Buat efek warna vintage dengan karton kardus yang sudah dilubangi. Kamu gak perlu editan lagi

Efek oldschool hanya dari karton yang dilubangi

Efek oldschool hanya dari karton yang dilubangi via www.diyphotography.net

Sering kagum dengan foto vintage ala-ala yang berseliweran di dunia maya? Merasa kalau kamera yang digunakan harus bagus atau mesti jago mengedit agar dapat hasil serupa? Padahal sebenarnya cara mendapatkannya mudah saja, lho.

  • Ciptakan lubang di karton kardus yang cukup besar untuk memotret objek yang diinginkan.
  • Letakkan ponselmu di balik karton kardus itu.
  • Posisikan kamera smartphone di balik kardus, lalu ambil foto objeknya
  • Voila! Foto ala vintage tercipta tanpa banyak usaha

3.Kertas karbon membantumu mendapatkan jepretan ala high key shoot. Bahkan tanpa perlu atur eksposure lagi

High key shot bisa diapat lewat kertas karbon nan pekat

High key shot bisa diapat lewat kertas karbon nan pekat via www.diyphotography.net

Metode high key shoot banyak digunakan untuk mengeluarkan fokus dari objek foto dengan menggunakan kontras dan pencahayaan yang tinggi. Namun sebenarnya ada hacks sederhana yang bisa digunakan supaya ponselmu tetap bisa menghasilkan efek fotografi ini.

Sebelum memotret, arahkan dulu lensamu ke karton karbon yang pekat. Dengan cara ini eksposure kameramu akan bekerja untuk ‘mengunci’ cahaya. High key shoot ala fotografer profesional pun bisa tercipta.

4. Light painting photography tanpa kamera DSLR? Bisaaaa

Light painting photography tanpa kamera DSLR? Bisaaa

Light painting photography tanpa kamera DSLR? Bisaaa via tumblr.com

Menjepret cahaya bergerak jadi ciri khas dari kamera DSLR. Dengan mengatur shutter, apperture, dan ISO gerakan cahaya dapat ditangkap oleh kameramu. Bahkan tak jarang orang-orang menciptakan bentuk atau ucapan dari situ.

Di pasaran, masih sangat sedikit ponsel yang punya kemampuan light painting photography. Huawei P8 jadi satu-satunya yang memiliki teknik fotografi ini. Dengan menggunakan smartphone ini kerepotan mengatur ISO danshutter speed tidak perlu dirasakan lagi. Fitur light painting Huawei P8 memudahkanmu untuk langsung berkreasi.

5.Drone yang hip nan mahal itu ada penggantinya. Percayakah kamu kalau balon helium bisa melakukan hal serupa?

Balon helium bisa menggantikan porsi drone yang mahal harganya

Balon helium bisa menggantikan porsi drone yang mahal harganya via www.diyphotography.net

Efek drone photography banyak membuat pengguna DSLR keranjingan. Wajar saja sih, kesan dramatis yang dihasilkan dari memotret lewat ketinggian memang tak bisa dikalahkan. Tapi sayang, harga drone tidak cukup bersahabat buat kantung orang kebanyakan. Menyewa pun masih terasa memberatkan.

Lewat sedikit kreativitas dan keberanian, efek yang serupa bisa didapatkan dengan memanfaatkan balon helium. Gunakan setidaknya 3 balon helium – buat rig sebagai tempat meletakkan ponsel agar seimbang – attach rig pada balon dengan menggunakan senar layangan. Video selengkapnya soal meletakkan ponsel di balon helium bisa kamu cek di sini.

Jika ingin menjajal cara ini, kamera ponsel dengan sistem remote akan sangat membantu. Seperti fitur Directors Mode macam yang dipunya Huawei P8 ini, yang memungkinkanmu untuk mengendalikan pengambilan gambar dari smartphone Huawei lainnya. Jadi, kamu pun bisa tetap memantau perekaman gambar sesuai dengan angleyang diinginkan.

6.Kamera Smartphone dengan Sensor RGBW ala DSLR layak kamu pilih untuk dimiliki

Lighting menentukan prestasi (Kredit:@lucedaleco)

Lighting menentukan prestasi (Kredit:@lucedaleco) via instagram.com

Ligting apik amat menentukan kualitas foto. Untuk itu, disarankan kamu memilih kamera smartphone yang memiliki sensor RGBW ala DSLR. Fitur ini membuat foto jadi tampak lebih cerah, bahkan saat foto diambil dalam kondisi pencahayaan yang kurang. Jadi, untuk mendapatkan foto dengan color noise yang rendah lighting inilah cara mudahnya.

Jika kamu menginginkan hasil foto yang setara dengan kamera DSLR, Huawei P8 layak kamu jadikan opsinya. Ponsel ini jadi satu-satunya ponsel di dunia yang memiliki fitur RGBW yang dibenamkan pada kamera profesional. Dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP, Huawei P8 dapat menghasilkan foto dengan warna yang tajam di berbagai kondisi pencahayaan.

7.Mau frame foto yang berseni? Gunakan kertas polaroid yang dipotong dengan kreasi sendiri

Tanpa proses edit berbelit frame apik bisa diciptakan sendiri

Tanpa proses edit berbelit frame apik bisa diciptakan sendiri via www.diyphotography.net

Kenapa harus repot mengedit frame via aplikasi kalau sebenarnya ada cara untuk menciptakan foto di kamera ponsel yang lebih berseni? Gunting kertas foto polaroid sesuai ukuran yang kamu inginkan, letakkan di depan objek yang kamu ingin ambil. Jadi deh frame buatan sendiri yang bisa dihasilkan tanpa editan sama sekali.

Dengan sedikit kreativitas dan usaha foto ala kamera DSLR bisa didapat dari ponsel yang kamu miliki. Semoga 7 tips yang Hipwee dan Huawei P8 beri ini menginspirasi ya. Hasil-hasil jepretan Huawei P8 yang menakjubkan bisa dilihat di sini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya