Dengan suhu yang sering bikin tubuh berkeringat, mandi menjadi rutinitas wajib. Ibaratnya kalau skip mandi sehari saja, kamu bakal risih lantaran kulit terasa lengket dan sangat kotor. Pun demikian dengan rutinitas mencuci wajah dan menyikat gigi tiap malam sebelum tidur. Tapi, aktivitas bersih-bersih tubuh itu kenyataannya belum jadi jaminan terbebas dari hal jorok lainnya yang muncul saat bangun tidur, lo ~

Nggak percaya? Salah satunya aroma napas di pagi hari. Hal ini merupakan indikator bahwa di malam sebelumnya kamu kurang bersih menyikat gigi. Lalu bagaimana caranya supaya meminimalisir kesan jorok saat kamu bangun tidur? Begini ulasannya:

1. Hawa napas di pagi hari selalu kurang mengenakkan, walau sudah sikat gigi dan kumur-kumur dulu sebelum tidur?

hawa napas tidak sedap di pagi hari via curiosity.com

Advertisement

Pernah heran kenapa hawa napas tetap nggak enak, padahal sudah rajin sikat gigi dan kumur-kumur sebelum tidur? Hal ini tidak bisa dihilangkan karena saat tidur, ribuan bakteri yang bersembunyi di plak gigi menciptakan asam berbahaya. Asam ini dapat merusak gigi dan gusi, serta menyebabkan napas bau. Makanya, kamu harus tetap jaga kebersihan gigi agar hawa napas tidak semakin bau.

2. Mulut kering dan bibir seperti berkerak. Tanda kalau kamu harus segera minum air mineral saat bangun di pagi hari

mulut dan bibir kering via www.rd.com

Mulut kering saat bangun terjadi lantaran ketika tidur, kita tidak menghasilkan banyak air liur. Pun demikian dengan bibir seperti berkerak yang muncul akibat air liur menumpuk di sudut mulut dan mulai memecah. Nah, buat kamu yang gemar kumur-kumur coba mulai gunakan obat kumur bebas alkohol karena bisa mengeringkan mulut. Dan tidak lupa selalu minum segelas air mineral ketika bangun tidur agar tidak memperparah keadaan.

3. Belum sah bangun tidur kalau nggak buang gas dan segera poop ~

harus poop dulu via www.newhealthadvisor.com

Sadar nggak kalau baru bangun tidur, perut terasa mules dan disertai pembuangan gas? Hal ini normal terjadi dan membuatmu tidak nyaman beraktivitas kalau belum poop dulu.

4. Mata bengkak saat bangun tidur suka bikin panik karena mata indahmu jadi nggak berbinar deh ~

mata bengkak via www.yellowpages.ca

Advertisement

Bangun dengan kondisi mata bengkak terjadi akibat cairan dalam tubuh berair di kulit dan di sekitar mata saat sedang tidur. Selain itu, mata bengkak juga muncul karena kelebihan alkohol dan sodium, kurang konsumsi air, dan sedang stres. Cara mengatasinya yaitu memercikkan air dingin ke wajah terlebih dahulu di pagi hari, lalu menepuknya dengan handuk, dan menekan secara perlahan pada sekitar mata  untuk mengurangi pembengkakan.

5. Jangan heran bau badan menjadi hal yang sangat kamu permasalahkan, sekalipun sudah rajin mandi

Mau serajin apapun kamu mandi dan gunakan produk perawaan mandi terbaik yang wangi sekali, tetap saja saat tidur akan bau badan juga. Hal ini terjadi karena tubuh memanfaatkan waktu tidur kamu sebagai proses detoksifikasi. Menghilangkan racun melalui keringat dan getah bening, sehingga bakteri pada kulit akan menciptakan bau tidak sedap. Selain menjaga kebersihan tubuh, kamu bisa bantu mengatasinya lewat banyak minum air mineral, dan konsumsi makanan sehat.

6. Yang sering banget diledek saat bangun tidur: “ih belekan” ~

belekan ~ via www.youtube.com

Belekan menjadi hal jorok yang sering diledek orang. Padahal, adanya belek ketika bangun tidur lumrah terjadi, lo. Karena air mata, lendir, dan sel-sel kulit mati dapat terbentuk di sepanjang kelopak mata. Makanya, kamu jangan sampai lupa cuci wajah di pagi hari biar terlihat fresh terus.

7. Urin berwarna pekat itu merupakan hal yang wajar ketika bangun tidur, walau sudah sebanyak apa pun kamu minum air mineral sebelum tidur

urinmu tetap pekat saat bangun tidur walau sudah minum banyak air mineral via abcnews.go.com

Rutin minum cukup air mineral sebelum tidur tidak menjadi jaminan urin berwarna jernih di pagi hari. Hal ini karena selama tidur berarti ginjal pun ikut beristirahat, sehingga urin pun akan terkonsentrasi. Maka dari itu, warnanya menjadi lebih pekat dan berbeda kondisinya ketika banyak minum air mineral saat masih beraktivitas karena produksi urin berwarna jernih.

Rajin membersihkan tubuh ternyata tidak menjadi jaminan di pagi hari terbebas dari hal-hal jorok. Karena ternyata, tubuh tetap kotor ketika bangun tidur. Yuk, rajin jaga kebersihan tubuh agar hal-hal jorok pada tubuh yang ada di pagi hari tidak semakin parah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya