Semua orang yang punya ponsel pintar pada dasarnya bisa membuat akun Instagram dan mengunggah foto-foto kesehariannya. Tapi nggak semua orang bisa ‘menghias’ unggahannya agar kelihatan menarik dan enak dikepoin. Tentu saja foto-foto unggahan bagus akan membuat siapa pun menikmati setiap unggahanmu dan memberikan like.

Meski mungkin follower-mu nggak sebanyak Awkarin atau Ria Ricis, setidaknya kamu bisa melakukan sesuatu yang berkelas dengan menhias unggahan-unggahan di instagrammu. Kali ini Hipwee Tips bakal memberikan inspirasi yang bisa kamu terapkan buat merapikan unggahanmu. Yuk jangan malas buat menghias sosmedmu sendiri biar kelihatan menarik!

1. Menyamakan tone warna. Jika suka nuansa monokrom atau hitam putih, kamu bisa menerapkannya di feed, kuncinya hanya perlu konsisten

Klasik dan menarik kan? via www.lisedesmet.com

Advertisement

Sebelum merapikan feed Instagram, kamu perlu memilih tema apa yang kamu suka dan ingin kamu terapkan. Misalnya kamu menyukai warna monokrom, maka edit fotomu dengan aplikasi yang ada di ponsel agar jadi hitam putih. Kamu juga bisa memilih tema objek unggahan, misalnya kamu ingin konsisten mengunggah foto makanan, foto pemandangan alam, bahkan foto wajahmu sendiri.

2. Membagi foto menjadi 3, 6, atau 9 bagian lalu unggah satu per satu. Tenang, ada aplikasi yang bisa membantumu memotong foto-fotomu kok

Kelihatan artsy dan keren. via www.idownloadblog.com

Kayaknya nggak asyik kalau nggak mencoba teknik instagram gridding. Itu lo, foto yang kamu unggah secara terpotong layaknya puzzle dan akan kelihatan jelas setelah kamu membuka halaman feed. Kamu bisa unduh aplikasi yang bakal membantumu menerapkan teknik ini. Misalnya 9square for Instagram, Grid Maker for Instagram atau PhotoSplit.

3. Konsisten dengan gradasi warna setiap tiga unggahan. Biar seragam dalam sebaris foto

Satu garis warna biru, satu garis ungu, bagus kan? via www.instagram.com

Kalau kamu nggak bisa konsisten dengan satu nuansa warna tapi tetap ingin feed Instagrammu rapi, kamu tetap bisa menyiasatinya kok. Berikan warna senada setiap tiga unggahan atau enam unggahan. Jadi, dalam satu baris foto di feed, nuansanya tetap seragam.

4. Memainkan efek dan edit foto dan berikan filter yang konsisten. Biar semua fotonya senada

Temanya sama banget kan? Bekat bantuan filter loh… via thepreviewapp.com

Advertisement

Kalau agaknya kamu sulit menakar warna yang senada di tiap unggahan, kamu bisa menggunakan filter yang sama setiap hendak mengunggah foto. Aplikasi Instagram sendiri  sudah memiliki fitur ini kok, jadi kamu tinggal menentukan mana yang kamu suka dan konsisten menggunakan filter itu selanjutnya.

5. Memberikan bingkai pada setiap unggahan, editnya super simpel kok. Sisa bagian putihnya bakal bikin manis

Feed instagram ala Audi Marissa. via thepreviewapp.com

Kamu perlu mengunduh aplikasi edit foto seperti No Crop atau Snapseed untuk membuat bingkai warna putih dalam foto. Kalau kamu pakai Snapseed, kamu bisa pakai fitur Expand dan mengatur bagian luar fotonya. Jangan lupa jadikan fotomu berukuran 1:1 atau segi empat sama sisi dulu ya, biar bingkainya berukuran sama di tiap unggahan.

6. Unggahan yang selang-seling juga bagus lo untuk membuat feedmu rapi. Pokoknya asal konsisten aja, pasti jadi bagus

Ini namanya rule of three, ada teks setiap tiga unggahan. via thepreviewapp.com

Biar followermu nggak bosan melihat foto yang itu-itu saja kamu bisa menyelingi unggahan dengan foto tulisan atau layar putih. Hasilnya bisa oke banget.

7. Warna pastel lagi mencuri perhatian belakangan ini. Kalau kamu ingin menugunggah karya foto kreatifmu, bisa banget nih jadi inspirasi

Lagi hits banget nih, sekalian melatih skill fotografi. via www.shopback.co.id

Nah, buat kamu yang suka iseng bikin karya fotografi, kamu bisa menjadikan feedmu sebagai media latihan. Warna pastel juga lagi ramai digunakan belakangan ini. Asal punya media atau bisa mengedit dengan baik, feedmu pasti jadi cantik.

[Bonus]

Kalau belum punya ide juga, coba deh konsisten mengunggah hal-hal unik. Seperti beberapa akun instagram berikut yang objek unggahannya beda dari pada yang lain 😀

Khusus mengunggah foto ikan teri. Siap!! via www.shopback.co.id

Meski kamu bukan influencer atau selebgram yang punya follower jutaan, nggak ada salahnya dong berkreasi di laman Instagrammu sendiri. Siapa tau habis ini banyak yang betah nontonin profilmu dan mengundang lebih banyak follower buat mengikutimu. Selebihnya, anggap saja Instagram sebagai media berkarya buat latihan kreatif. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya