Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Terbaik, Dijamin Besoknya Segar Bugar!

Masih suka merasa nggak segar setelah bangun tidur? Kalau iya, kamu pasti jadi lebih sulit untuk produktif sepanjang hari. Perasaan lelah yang nggak hilang-hilang bikin kamu mudah lupa, nggak fokus, dan gampang marah.

Supaya mood-mu baik seharian, kamu perlu tidur yang nyenyak di malam hari. Sayangnya, nggak semua orang bisa mendapatkan itu. Tenang, masih ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantumu tidur lebih nyenyak.

ADVERTISEMENT

1. Buat kamarmu sejuk dan gelap

cara mendapatkan kualitas tidur terbaik

Seorang wanita tidur dengan lelap di kamar yang gelap | Foto oleh Ivan Oboleninov dari Pexels

Mengutip Headspace, para ahli percaya bahwa suhu ruangan yang sempurna berada di antara 60-67 derajat Fahrenheit (16-19 derajat Celcius). Selain suhu, terang juga berpengaruh pada tidurmu. Cahaya mendorong tubuh dan pikiranmu tetap aktif dan terjaga. Karena itu, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, ruangan gelap adalah yang terbaik. Kamu bisa pakai tirai untuk menghalangi cahaya yang nggak diinginkan.

ADVERTISEMENT

2. Hindari kebisingan

cara mendapatkan kualitas tidur terbaik

Tubuh wanita yang terselimuti saat tidur | Foto oleh Miriam Alonso dari Pexels

Ketenangan sangat penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Banyak orang mengandalkan “white noise” atau suara ambiens sekitar untuk membantu menutupi suara dari luar, seperti klakson mobil. Untuk ini, kamu bisa menggunakan kipas angin yang punya fungsi ganda: memberikan suara angin yang menenangkan sekaligus menjaga kamarmu tetap sejuk.

ADVERTISEMENT

3. Pilih kasur dan posisi tidur yang nyaman

cara mendapatkan kualitas tidur terbaik

Salah satu posisi tidur pilihan beberapa orang | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Kasur dan bantal yang nyaman sangat penting untuk tidur yang nyenyak, lo. Bantalmu harus menyesuaikan posisi tidur pilihanmu. Kalau kamu tidur miring, bantalmu harus menopang kepala, leher, dan telinga serta bahu dengan nyaman. Orang yang tidur telentang harus mempertimbangkan bantal yang lebih tipis untuk mengurangi tekanan pada leher.

ADVERTISEMENT

4. Pilih bantal yang sempurna untukmu

cara mendapatkan kualitas tidur terbaik

Seorang wanita tidur dikelilingi bantal | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Isi bantal penting untuk dipertimbangkan jika kamu menderita alergi. Isi bervariasi dari pilihan alami seperti bulu hingga sintetis seperti rayon, busa, atau lateks. Carilah bantal yang isinya nggak menyebabkan alergi untuk mengurangi kemungkinan sulit tidur di malam hari.

ADVERTISEMENT

5. Rapikan kamarmu

cara mendapatkan kualitas tidur terbaik

Kamar tidur yang tampak nyaman | Foto oleh Pixabay dari Pexels

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada konferensi SLEEP Juni 2015 di Seattle menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kamar berantakan cenderung memiliki gangguan tidur. Kalau kamu melihat ruangan yang kotor, otakmu bisa menolak untuk tidur. Jadi, ayo bersihkan kamarmu!

Nah, biar tidur malammu makin nyenyak dan lelap sampai pagi, langsung terapkan tips-tips ini menjelang tidur nanti, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world