7 Cara Bangun Pagi yang Lebih Bersemangat dan Nggak Bikin Ngantuk Lagi

Cara bangun pagi

Membiasakan untuk bangun pagi memang nggak mudah bagi sebagian orang. Padahal, banyak lo manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental yang bisa kita rasakan. Kamu bisa punya banyak waktu untuk beraktivitas seharian, menikmati udara pagi, dan tentunya bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja atau pun belajar. Kamu jadi semangat dan nggak ngantukan lagi deh.

Advertisement

Apakah ada aturan agar bisa bangun pagi? Jawabnya adalah ya, kamu bisa mengetahui bagaimana cara bangun pagi sendiri paling efektif dengan beberapa hal berikut ini.

1. Mengatur jadwal tidur di waktu yang sama setiap harinya, termasuk saat hari libur

Tetapkan jadwal tidurmu | Photo by cottonbro from Pexels

Cara bangun pagi tepat waktu yang pertama adalah dengan cara tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk ketika libur. Dengan begitu, tubuhmu akan terbiasa dengan jam yang kamu terapkan dan pola tidurmu pun menjadi lebih baik. Jangan tidur larut malam dan pastikan durasi tidurmu cukup. Dilansir dari SehatQ, durasi tidur yang disarankan adalah tujuh sampai sembilan jam setiap harinya.

2. Siapkan tubuh sebelum tidur, kamu bisa mandi air hangat dan kenakan baju yang nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Rutinitas yang kamu lakukan sebelum tidur bisa memengaruhi kualitas tidurmu pula. Maka dari itu, cara bangun pagi segar adalah dengan menyiapkan tubuhmu sebelumnya. Untukmu yang sering mengalami insomnia, coba mandi dengan air hangat sebelum tidur. Dilansir dari Halodoc, mandi air hangat akan membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi rileks dan membuatmu merasa nyaman. Setelah itu, kenakan baju yang longgar, bersih, dan lembut. Tidur pun jadi lebih pulas dan nyenyak!

Advertisement

3. Membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman, jangan sampai berantakan, ya!

Tempat tidur rapi | Photo by M&W Studios from Pexels

Gangguan tidur ternyata bisa disebabkan kesalahan-kesalahan sepele, seperti penataan kamar. Lalu, bagaimana menata kamar supaya kita bisa mengetahui cara cepat untuk tidur?

Pertama, jangan biarkan kamar kamu berantakan. Melansir dari Hello Sehat, kamar yang berantakan bisa menyebabkan susah tidur. Mood yang jelek akibat kamar yang kacau akan berdampak pada kinerja otak. Selain itu, warna atau nuansa dinding yang terlalu mencolok bisa mengganggu tidurmu pula. Sebaiknya, pilih warna-warna yang sejuk dan menenangkan. Jangan lupa perhatikan pula suhu kamar, kualitas kasur, dan juga bahan pada seprai. Kalau suasana kamar tidur lebih nyaman, cara bangun sendiri pun menjadi lebih mudah.

4. Hindari pemakaian gawai sebelum tidur, bahayanya bisa turunkan kualitas tidur sampai merusak mata

Advertisement

Jauhkan gawai saat tidur | Photo by Eren Li from Pexels

Gadget atau gawai memang seolah-olah tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ke manapun kamu pergi kamu merasa harus membawanya, termasuk saat tidur. Padahal, gawai ini sebenarnya salah satu penyebab kamu susah bangun untuk subuh.

Cara bangun pagi dan tidak tidur lagi bukan dengan meletakkan gawai di dekat tempat tidur. Pasalnya, memakai gawai terlalu sering termasuk saat akan tidur justru akan menurunkan kualitas tidurmu. Mata akan lebih sulit terpejam, tidur cenderung tidak nyenyak, dan bisa berisiko untuk merusak mata. Untuk mencegahnya, tempatkan gawai jauh dari tempat tidur dan alihkan perhatianmu dari benda itu.

5. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur, biar kamu nggak bisa pencet snooze lagi dan lagi

jauhkan alarm dari jangkauan | photo by Amanda Jones from Unsplash

Siapa yang tanpa sadar sering memencet tombol snooze pada alarm? Padahal menghidupkan alarm adalah cara bangun pagi dengan cepat tanpa harus dibangunkan. Daripada sia-sia, kamu perlu mencoba untuk meletakkan alarm yang jauh dari jangkauan tempat tidur.

Kalau sudah begitu, kamu akan tetap terbangun di pagi hari meskipun dengan sedikit ‘terpaksa’. Alarm ini memang menjadi cara mudah bangun pagi walaupun begadang di malam harinya. Tidur larut malam tapi bangun pagi pun bisa dijalani kalau kamu memang orang yang sensitif dengan suara alarm. Jika kamu tetap sulit untuk bangun, cari cara membangunkan orang tidur dari jarak jauh dengan bantuan temanmu.

6. Hindari makan sebelum tidur, kalau bisa jangan diam-diam makan mi instan, ya! Kecuali lagi lapar banget, sih~

Hindari makan sebelum tidur | Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Siapa yang suka lapar malam-malam, kemudian tanpa dosa membuat mi instan di dapur? Ternyata makan makanan berat sebelum tidur semacam itu bisa mempengaruhi kualitas tidurmu, lo. Tubuh yang seharusnya beristirahat justru masih memproses makanan yang kamu konsumsi. Akibatnya, kamu bisa mengalami gangguan tidur ataupun kurang tidur. Bangun pagi pun jadi lebih sulit karenanya.

Cara bangun pagi tanpa ngantuk sebelum tidur adalah dengan menghindari makanan berlemak, makanan pedas, dan juga minuman yang mengandung kafein. Itu bisa menjadi cara agar bisa bangun pagi tanpa alarm.

7. Biarkan cahaya masuk ke dalam kamar, bisa bangunkan kamu secara alami, lo!

Biarkan cahaya masuk | Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Jika kamu ingin mengetahui cara bangun pagi untuk sholat subuh atau cara bangun pagi jam 5, maka membiarkan cahaya matahari masuk ke kamarmu ini bisa menjadi solusinya. Sinar matahari bisa membangunkan kamu secara alami.

Dilansir dari Sleep Foundation, otak akan merespons cahaya alami dan meminta syaraf meningkatkan suhu tubuh, memproduksi hormon kortisol, dan mengurangi kadar hormon melatonin sehingga membuat kamu bangun dari tidur. Kamu jadi nggak perlu alarm lagi deh kalau sudah terbiasa dengan cara ini.

Itu dia tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk bangun lebih pagi. Kira-kira, apa yang selama ini membuat kamu sulit untuk bangun pagi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE