Mengantuk saat puasa memang sering terjadi. Hal ini dipicu karena nggak seimbangnya sistem dalam tubuh dan juga kekurangan oksigen akibat nggak ada asupan cairan dan makanan yang masuk. Selain itu, pola tidurmu mungkin harus berubah selama puasa karena harus bangun dini hari untuk makan sahur. Kebiasaan ini akan berulang berkali-kali sehingga secara nggak langsung bisa memengaruhi proses pola tidurmu.

Nah, untuk memperbaiki pola tidur yang agak kacau saat berpuasa ini, coba deh lakukan beberapa hal ini agar kamu nggak mudah lemas dan mengantuk.

1. Majukan waktu tidur malam agar waktu tidurmu lebih lama sampai sahur tiba

tidur lebih awal via www.businessinsider.sg

Advertisement

Sebisa mungkin, hindari begadang saat sedang melaksanakan ibadah puasa. Justru kamu harus tidur lebih awal agar waktu tidurmu lebih lama hingga waktu sahur tiba. Misalnya, jika kamu terbiasa tidur pukul 12, maka majukan waktu tidurmu jadi pukul 10 malam. Jadwalkan di waktu yang sama setiap harinya. Kalau kamu nggak membiasakan tidur lebih cepat selama bulan puasa, maka jam tidurmu bisa berkurang rata-rata 40 menit karena terpotong waktu sahur. Ini lho yang bikin kamu mudah lemas dan mengantuk di siang hari.

2. Sempatkan tidur lagi setelah sahur dan salat Subuh. Tapi ingat, beri waktu makanan agar tercerna dulu ya!

sambil nunggu makanan turun via uk.businessinsider.com

Langsung tidur setelah sahur memang nggak baik. Untuk menyiasatinya, usahakan untuk bangun sahur tepat waktu. Dengan cara ini, tubuhmu akan memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan seoptimal mungkin demi menghasilkan energi yang kamu butuhkan nanti saat berpuasa. Jangan lupa untuk menyempatkan salat Subuh terlebih dahulu. Setelah sahur dan salat, kamu masih punya waktu sekitar 1-2 jam sebelum siap-siap melanjutkan rutinitas. Pergunakan waktu kosong ini untuk kembali tidur.

3. Pergunakan waktu luang yang ada selama seharian untuk curi-curi waktu tidur barang sebentar saja

sempatkan tidur barang sebentar via riosofaustin.com

Jika kamu bekerja di kantoran, manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur siang, 20-30 menit saja sudah lebih dari cukup untuk memulihkan energi agar kamu kembali produktif. Kalau nggak, sempatkan tidur di kendaraan umm selama perjalanan pulang-pergi ngantor. Atau di manapun dan kapan pun ada waktu sejenak untuk tidur, manfaatkan saja. Tambahan waktu tidur selama 5 menit saja sebenarnya sudah bisa memberikan pengaruh yang sangat luar biasa untuk tubuhmu lho.

4. Hindari makanan berat dan kafein sebelum tidur yang bikin kualitas tidurmu jadi terganggu

jangan minum kopi dulu deh via safeordangerous.com

Advertisement

Baiknya, jangan dulu tidur saat kamu baru saja makan berat. Selain bikin waktu tidurmu terganggu, kebiasaan ini juga meningkatkan risiko terkena stroke. Kalau kamu merasa lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, baiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan dalam porsi kecil, misalnya biskuit/roti gandum atau buah. Juga, kamu harus hindari kafein yang bikin kualitas tidur jadi acak-acakan.

5. Buatlah kamar tidurmu jadi tempat istirahat yang nyaman agar tidurmu nantinya juga lebih berkualitas

jauhkan HP via www.health.com

Sebelum pergi tidur, pastikan kamarmu dalam kondisi gelap, sejuk dan tenang. Jauhkan juga komputer, ponsel, TV, dan perangkat elektronik lainnya dari jangkauan untuk menghindari radiasinya. Main HP sebelum tidur malah bikin kamu tambah semangat melek dan susah terlelap. Sebagai gantinya, lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti mandi air hangat, yoga ringan, atau teknik relaksasi agar kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

6. Meski sedang puasa, tetaplah rutin olahraga untuk meningkatkan kualitas tidur

olahraga ringan via mamarooyoga.com

Aktivitas fisik secara teratur bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, bahkan selama bulan puasa. Tapi hindari berolahraga yang terlalu intens terlalu dekat dengan waktu tidur. Yang paling disarankan, berolahragalah di pagi hari. Kalau sikonnya nggak memungkinkan, lakukan olahraga sekitar empat hingga lima jam sebelum waktu tidur dan berikan waktu sekitar satu jam untuk pemulihan dari aktivitas fisik sebelum waktu tidur. Dijamin, kamu nggak pengen begadang karena mengantuk lebih cepat, tidur pun rasanya lebih nyenyak.

7. Jangan lengah, lakukan kebiasaan di atas baik kamu sedang aktif maupun di hari libur

lakukan teratur via www.popsugar.com.au

Jangan mentang-mentang libur, kamu jadi berniat untuk membalas hutang tidur selama di hari kerja dengan bangun siang setelah sahur. Ini adalah cara yang salah jika kamu ingin menjaga pola tidur saat puasa yang berkualitas. Sebisa mungkin, jadwalkan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan.

Kalau kamu sudah terbiasa tidur teratur, tubuh kamu pun akan ikut membiasakan diri. Dengan mematuhi jadwal tidur yang teratur setiap harinya, otomatis tubuhmu akan lebih ringan, hangat, hormon kortisol dilepaskan maksimal sehingga lebih berenergi untuk melakukan aktivitas. Jadi, jangan sampai puasa bikin tidurmu makin berantakan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya