Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh langsing dan bugar. Bahkan untuk mendapatkannya, banyak orang yang rela melakukan diet ketat dan olahraga mati-matian. Padahal kenyataannya, usaha diet dan olahraga nggak akan berhasil jika nggak dibarengi dengan gaya hidup yang seimbang. Bahkan, kebiasaan sebelum tidur pun turut berpengaruh. Para ahli mengklaim bahwa tidur yang berkualitas dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.

Nah, kalau kamu ingin membuatnya bekerja, penting untuk mematuhi kebiasaan tertentu yang dapat meningkatkan metabolisme saat kamu tidur berikut ini.

1. Atur suhu kamar sekitar 18 derajat celsius untuk memicu tubuh membakar lemak

atur suhu kamar via www.arsitag.com

Advertisement

Menurunkan suhu tubuh di malam hari dapat membantu tidur agar lebih lelap dan lebih mudah menurunkan berat badan. Ketika berada dalam kondisi kedinginan, maka tubuh akan membakar lemak untuk memproduksi panas tubuh. Semakin banyak lemak yang dibakar, makin besar pula peluang untuk turun berat badan.

2. Menurut penelitian, buah anggur ternyata dapat membantu membakar kalori yang bisa membuat tubuh jadi lebih kurus

jus anggur via www.maskulin.com.my

Anggur mengandung polifenol atau sejenis antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Dengan rajin mengonsumsi anggur sebelum tidur, kamu akan mengurangi kemungkinan mengalami obesitas sebesar 40%.

3. Cobalah untuk menghindari gawai selama dua jam sebelum pergi tidur dan menempatkannya ke mode malam

matikan gadget via gigazine.net

Orang yang terpapar sinar gadget rata-rata akan membutuhkan waktu 10 menit lebih lama untuk tidur, sehingga akan bangun dengan kondisi lelah karena kurang tidur. Selain itu, sinar biru yang terpancar dari gadget akan menghambat produksi melantonin atau hormon pemicu tidur pada tubuh lo!

4. Sebelum tidur kamu diperbolehkan untuk mengonsumsi cemilan yang mengandung protein tinggi

camilan protein tinggi via otcdigest.id

Advertisement

Sebelum tidur, konsumsilah makanan-makanan yang berprotein tinggi, seperti greek yoghurt, dada ayam tanpa kulit, keju rendah lemak, pisang, kefir, almon, atau selai kacang. Camilan di bawah berprotein tinggi nggak akan bikin tubuh makin gemuk. Justru bermanfaat untuk sintesis protein otot.

5. Agar metabolisme kamu bagus, lakukanlah latihan fisik ringan terlebih dulu sebelum tidur

latihan sebelum tidur via cyberbuff.ru

Melakukan latihan fisik dapat menghilangkan stres dan menaikkan metabolisme pada tubuh sebelum tidur. Bahkan kombinasi latihan kardio dan resistensi dapat membantu penurunan berat badan yang signifikan, terutama jika melakukan kardio dengan volume tinggi.

6. Sebelum tidur, kamu juga disarankan untuk minum teh herbal supaya lebih nyenyak

teh herbal via www.fimela.com

Teh herbal alami yang bisa kamu konsumsi misalnya teh kayu manis. Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah hingga menurunkan kolesterol. Berdasarkan hasil tes laboratorium, kayu manis juga dapat mengurangi peradangan, memiliki kandungan antioksidan dan dapat melawan bakteri pada tubuh.

7. Untuk membuat tubuhmu tetap bugar, usahakan untuk bangun dan tidur di waktu yang sama terus setiap harinya

bangun di jam yang sama via morningpeace.com

Mereka yang memiliki pola tidur baik akan punya berat yang lebih ideal dan sehat sehat. Ini terjadi karena  waktu tidur dan bangun yang konsisten akan berhubungan pada lemak tubuh yang lebih rendah. Sebelum tidur, atur alarm untuk bangun di jam yang sama setiap harinya.

Beberapa kebiasaan sebelum tidur di atas bisa kamu praktikkan mulai nanti malam. Percuma kan kalau diet dan mati-matian olahraga, tapi gaya hidup sehari-harinya nggak dijaga? Semoga berhasil, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya