Ada banyak jalan menuju Roma, demikianlah jalan hidupmu dalam mengejar karier. Jika ada sebagian orang yang terpanggil untuk mendedikasikan hidupnya mengabdi pada negara sebagai PNS, maka bukan berarti kamu juga punya semacam kewajiban untuk melalui jalan yang sama. Jika memang kamu tertarik mencoba saat ada bukaan formasi CPNS yang sudah di depan mata, go for it. Tapi kalau nggak pun, keputusan sepenuhnya ada di tangan kamu. Tapi kadang suka gerah ya, kalau keluarga, lingkungan tetangga atau pertemanan mulai bolak balik membahas dan bertanya:

“Kamu daftar CPNS nggak? Rugi lo nggak daftar. Kamu mau ikut formasi yang di mana?”

Advertisement

Jika orangtua kamu yang bertanya, mungkin pertanyaan tersebut bisa jadi sedikit pelik meski kamu tetap punya hak penuh untuk memutuskan karena ini terkait dengan masa depan kamu sendiri. Tapi kalau orang luar, sepertinya sih jangan terlalu dibawa baper, apalagi dijawab dengan nada bete dan (amit-amit) kasar. Karena hidup tak ada yang tahu kan? Bisa jadi tahun ini kamu nggak berminat sama sekali, namun tahun depan malah berubah pikiran. Nah, saat menjawab pertanyaan seputar mendaftar CPNS atau nggak, segerah apa pun, kamu bisa ucapkan 7 jawaban yang cukup santai berikut ini. Jangan lupa, tetap tenang dan senyum lebar. Because this is your life and you fully responsible for your own.

1. “Oh, pengen sih Tante, tapi sayang formasi buat saya lagi nggak ada di kota yang saya incar. Belum rezeki kayaknya.”

Biasanya jawaban ini bakal sukses sih, menutup topik sensitif ini via www.pexels.com

Entah sungguhan atau nggak, jawaban nggak ada formasi yang dibuka untuk jurusan kamu secara spesifik bisa jadi jawaban santai untuk menghentikan berondongan pertanyaan seputar pendaftaran CPNS atau nggak. Biasanya sih cara ini ampuh. Asal ingat, tetap tenang dan senyum manis ya!

2. “Tahun ini masih belum ada rencana, karena masih ada kegiatan lain yang harus dilakukan. Mungkin di lain kali, toh umurnya masih belum mentok juga.”

Woles saja ya dan tetap tersenyum~ via www.pexels.com

Menjawab dengan jujur pun nggak ada salahnya, toh itu hak kamu 100%. Kalau yang bertanya orang luar atau keluarga jauh nggak usah terlalu dibawa masuk dalam hati, karena biasa mereka hanya sekadar basa-basi.

3. “Wah, saya sedang ada proyek sendiri. Jadi belum tahu akan mendaftar atau nggak.”

Hmm, masih pikir-pikir dulu nih! via www.pexels.com

Advertisement

Ini juga bisa jadi jawaban yang nyaman saat menjawab pertanyaan bertubi-tubi dari orang sekitar soal daftar CPNS atau nggak. Entah sungguhan ada proyek sendiri atau nggak, yang penting kamu nggak terkesan menolak mentah-mentah (hati-hati karena bisa jadi kemakan omongan sendiri) atau mengiyakan dan justru bisa berbuntut panjang.

4. “Saya terikat kontrak xx tahun di tempat bekerja. Jadi sepertinya daftar yang lain dalam waktu dekat belum bisa, dendanya lumayan soalnya.”

Dan tunjukkan, kalau kamu menikmati tempat kerjamu sekarang. via www.pexels.com

Ini juga bisa jadi jawaban diplomatis saat ditanya daftar CPNS atau nggak. Toh kalau denda, mereka juga nggak mau bayarin kan? Nggak usah terlalu jujur juga jelasin tata aturan bekerja tempat kamu, orang cuma butuh jawaban kamu daftar atau nggak, kok.

5. “Saya rencana nikah tahun ini, dan kemungkinan ikut suami yang belum tahu penempatannya di mana.”

Mau nikah segera tapi ya calonnya belum ada sih, hehe. Imani dulu aja via unsplash.com

Menikah bisa jadi alasan jitu membungkam pertanyaan seputar daftar CPNS atau nggak. Tapi jangan sekali-kali keluarkan jawaban ini kalau kamu memang belum dilamar pacar, daripada nanti malah jadi gunjingan. Mending sekalian dijawab pas kamu lagi belum ada calon atau ya sudah benar-benar akan menikah saja, hehe.

6. “Saya belum ada pikiran untuk jadi CPNS tahun ini dan masih menikmati mencari pengalaman di tempat kerja sekarang. Nggak tahu ya, kalau nanti.”

Dan tunjukan kalau kamu memang benar-benar passionate mengejar karier atau mimpimu! via unsplash.com

Menjawab jujur dengan nada mengobrol biasa pun bisa jadi solusi jitu buat kamu yang sudah gerah ditanya bakal daftar CPNS atau nggak. Woles aja, kalau pun ada rentetan pertanyaan lain, jawab saja sekenanya. Lama-lama mereka juga akan bosan sendiri kok.

7. “Siang ini sih belum kepikiran, Tante. Nggak tahu kalau nanti sore.”

Cuek dan tetap kalem aja yuk via unsplash.com

Bercandain saja sambil tersenyum lebar. Pilih-pilih juga bercandanya sama siapa, kalau sama orangtua sih biasanya agak sulit karena nanti malah dikira nggak sopan. Nggak perlu dianggap serius saat ada teman, saudara, keluarga jauh yang bertanya. Toh kamu mendaftar pun mereka nggak akan turut bantu-bantu kan?

Menjadi CPNS itu sepenuhnya pilihan. Kalau kamu punya passion lain dan kamu percaya diri dapat meraihnya, maka harusnya sih omongan orang nggak akan menggoyahkan pikiran kamu. Bete sih ya, kalau tiap hari selama beberapa bulan ke depan topik obrolan keluarga, tetangga sampai teman main akan berkutat seputar CPNS. Tapi jangan lupa kasih semangat buat yang serius akan mendaftar dan tetap woles saja saat ditanya-tanya. Maksud mereka mungkin baik, dan bisa jadi mereka nggak merasa pertanyaan mereka mengganggu. Masa-masa ini akan berlalu kok, jadi mending fokus saja dengan kerjaan dan goals kamu sekarang. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya