Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sudah menjadi kewajiban cewek. Tidak hanya pagi, siang, dan sore hari saja kamu lakukan, tapi malam hari juga. Hal tersebut berlaku setiap hari, baik kamu hanya di dalam rumah maupun sibuk beraktivitas di luar. Tapi, rasa malas sering menjadi penghalang yang ujung-ujungnya kamu nggak jadi melakukan perawatan, seperti saat malam hari yang sudah mengantuk.

Padahal, sisa-sisa kosmetik setelah seharian beraktivitas harus kamu bersihkan agar tidak membahayakan kulit. Jika dibiarkan, sisa make-up itu akan menumpuk dan menimbulkan komedo atau jerawat. Selain itu, wajahmu akan tampak kusam dan bisa menyebabkan gatal-gatal. Hiiiiii… Untuk itu, terapkan 7+ langkah perawatan saat malam hari ini yuk agar ketika bangun pagi wajahmu tetap cantik.

1. Wajah harus terbebas dari kosmetik dengan cara lakukan double cleansing 

bersihkan wajahmu dari sisa kosmetik via unsplash.com

Advertisement

Rasa kantuk menjadi musuh yang sulit sekali kamu lawan saat malam hari. Meski begitu, kamu harus bisa menyingkirkan rasa malas itu untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa kosmetik. Kamu bisa lakukan double cleansing seperti memakai pembersih milk cleanser dan facial foam. Ini penting untuk menjaga kulit wajah benar-benar terbebas dari sisa-sisa kosmetik dan debu-debu yang menempel pun juga menghilang.

2. Jangan lupa aplikasikan toner yang dapat membantu menyegarkan wajah sebelum tidur

masalah jerawat bisa bantu teratasi via pixabay.com

Toner biasa digunakan setelah wajah dibersihkan. Selain itu, rutin menggunakan toner sebelum tidur dapat mengencangkan dan membuat kulit wajah terasa segar. Toner juga bisa membersihkan wajah dari minyak berlebih dan menyempurnakan kebersihan wajah dari sisa kosmetik. Kulit pun tampak lebih halus dan meminimalisir kemerahan dan peradangan pada wajah.

3. Oleskan krim malam sesuai jenis kulit. Ini penting untuk menjaga kulit selalu terhidrasi dengan baik

pakai krim malam via www.rd.com

Penggunaan krim malam itu bagus untuk kulit. Maka dari itu, kamu harus pandai memilih produk krim malam yang sesuai jenis kulit. Memakai krim malam bisa menghindrasi kulitmu dengan baik karena mengandung moisturizer dan nutrisi antioksidan. Krim malam penting digunakan karena malam hari adalah waktu kulit beristarahat, sehingga krim lebih mudah merasuk ke dalam kulit dan bekerja lebih maksimal.

Advertisement

Krim malam pun terbagi menjadi dua, yaitu krim malam untuk melembapkan dan mencegah penuaan. Pilih yang kamu butuhkan dan cocok bagi kulit, ya!

4. Atau kamu juga bisa gunakan serum mata dan wajah agar kulit tetap kenyal dan kencang

serum juga bisa via www.pulse.ng

Untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan kencang, kamu bisa mengganti krim malam dengan memakai serum wajah. Serum bisa menggantikan tugas krim malam sebagai produk kecantikan yang diaplikasikan sebelum tidur. Dengan rutin memakainya setiap malam, maka kulit wajah akan tetap kenyal, kencang, dan terhindar dari penuaan dini.

5. Bagi kamu yang bibirnya kering dapat gunakan lip balm untuk menjaga kelembapannya

poleskan lip balm via pixabay.com

Tidak hanya kulit, tapi cantik juga berasal dari bibir. Oleh karena itu, bagi kamu yang bibirnya kering bisa gunakan lip balm sebelum tidur. Hal ini sangat perlu kamu lakukan kalau tidur di dalam kamar memakai AC. Dengan demikian, bibir kamu akan lembap terus deh.

6. Jangan lupa sikat gigi demi kecantikan absolutmu tak hilang di pagi hari

sikat gigi ya via pixabay.com

Seperti apa rasanya bangun di pagi hari dengan wajah dan gigi bersih? Pasti sangat menyenangkan dan bikin mood kamu bagus seharian. Untuk itu, kamu harus biasakan diri menggosok gigi sebelum tidur. Tidak hanya gigi dan mulutmu terhindar dari kuman-kuman, tapi juga napas akan terasa segar.

7. Selalu matikan lampu atau bisa menggantinya dengan lampu tidur yang cahayanya agak redup

tidur dengan cahaya gelap via thetechnews.com

Jangan pernah remehkan cahaya lampu kamar saat mau tidur. Kamu harus tidur dalam keadaan kamar gelap atau redup karena cahaya seperti itu bermanfaat untuk kulit. Dengan kondisi cahaya cukup gelap, tubuh bisa memproduksi hormon melatonin yang merupakan hormon kekebalan tubuh. Hormon melatonin sendiri bertugas dalam proses memperbaiki sel-sel yang rusak. Kalau kamu memaksa tidur dalam kamar yang terang, maka produksi hormon itu akan berhenti, sehingga kamu akan mudah terbangun dan tubuh terasa capek.

8. Minum air mineral secukupnya seperti 30 menit sebelum tidur

minum air mineral ya via www.huffingtonpost.co.uk

Kecerahan kulit terjaga juga didukung dari dalam, yaitu rutin meminum air mineral sebelum tidur. Agar tidak membuatmu ingin buang air kecil melulu, kamu bisa meminumnya sekitar 30 menit sebelum tidur. Hal ini bagus untuk menyeimbangkan hormon, otot dan persendian. Dengan begitu, tubuhmu akan terasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Ketika bangun tidur pun tubuhmu terasa bugar.

Kini, kamu sudah mengetahui langkah-langkah perawatan cantik saat malam hari. Dengan menerapkannya, bangun pagi pun akan lebih terasa cantik dan segar. Nggak ada lagi wajah kusam!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya