Bau badan adalah masalah sejuta umat manusia. Meski sepele, namun bila ditelusuri lebih jauh, dampak bau badan bisa menghambat kesuksesan, lho. Bau badan adalah sumber rasa tidak nyaman dan rasa tidak percaya diri. Bau badan membuat orang merasa tidak percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain, sementara orang juga merasa kurang nyaman berdekatan dengan orang yang beraroma kurang sedap.

Meski banyak produk deodoran dan parfum yang bisa mengatasi bau badan, namun ada baiknya mencari sebab bau badan itu sendiri. Selain gaya hidup yang kurang bersih, alias malas mandi dan membersihkan diri, bau badan juga bisa disebabkan oleh makanan yang masuk ke tubuhmu. Contohnya adalah, makanan-makanan lezat di bawah ini, yang ternyata juga membuat badan beraroma tak sedap.

1. Meski merupakan sumber protein tinggi, daging merah bisa menyebabkan bau badan dan keringat berlebihan

Daging merah

Daging merah via www.wish-bone.com

Advertisement

Sebuah penelitian di Ceko tahun 2006 menyimpulkan bahwa bau badan orang yang puasa makan daging selama 2 minggu lebih baik daripada yang mengonsumsi daging merah dalam kurun waktu 24 jam.

Sebagai bahan makanan yang kaya akan protein, daging merah termasuh bahan makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Sisa-sisa kandungan asam amino yang tidak terpakai dalam tubuh bila bercampur dengan keringat bisa menjadi sumber bau badan tak sedap. Kalau kamu sulit mendapat pasangan, mungkin kamu bisa mulai mengurangi konsumsi daging merah? Hehe…

2. Para pecandu kopi harus waspada. Kefein membuat tak hanya membuat kamu terjaga, tapi juga nafas jadi bau naga

minum kopi

minum kopi via www.ziptrials.us

Ada yang menjadikan kopi sebagai stimulan agar tetap terjaga, ada juga yang menjadikan kopi sebagai minuman sehari-hari yang wajib hukumnya.

Advertisement

Namun baik yang manapun alasannya, efek samping kopi selai membuatmu tetap terjaga juga membuat nafasmu bau naga. Kafein pada kopi menyebabkan mulutmu menjadi kering, karena menghambat produksi saliva atau ludah. Padahal ludah sangat berperan dalam membersihkan sisa-sisa makanan di mulut dan gigi, serta membunuh bakteri penyebab bau mulut. Bila produksi ludahmu tidak mencukupi, bakteri itu tentu akan beranak-pinak dan menyebarkan aroma tak sedap ke mana-mana.

3. Soal kelezatan, kari jelas tak perlu ditanya. Tapi efeknya ke bau badan bisa jadi masalah yang luar biasa

kari ayam

kari ayam via www.recipeshubs.com

Kari dengan kuah kentalnya dan rasa pedasnya yang menggoda, bisa membuat lapar meski hanya dibayangkan. Tapi masalah setelah makan kari harus juga kamu perhatikan. Kombinasi dari pedasnya cabai dan merica, dengan bumbu-bumbu herbal seperti kunyit, membuat kari memiliki rasa yang lezat dan aroma yang kuat. Aromanya tidak akan hilang meski kamu sudah selesai.

Kamu yang hobi masak pastinya juga tahu bahwa panci bekasmu memasak kari sulit dibersihkan dan dihilangkan baunya meski sudah disabun. Begitu juga dengan tubuhmu. Aroma kari yang kuat akan bertahan sampai beberapa jam karena menguap dari pori-pori kulitmu dan bergabung dengan keringat.

4. Meski menjadi bumbu utama yang membuat makanan sedap, bawang putih membuat bau badan tak sedap. Mungkin itu juga yang membuat vampire jauh-jauh ketakutan

Bawang putih

Bawang putih via www.foodnetwork.com

Bawang putih bukan hanya akan membuat vampir kabur ketakutan, tapi juga teman, klien, dan calon gebetan. Karena bawang putih yang aromanya luar biasa itu bisa menyebabkan badan dan mulutmu bau tak sedap. Diiris atau ditumbuk, bawang putih menghasilkan Allicin, yaitu zat yang bila bercampur dengan keringatmu akan menghasilkan aroma yang kuat.

Selain itu, aroma yang khas dari bawang putih juga akan tertinggal lama dalam mulutmu. Untuk menetralkan aroma ini, kamu bisa memakai deodoran, dan mengonsumsi teh hijau atau buah lemon setelah makan masakan yang serba bawang putih.

5. Kamu suka seafood? Hati-hati. Kalau kamu punya kelainan metabolisme, bisa-bisa badanmu jadi bau ikan

Meski termasuk makanan yang lezat, tidak semua orang bisa mengonsumsi seafood karena bisa menimbulkan masalah. Salah satu masalah yang bisa muncul adalah Fish Odor Syndrom, yaitu aroma ikan yang menguar dari tubuh setelah makan ikan. Sindrom ini dinamakan Trimethylaminuria, terjadi karena ketidakmampuan tubuh untuk mencerna dan mengurai zat trimethylamine menjadi trimethylamine N-oxide.

Trimethylamine inilah yang menyebabkan aroma ikan muncul dari nafas, keringat, dan air seni. Meski belum diketahui sebabnya, sindrom ini lebih sering ditemukan pada perempuan. Selain itu, seafood juga bisa menyebabkan vagina beraroma kurang sedap.

6. Selain enak, ngunyah permen karet juga asyik. Tapi ternyata, tak jauh beda dengan kopi, permen karet juga bisa membuat bau mulut menjadi-jadi

Populer digunkan oleh tokoh Lupus di karya Hilman, permen karet memang termasuk makanan yang sering dikudap sehari-hari. Seringnya orang makan permen karet setelah makan, untuk menyamarkan menu makan yang beraroma tajam. Untuk beberapa saat, aroma mint atau kayu manis dari permen karet memang akan menyamarkan aroma makanan lainnya, namun setelah efeknya hilang permen karet justru akan membuat aroma nafasmu semakin buruk.

Permen karet yang mengandung gula atau pemanis buatan dan karbohidrat akan meninggalkan bakteri di permukaan lidah dan gigi yang memicu Volatile Sulfur Compoundakan membuat nafasmu tak sedap. Selain itu, pemanis buatan terkenal seperti sorbitol, merupakan zat yang sulit untuk dicerna, sehingga membuat usus besarmu bekerja lebih keras. Akibatnya, kamu jadi sering-sering buang gas.

7. Kalau kamu pecinta susu, harus sering sering gosok gigi dan mandi. Karena protein yang tinggi juga membuat aroma badanmu memabukkan

susu nggak baik kalo kebanyakan

susu nggak baik kalo kebanyakan via arizauq.tv

Sebagai minuman yang mengandung protein tinggi, bila kamu konsumsi secara berlebihan, susu bisa menyebabkan hydrogen sulfide yang akan dikeluarkan melalui keringat dan menyebabkan bau badan kurang sedap. Selain itu, akan menjadi lebih bermasalah ketika kamu memiliki lactose intolerant.

Tubuh memerlukan enzim Lactase untuk mencerna lactosa. Seorang dengan lactose intolerant, produksi enzim ini tidak maskimal, sehingga lactosa yang kurang dicerna membuatmu sering-sering buang gas yang aromanya tak sedap.

Bukan berarti kamu harus menghindari sama sekali. Karena beberapa makanan di atas memang merupakan sumber protein tinggi dan termasuk zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi setidaknya, dengan mengetahui sebab bau badan itu, kamu jadi termotivasi untuk hidup lebih bersih lagi. Memakai deodoran jangan sampai lupa, semprot minyak wangi sedikit boleh juga. Selain orang akan merasa nyaman dan betah di dekatmu bila kamu wangi, tentunya kamu juga akan lebih percaya diri.

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya