7 Sinyal Tubuhmu Lagi Darurat Karena Kurang Air Putih

Tanda tubuh kurang air putih

Air putih merupakan kebutuhan utama tubuh. Kurang minum air putih bisa berdampak buruk untuk tubuhmu baik sekarang ataupun ke depannya. Tapi ngaku deh, Pasti ada sekali atau dua kali kita skip air putih. Entah karena terlalu sibuk sampai nggak sempat minum, atau memang karena malas minum air putih dan sukanya yang manis-manis saja.

By the way, sebenarnya tubuhmu bisa mengirimkan sinyal-sinyal darurat saat kebutuhan air putihmu kurang terpenuhi. Selain jarang buang air kecil dan air seni yang warnanya kuning, ada banyak tanda lain saat tubuhmu darurat air putih. Mungkin kamu belum sadar saja, tapi kalau tanda-tanda ini mulai terasa, jangan diabaikan ya. Tinggal minum air putih doang ini. Mencintai diri sendiri itu nggak susah kok~

1. Cuma ada sedikit masalah, tapi mudah marah. Ini disebabkan kurang cairan dalam tubuh

jadi mudah marah via unsplash.com

Pernah nggak sih kamu merasa sensitif banget? Gampang tersinggung dan mudah stres? Bisa jadi itu karena kamu kurang minum air putih. Dilansir dari Doktersehat, bahkan minum air putih untuk memperbaiki hidrasi tubuh cukup efektif untuk mengatur emosi. Jadi kalau kamu mulai marah-marah nggak jelas, bisa jadi pengaruh dari kurang cairan tubuh.

2. Kulit kok tetap kering, meski sudah pakai pelembap? Hey, sudah cukupkah air putih yang dikonsumsi?

kulit kering via pixabay.com

Sudah jadi rahasia umum kalau kulit kering berasal dari tubuhmu darurat air putih. Untuk menjaga kelembapannya, kamu harus sempatkan diri minum air putih sesibuk apapun. Terlebih sedikitnya cairan dalam tubuh akan membuat produksi keringat berkurang. Maka tak heran kalau nanti tubuhmu tak bisa lagi membersihkan sisa kotoran dan minyak tiap hari. Jika kamu selama ini rutin pakai lotion dan pelembap, tetap saja kulit akan kering kalau nggak disertai dengan cukup minum air putih.

3. Gampang lapar adalah pertanda kamu kurang minum air putih

Rasa lapar yang muncul beberapa saat setelah makan sebenarnya terjadi karena kamu dehidrasi. Kurangnya cairan pada tubuh dapat memperlambat metabolisme, sehingga kemampuan tubuh dalam membakar lemak akan berkurang. Makanya kamu jadi cepat merasa lapar, walau sering ngemil atau barusan selesai makan. Btw, pernah dengar kalau lagi diet terus lapar, disarankan minum air putih? Nah, karena air putih bisa bantu menahan rasa lapar itu.

Karena cukup minum air putih itu penting, kamu nggak boleh lagi sepelekan. Penuhi kebutuhan air putihmu dengan AQUA air mineral berkualitas. Selama lebih dari 45 tahun, AQUA konsisten menyediakan air mineral berkualitas yang diambil langsung dari sumbernya dan diproses secara higienis karena setiap tetesnya melalui 400 cek kualitas, membuatnya benar-benar murni berkualitas sampai kamu konsumsi. AQUA juga sudah tersertifikasi dari 7 sertifikat internasional lo. Dengan segala kemurniannya, AQUA akan memenuhi kebutuhan air putihmu tanpa perlu was-was ini dan itu.

4. Capek nggak beralasan kerap kamu alami yang berarti kurangnya cairan dalam tubuh

capek terus via unsplash.com

Nggak tahu kenapa kamu kerap merasa capek, walau aktivitas nggak padat. Pun demikian dengan kegiatanmu yang tak terlalu habiskan banyak tenaga. Dilansir dari Hello Sehat, hal ini terjadi karena kamu mengalami dehidrasi yang membuat darah jadi lebih tebal, lalu jantung bekerja lebih maksimal dari biasanya. Ini diakukan untuk menjaga oksigen dan nutrisi agar tetap bergerak ke seluruh sistem peredaran darah. Nah, kurangnya darah yang terhidrasi ini ternyata ngaruh lo pada minimnya oksigen yang tersebar ke seluruh tubuh. Maka nggak heran kalau kamu capek terus tanpa alasan yang jelas.

5. Bingung dan sulit konsentrasi. Pernah merasa begini?

sulit konsentrasi via unsplash.com

“Eh, tadi aku mau ngapain sih?”

Pernah nggak kamu mengalami momen blank seperti itu? Ternyata selain capek, kurang air putih juga bisa membuat kamu kerap merasa bingung dan sulit konsentrasi. Hal ini karena cairan dalam tubuh sangat berpengaruh pada elektrolit dalam tubuh. FYI, elektrolit itu yang membuat pikiran kita bisa berpikir jernih. Makanya kalau kurang minum air putih, kamu jadi bingung dan sulit konsentrasi.

6. Sakit kepala muncul lantaran kondisi otak yang kurang mendapat suplai air

sakit kepala via unsplash.com

Otak butuh sekali cairan, sebab sekitar 80 persen otak kita berisi air. Jika tubuhmu kurang minum air putih, maka akan mengalami sakit kepala. Dehidrasi juga berakibat menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak. Pembuluh darah pun akan melebar di otak dan menyebabkan pembengkakan. Kalau kamu terus-terusan migrain, coba deh perbaiki asupan air putihmu.

7. Urine gelap dan jarang buang air kecil. Kalau yang ini sih sudah jelas kamu dehidrasi

urine gelap via pixabay.com

Cara gampang supaya tahu kondisi tubuhmu saat kurang minum air putih yaitu dari urine. Seberapa sering kamu buang air kecil dan bagaimana warna urine kamu. Warna urine yang gelap adalah salah satu ciri kamu darurat air putih karena warna normalnya urine adalah jernih. Hal itu terjadi karena nggak ada cukup air yang mengalir melalui ginjal untuk bantu buang racun dan hilangkan zat sisa dalam tubuh. Maka dari itu, urine yang keluar nggak jernih, tapi malah gelap karena berisi banyak zat sisa.

Selain menyebabkan hal-hal di atas, kurang asupan air putih juga bisa berdampak serius seperti batu ginjal atau infeksi saluran kencing lo. Yakin, masih mau bodo amat sama diri sendiri terus? Jangan beralasan susah mencari air putih, karena kan ada AQUA yang sudah terpercaya kualitasnya selama lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya, pelopor di Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.