Entah itu reuni, buka puasa, atau nikahan, di umur segini kamu nggak akan bisa mengelak dari pertemuan dengan teman-teman lama. Nggak cuma senang, kamu juga bisa ngerasa kaget, sampai bingung mau ngomong apa. Maklum, namanya juga lama nggak ketemu. Apalagi kalau di reuni itu kamu bakal ketemu mantan dan pasangannya yang sekarang. Kalau ketemu lagi, takut jadi canggung.

Nah, supaya kejadian-kejadian nggak mengenakkan ini gak terjadi, kamu harus menyiapkan strategi. Hipwee punya list apa saja yang perlu kamu siapin nih kalau ketemu mereka. Yuk simak!

1. Kamu tidak perlu datang sendiri. Teman-teman dekatmu bisa kamu hubungi kembali, supaya kamu gak mati gaya selama di sana

Tanya teman lama: “Dateng juga gak?” via m.kaskus.co.id

Ini cara yang ampuh biar kamu nggak bengong-bengong sendirian selama acara berlangsung. Kamu perlu hubungi teman-teman terdekatmu, yah minimal teman sekelas deh biar di sana kamu bisa ikutan seru-seruan. Karena bisa aja kan yang diundang itu satu angkatan?

Kalau sama teman akrab pun kamu udah jarang ketemu, kamu bisa nih mulai memikirkan: “Kira-kira yang seru apa ya buat dirumpiin, biar nggak awkward walaupun sama teman akrab juga?”

2. Lihat undangan acaranya, dan pikirkan kamu harus pakai apa. Penampilan yang menarik bisa jadi pembuka obrolan yang baik

Advertisement

Penampilan yang menarik bisa jadi pembuka obrolan yang baik! via lookbook.nu

Memperhatikan undangan acara udah WAJIB banget kamu lakukan! Hal ini supaya kamu nggak mengalami kejadian “aneh” yang ujung-ujungnya jadi trending topic di grup Whatsapp maupun LINE. Daripada mendadak tenar cuma karena hal memalukan, mendingan jauh-jauh hari udah mempersiapkan deh. Kamu harus tau acaranya apa, formal atau nggak, bakal ngapain aja, siapa pengisinya, dan yang terpenting adalah dress code-nya. Dengan penampilan yang menarik, kamu juga bisa memudahkan teman kamu membuka obrolan dengan baik.

“Wih, celana polkadotnya lucu banget! Dapet di mana?”

“Hehe, jahit sendiri dong…”

Nah kalau udah mastiin benar-benar , pas acara nanti kamu kan udah tenang. Ya kecuali kalau kamu memang mau beneran mendadak tenar sih ;p.

3. Siapkan jawaban dari tiga pertanyaan yang pasti datang. Soal jodoh, karier, dan “Kamu kapan?”

biar nggak awkward, siapin jawaban ya via segitiga.net

“Gue udah 5 kali ganti pacar nih dari sejak kita lulus, kenapa lo masih aja sama dia? Setia amat kayak bus gandeng Transjakarta.”

Perlu banget! Karena ketemu teman lama di suatu acara belum tentu diadain setahun sekali, bahkan belum tentu juga kamunya bisa datang. Makanya, pertanyaan-pertanyaan semisal “Lo masih sendirian aja, lakunya kapan?” “Kerja di mana sekarang?” “Perusahaan apa tuh? Kerjanya kayak gimana?” “Gue udah 2 tahun kerja dan lo masih belum lulus juga, oh man!”.

“Ya paling nggak, biar jomblo gini aku masih dateng ke kawinan kamu ‘kan? Kurang baik apa coba aku jadi teman.”

“Kerja di X sih. Orangnya oke-oke, paling nggak aku tahu deh kenapa aku harus stay di situ.”

4. Siapkan juga mental buat ketemu mantan. Gugup itu pasti bakal muncul, tapi gak apa-apa, karena toh dia bakal gugup juga ;p

hilangkan kegugupanmu ya kalau ketemu mantan via www.vogue.it

“Akulah sang mantan, akulah sang mantan~”

Lagu dari Nidji yang sebenarnya kita males dengar kalau udah bertahun-tahun move on dari masa lalu, bisa jadi dinyanyiin lho sama pengisi acara. Mungkin buat seru-seruan kali ya bikin suasana jadi riuh. Yang kasiannya sih kalau para mantan ini ternyata datang bawa kekasih barunya, bukannya senang malah berduka. Hayo coba pikir-pikir lagi kalau mau bawa kekasih ke acara macem begini.

Selain siapin diri dengar lagu-lagu yang mengejutkanmu, kamu juga harus siapin diri ketemu mantan! Walaupun kamu termasuk yang sukses move on, jangan mengelak juga kalau kamu akan flashback momen-momen di mana kamu pernah sama dia pas bertemu di acara. Siapin juga ya dirimu yang harus legowo lihat dia dengan kekasih barunya kalau masih belum mau beranjak darinya. Life goes on guys.

5. Siapkan juga mental buat bertemu musuh lama. Kalau emang papasan, udah, cuekin aja.

Cause, baby now we got bad blood via www.aceshowbiz.com

Ini termasuk yang malesin juga sih. Nggak niat untuk beradu mulut atau fisik kembali, tapi rasa kesal dihati akan muncul saat bertemu musuh lamamu. Sekadar tatapan sinis atau perkataan yang gak ngenakin telingamu mungkin bakal bermunculan, jadi persiapkan aja ya. Gak berharap sih bakalan terjadi hal kayak gitu, semoga aja hanya sekedar saling menatap dan berlalu.

6. Bingung kehabisan bahan obrolan? Persiapin dari sekarang supaya percakapan kalian gak standar

variasiin topik obrolan biar momen pertemuanmu semakin seru! via www.facebook.com

Kalau topik obrolannya tentang “Kegiatan apa aja yang dilakukan selama ini?” “Yang jomblo udah ada pasangan belum atau masih sendiri?” “Yang punya pacar apa masih sama stok yang lama atau udah ganti baru?”

Duh, obrolannya standar banget ya. Tapi memang nggak bisa kamu hindari karena tiga pertanyaan tadi adalah pertanyaan yang selalu disebut kalau ketemuan.

Nah, biar obrolanmu nanti lebih bervariasi sedikit, kamu bisa nanyain nih kebiasaan temanmu dulu. Misalnya:

“Masih jarang mandi gak lo? Wangi bener sekarang”

“Seriusan kantormu di Tegal? Lah, dulu katanya mau di Semarang aja?”

7. Anggaplah ini proses melatih keberanian. Bukankah ini juga salah satu tanda kedewasaan?

Kayak mereka, udah dewasa! 😉

Kadang kalau udah nggak ketemu teman lama, kamu jadi kikuk kayak ketemu teman baru, iya nggak sih? Bahkan mau senyum aja agak sulit karena bingung mau senyum duluan atau dia duluan *takut lupa nama atau gak dikenalin kali ya*.

Biar tetap santai dan akrab seperti dulu, kamu perlu lho melatih kepercayaan dirimu dan hilangkan rasa takut ketemu mantan atau musuh. Nggak cuma bermanfaat pas ketemuan sama teman-teman lama aja, tapi juga bermanfaat buat kamu di kemudian hari, dunia kerja misalnya. Lagipula, bukankah sukses menghadiri reuni adalah salah satu tanda kedewasaan?

Momen bertemu teman lama memang menjadi hal yang menyenangkan. Kamu jadi tahu mereka sekarang seperti apa. Banyak juga hal-hal yang mengejutkan di sana, seperti temanmu dulu yang penampilannya biasa aja taunya sekarang heits banget. Dan masih banyak hal tak terduga lainnya yang cukup membekas buat kamu. Nggak mau merusak momen menyenangkan bersama teman-teman lama ‘kan? Coba untuk nggak anggap remeh acara-acara yang kayak gini ya. Selamat bernostalgia!