Ada cewek yang menganggap dandan sebagai keharusan. Tapi sebagian lagi justru menganggapnya keribetan tak diperlukan. Nah, kamu mungkin ada di antara keduanya. Dandan suka, tapi yang natural-natural saja.

Kalau kamu termasuk cewek penyuka dandanan minimalis dan natural, 7 tips di bawah ini bisa kamu simak. Makeup boleh minimal, tapi efeknya mesti maksimal!

1. Makeup boleh natural saja, tapi menjaga kebersihan wajah wajib hukumnya. Demi dandanan yang tahan lama juga…

Cuci muka

Cuci muka via theodysseyonline.com

Advertisement

Wajah bersih dan sehat adalah modal untuk tampil cantik. Makanya, walau makeup seadanya, urusan menjaga kebersihan kulit wajah harus tetap jadi yang utama. Jangan sampai kotoran beserta minyak yang menempel di kulit wajahmu menumpuk, lalu membuat wajahmu sulit untuk disapukan make-up.

Jadi, jangan lupa cuci wajah, dan sebelum bermake-up ada baiknya untuk mengoleskan toner terlebih dahulu. Sebagai upaya mengembalikan kelembaban kulit setelah terkena sabun wajah, juga membuat wajahmu terasa lebih segar.

2. Pastikan juga kelembaban kulit wajahmu terjaga. Manjakan kulit wajahmu dengan pelembab dan tabir surya

thumbs_3120-moisturizer_main_newbeauty.png.660x0_q80_crop-scale_upscale

Diibaratkan rumah yang membutuhkan pondasi agar kuat dan kokoh. Kulit wajahmu pun perlu kehadiran pelembab wajah di hari-hari yang fungsinya nggak cuma menjaga kelembaban, tapi juga menjadi dasar riasan.

Advertisement

Si pelembab ini bisa banget kamu andalkan sebagai penolong kulitmu, supaya tampak segar lebih lama. Selain itu, kalau pelembabmu menggandung SPF 30, udah pasti bisa jadi jagoan untuk melindungi kulitmu dari penagruh buruk sinar UV.

Pokoknya, jangan lupa pakai pelembab sebelum berdandan ya!

3. Karena kamu ingin makeup sederhana, sapukan saja bedak tanpa perlu foundation atau BB cream sebelumnya

Saat kebanyakan cewek yang hobi dandan nggak pernah bisa ketinggalan dengan foundation atau bb cream. Kamu yang suka make-up sederhana, udah pasti nggak memerlukan dua benda itu. Selain menambah beban di wajahmu dan membuat pori-pori kulit semakin sulit bernapas, penggunaan foundation atau bb cream biasanya menjadi salah satu penyebab “medok”-nya sebuah riasan.

Daripada wajahmu terlihat seperti topen atau lenong, memilih menyapukan bedak tabur atau bedak padat setelah mengoleskan pelembab jadi cara tepat untuk bermake-up sederhana.

4. Untuk mempercantik mata, kamu pun cukup memilih akan menonjolkan bagian mata yang mana. Entah bentuk mata atau bulunya

Kamu punya bentuk mata yang tegas, tapi sayang bulu matamu kurang lentik. Atau matamu yang sayu justru punya bulu mata yang lentiknya aduh hai. Udah nggak perlu bingung, kamu tetap bisa tampil dengan maksimal tapi tetap sederhana dengan sapuan eyeliner atau mascara saja. Atau kalau memang kamu ingin memakai kedua-duanya, pastikan proporsinya juga tidak berlebihan alias tipis-tipis saja.

5. Alis yang indah juga nggak perlu kamu gambar dengan pensil, cukup rapikan dengan sisir

Nggak perlu digambar alisnya mbak...

Nggak perlu digambar alisnya mbak… via etsn123.blogspot.co.id

Meng-alis memang jadi hobi kebanyakan cewek masa kini. Bahkan saat keluar rumah tanpa membentuk alis, rasanya seperti ada yang kurang. Tapi kalau kamu nggak ingin repot melukis alis, rapikan saja alismu dengan menggunakan sisir alis. Kamu juga bisa sapukan sedikit maskara yang sudah menggumpal untuk mempertegas warna serta bentuk alismu.

6. Supaya wajahmu terlihat segar, lip tint balm bisa jadi pengganti lipstik. Dijamin bibirmu nggak akan terlalu menor

red-lipstick-120420

Lipstik emang paling juara membuat wajahmu terlihat lebih segar. Setidaknya riasan make-upmu jadi lebih sempurna dengan sentuhan warna di bibirmu. Tapi, sayangnya kamu bukan tipe cewek yang suka memakai lipstik, kalau nggak untuk acara formal. Tenang, kamu bisa kok mengganti lipstik dengan lip tint balm. Warna yang lebih natural dari pelembab sekaligus perwarna bibir ini nggak akan membuat bibirmu terlalu menor. Paling tidak makeup sederhanamu jadi lebih hidup.

7. Membuat pipimu lebih merona, bisa dengan sapuan tipis blush on atau lip and cheek stain

Nggak ada salahnya juga kan membuat pipimu lebih merona dengan sapuan blush on? Kamu bisa memilih blush on warna-warna natural seperti merah muda, orange, peach untuk mendapatkan kesan lebih manis. Memoleskannya pun cukup tipis-tipis saja mulai dari tulang pipi sampai bagian telinga.

Kalau masih ragu untuk punya blush on, produk perona pipi sekaligus pewarna bibir lip and cheek stain bisa kamu gunakan. Cukup oleskan di pipi, pewarna bibir ini sudah bisa menempel alami.

Bagaimana, nggak ribet ‘kan dandan dengan makeup sederhana? Kamu juga nggak perlu khawatir terlihat norak dan menor. Siapa tahu make sederhanamu ini buat kamu lebih sering di lirik sama mas-mas kece… ehehehe…

Selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya