Kemampuan menjempret dengan kamera, saat ini sepertinya sudah menjadi sebuah keahlian yang layak buat dibanggakan. Kamu bisa memanen banyak pujian saat bisa membuat banyak orang dibuat terpesona dengan feeds Instagram-mu yang bikin eyegasm.

Tapi, kalau masih newbie dan baru belajar fotografi gimana?

Jawabannya bisa banget! Dan siapa sangka, ternyata ada banyak hasil jepretan yang didapat dari kamera. Nggak perlu bawa-bawa lensa yang gede dan berat, foto-foto yang instagramable ini bisa terjepret dengan paripurna cuma dengan kamera mirrorless yang ringan dan praktis. Eh, kamu yang bukan fotografer profesional juga bisa lho menghasilkan foto lucu kayak gini. Simak yuk! Siapa tahu kamu bisa mencontek trik fotonya. Bohong deh kalau kamu nggak pingin bisa foto se-instagramable ini. Hehehe.

1. Kamu harus jeli melihat objek yang potensial. Jendela yang cuma kamu buka tutup tiap hari, ternyata bisa jadi spot foto favorit!

Jendela biasa jadi luar biasa

Hal yang sering dipegang dan ditemui setiap hari, kadang tidak masuk hitungan sebagai benda yang cukup instagramable. Jendela adalah salah satunya. Tiap pagi hari dibuka, sore hari ditutup. Tapi jarang dijadikan latar foto. Sesekali, coba deh! Siapa tahu nantinya jadi spot fotomu yang terfavorit!

2. Biar nggak sendirian, kamu bisa ajak hewan peliharaanmu buat jadi modelnya lho. Asalnya nggak banyak gerak saja dianya

Eh ada kaki

Memotret satu objek kadang masih terasa kosong hasilnya buatmu. Kayak kurang rame gitu. Nah, kali ini kamu bisa coba menambah objek foto satu lagi, yaitu hewan peliharaanmu. Kucingmu, kura-kuramu, atau anjing kecilmu contohnya! Syaratnya satu, asal nggak banyak gerak saja. Hehehehe.

3. Siapa bilang wefie di kaca spion mobil hasilnya biasa saja? Malah kamu wajib segera mencobanya!

Wefie yuk!

Wefie dan selfie di cermin yang ada di toilet sudah terlalu biasa. Coba tempat baru deh, spion kaca mobilmu! Ajak puppy-mu untuk berpose menghadap spion deh. Karena nggak cuma wajahmu yang nampak, pemabdangan sekitar juga bisa terlihat lho apiknya!

4. Coba suruh puppy-mu pose saat duduk di jok depan mobilmu. Aduh, lucunya keterlaluan deh ya!

Gukguknya lucu

“Puppy! Yuk pose. Satu, dua, tiga, cekrik!”

5. Perpaduan warna adalah kunci! Biru, kuning, dan hijau siap jadikan jepretanmu eyegasm secara paripurna

Perpaduan warna yang mantap

Memadukan warna adalah sebuah keharusan, bahkan dari tiga warna yang berbeda bisa menghasilkan foto yang epic-nya luar biasa. Biru dari langit, kuning dari bebatuan, dan hijau dari rumput dan mobilmu bisa bikin feeds Instagram-mu makin cantik, lho!

6. Memamerkan keindahan alam di sekitarmu, bikin siapa saja yang lihat fotomu adem hatinya

Dari tenda

Untukmu yang gemar sekali bepergian ke tempat-tempat yang super indah mengabadikan setiap spot dan sudutnya adalah sebuah keharusan. Kamu pun pasti nggak ingin dibuat ribet dengan membawa kamera yang berat. Kamera mirrorless dari Panasonic Lumix GF9 bisa kamu andalkan buat mengabadikan setiap momen serumu. Kualitasnya sudah 4k, lho! Hasilnya pun nggak perlu kamu ragukan lagi, guys.

7. Kelihatan sepele, tapi gelas putih bisa bikin fotomu yang biasa jadi aesthethic secara maksimal!

Fokus ke gelas

Coba deh mainkan kameramu dengan objek-objek yang nggak terduga. Gelas putih yang cuma kamu pakai ketika minum, coba sekali ini pakai untuk foto-foto. Kebetulan ada puppy-mu juga, coba fokuskan ke gelasnya dulu. Lucu, ‘kan?

8. Coba ubah fokusnya! Latar putih sekarang lagi disukai, sering-sering berburu spot di dalam rumahmu deh

Fokus ke puppy

Kalau tadi kamu lebih fokus ke gelasnya, sekarang ubah fokus ke guk-gukmu deh. Kurang instagramable gimana coba? Ditambah lagi latar belakang fotonya yang putih. Gampang ditemui di banyak spot dalam rumahmu, tuh.

Kadang, mengabadikan aktivitas harianmu hasilnya nggak selalu memuaskan dan bagus. Bahkan, terkesan biasa saja. Tapi, ternyata ada beberapa faktor yang bikin fotomu nantinya jadi instagramable seperti harapanmu. Angle, komposisi warna, dan kualitas kameramu. Sayang sekali ‘kan kalau style-mu sudah OK tapi resolusi kameranya biasa saja. Tapi, hasilnya akan berbeda saat dijepret dengan kamera mirrorless Panasonic Lumix GF9.

Kualitas 4k-nya yang sudah terbekali untuk Photo & Post Focus dan selfie-nya, yakin deh akan membuatmu nggak bosan untuk menjepret foto berkali-kali saking bagusnya. Semakin dimanjakan dengan adanya fitur Panorama selfie-nya deh kamu nantinya. Ngasih efek flawless pun nggak perlu repot memindahkannya ke smartphone dulu, karena sudah lengkap dengan In-camera Beauty Retouch.

Kamu bisa dapetin foto-foto apik dengan kamera mirrorless praktis yang hasilnya nggak akan membuatmu kecewa. Sudah, simpan saja lensamu yang berat dan makan tempat. Kalau yang praktis saja hasilnya memuaskan, kenapa harus bawa yang berat? 🙂

Kamu yang masih newbie, dijamin bisa dan nggak mustahil kok bisa mempercantik feeds Instagram-mu pake foto latar sederhana ini. Selamat mencoba-coba ya!