Menurutmu, perlu tidak sih hapus kontak dan unfollow semua media sosial mantan setelah putus?

Salah satu cara mudah untuk move on tentu saja dengan menghilangkan jejak-jejak sang mantan dari seluruh aspek kehidupan. Dengan begitu, diharapkan perlahan-lahan perasaanmu mulai memudar dan akhirnya kamu bisa melupakan. Sayangnya, untuk nge-block atau delete contact sang mantan membuatmu merasa kekanak-kanakan.

Tapi, move on memang butuh usaha. Untuk kamu yang merasa enggan hapus semua kontak dan unfollow semua media sosial mantan karena merasa itu kekanak-kanakan, kamu bisa menyiasatinya dengan aplikasi. Beberapa aplikasi yang Hipwee Tips kumpulkan kali ini memang diperuntukkan untuk kamu yang sedang berusaha melupakan. Check it out!

1. Aplikasi DrunkDial akan mencegahmu menghubungi mantan. Kalau sebelum telepon harus mengerjakan soal matematika dulu, males banget ‘kan?

DrunkDial via ca.complex.com

Sesuai namanya, sebenarnya aplikasi ini diperuntukkan bagi orang yang sedang mabuk yang di luar kesadarannya sering melakukan hal-hal yang akan disesali ketika dia sadar nanti.

Advertisement

Salah satunya tentu saja telepon mantan. Karena itu aplikasi Drunkdial dibuat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan itu. Kamu bisa mengatur siapa saja yang tidak mau kamu hubungi saat sedang mabuk. Nanti saat kamu mabuk, dan berniat menghubungi mantan, kamu diharuskan menyelesaikan soal-sial matematika yang maha sulit. Nah, bisa dicoba nih biar kamu nggak tergoda untuk menghubungi mantan lagi.

2. “Menghilangkan” mantan dari kehidupan facebook-mu itu penting. Dengan aplikasi Eternal Sunshine, kamu bisa menghilangkan aktivitas mantan tanpa tekan ‘unfriend’. Bye bye mantan!

Eternal Sunshine via chanamaro.com

Facebook adalah salah satu situs penting yang menjadi prasasti hubunganmu dengan sang mantan. Ingat nggak dulu kamu saling tag-tag-an foto, komen-komenan dan nge-like status pasangan? Belum lagi, Facebook juga akan mengabarimu setiap aktivitas sang mantan. Bukan mustahil suatu saat kamu akan menemukan mantanmu memasang status ‘in relationship’ dengan orang lain.

Untuk itu, kamu perlu aplikasi Eternal Sunshine, yang akan menyembunyikan semua aktivitas mantanmu dari facebook. Aplikasi ini berlaku untuk browser Chrome. Kamu nggak akan melihat update statusnya, apa yang dia like, dan apa yang dia komentari. Jadi tanpa harus unfriend dan block, kamu sudah bisa menghilangkan mantan!

3. Malu nggak sih kalau kamu ketahuan masih suka hubungi mantan? Nah, aplikasi Ex Lover Blocker ini akan mempermalukanmu di depan teman-teman kalau kamu berani telepon mantan

DUh, tapi dalam bahasa Brazil~ via www.papodebar.com

Oke, mudah memang orang menyuruhmu untuk berhenti menghubungi mantan kalau mau move on beneran. Sesekali, kamu juga merindukan suaranya dan kata-katanya yang menenangkan. Kamu jadi galau seharian, dan tanpa sadar tangan sudah mencet-mencet nomor mantan.

Sekarang bayangkan bila ada aplikasi yang rese abis, dan hobi memberitahukan perbuatanmu ke semua orang.

Hari ini kamu telepon mantan, nanti di facebookmu akan pengumuman bahwa kamu baru saja telepon mantan. Kamu baru saja telepon mantan! Malu nggak? Nah, inilah cara kerja aplikasi Ex Lover Blocker yang berasal dari Brazil ini. Rasa malu karena semua orang akan tahu kamu masih sering menghubungi mantan akan membuat niatmu urung sendiri.

4. Bila Eternal Sunshine menyembunyikan aktivitas mantanmu, KillSwitch akan menghapus semua foto-foto dan postingan tentang kamu dan mantanmu. Lumayan lah, siapa tahu bisa juga menghapus kenangan

KillSwitch via wallstreetinsanity.com

Cara kerja KillSwitch mirip-mirip dengan Eternal Sunshine. Bedanya, bila Eternal Sunshine menyembunyikan, maka KillSwitch menghapusnya.

Aplikasi ini akan mengidentifikasi you-know-who itu dari profil Facebookmu, kemudian menghapus semua hal yang melibatkan dia mulai dari foto, posting-an dan kometar-komentar. Aplikasi ini sangat bermanfaat bila dulu kamu termasuk seorang yang aktif PDA, alias suka pamer kemesraan di media sosial. Sekali klik, profil Facebookmu akan bersih dari mantan, seolah-olah kalian nggak pernah jadian.

Uniknya lagi, kamu juga nggak perlu unfriend dia, tapi aplikasi ini akan menyembunyikannya dengan sempurna. Tenah hidup tanpa direcoki update-an mantan.

5. Kadang hasrat menghubungi mantan memang nggak tertahankan. Tapi kamu bisa mengatasinya dengan aplikasi Designated Dialer, yang akan menyambungkanmu ke nomor layanan sosial saat kamu nekat telepon mantan

Designated Dialer via android.m.brothersoft.com

Bila dipermalukan di facebook dengan aplikasi Ex Lover Blocker masih belum cukup mengurungkan niatmu, kamu harus pakai aplikasi Designated Dialer!

Jadi kalau kamu benar-benar nekat menekan tombol ‘call’ pada nomor mantan, kamu nggak akan bertemu dengannya, melainkan akan tersambung ke nomor-nomor layanan masyarakat seperti pemadam kebakaran, petugas jalan tol, rumah sakit, dan sebagainya.

Aplikasi ini berbayar, alias nggak gratis. Tapi demi move on yang lancar jaya dan hati yang sehat kembali, worth it saja bukan?

6. Kalau kamu benar-benar nggak mau ketemu mantan, kamu bisa menggunakan aplikasi Split, yang akan memperingatkanmu jika ada mantan di tempat yang akan kamu tuju. Jadi kamu bisa menghindar deh~

Escape route~ via www.pastemagazine.com

Menghindari mantan di telepon dan media sosial sudah. Sekarang bagaimana dengan kehidupan di dunia nyata? Bisa saja kamu ketemu mantan waktu sedang menunggu kereta di stasiun kesayangan. Kalau kamu berniat menghindari mantan di dunia nyata juga, kamu boleh install aplikasi Split.

Aplikasi ini terkoneksi dengan dengan Instagram, Twitter, Facebook, dan Forsquare, yang akan memberi notifikasi bila mantan ada di tempat yang sama yang sedang kamu tuju. Semacam diam-diam memata-matai agar tidak perlu bertemu dan terpaksa basa-basi. Untuk menggunakan aplikasi ini, tentunya kamu harus berteman dengan mantan di media-media sosial tadi 🙂

7. Supaya mantanmu nggak SMS atau telepon-telepon lagi, pakai aplikasi Mr. Number. Dijamin hidupmu tenang kembali

Mr. Number via www.gadgetdaily.xyz

Barangkali kamu dan pasanganmu adalah pasangan konvensional yang memilih Telepon dan SMS daripada Chat dan Video Call, maka aplikasi Mr. Number adalah aplikasi yang tepat untukmu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghindari mantanmu yang masih sering iseng menghubungi.

Cara kerja aplikasi ini akan mencatat nomor-nomor yang nggak kamu inginkan untuk ditolak panggilannya. Kamu bisa memilih jenis penolakannya, apakah dibuat nggak nyambung sama sekali, atau diteruskan ke voicemail. Gratis, lho!

8. Kalau kamu mau yang praktis, pilih Block Your Ex yang akan membuat Browsermu menghapus seluruh akun media sosial mantan dalam sekali sikat

Block your ex! via www.digitaltrends.com

Ini yang paling praktis dan cocok buat kamu yang ogah ribet. Aplikasi Block Your Ex akan membantumu menghapus dan menyembunyikan semua aktivitas mantan dari semua situs dan media sosial dalam sekali klik.

Aplikasi yang berbasis browser ini akan membantumu menghilangkan jejak-jejak mantan dari semua media sosial yang bisa kamu akses via browser-mu. Jadi, sekarang kamu bisa tenang berselancar di dunia maya. Anggap mantanmu nggak pernah ada. Uniknya lagi, kamu bisa mempergunakan aplikasi ini untuk menghilangkan sampai lima mantan sekaligus. Ya siapa tahu mantanmu banyak. Hehe…

Ada yang cukup tegar dan merasa tidak perlu melenyapkan mantan dari segala aktivitas sosial baik secara real ataupun digital. Tapi ada juga yang harus menghapus semua jejak-jejak mantan dari kehidupannya untuk bisa cepat melupakan.

Nggak apa-apa, toh, setiap orang punya cara sendiri-sendiri untuk menyembuhkan patah hati. Daripada pura-pura tegar mempertahankan pertemanan dengan mantan tapi kamu masih nangis berdarah-darah setiap malam? Daripada kamu nggak segera move on dan malah berharap bisa balikan? Sudah, block saja!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!