Siapa sih yang nggak mendambakan bibir yang sehat, merekah merona bak bibir bayi yang belum tersentuh produk pewarna bibir apapun? Rasanya mustahil ya, ada yang tak menginginkan bibir sehat dengan warna merah alami. Ya, minimal warnanya cukup cerah dan nggak ada retak-retak kekeringan yang mengganggu. Sayangnya, dengan aktivitas kita sehari-hari, yang getol panas-panasan di bawah sinar matahari dan bereksperimen dengan beragam lipstik, agak sulit mendapatkan bibir sehat tanpa usaha.

Tenang, tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam kamu bisa kok mengkreasikan sendiri eksfoliator bibirmu dengan bahan-bahan alami kaya manfaat. Dengan memanfaatkan 8 bahan utama untuk scrub bibir ini, dijamin bibirmu akan lebih sehat, lembut dan kecup-able!

1. Manfaatkan gula sebagai butiran scrub alami untuk menggerus sel kulit mati di bibirmu. Coba brown sugar yang tak cuma manis, tapi juga banyak manfaatnya!

Manis-manis gimana gitu~ via food.ndtv.com

Advertisement

Gula menjadi salah satu bahan dasar utama eksfoliator bibirmu. Nggak perlu panik kalau kamu sulit menemukan gula cokelat atau brown sugar di daerahmu. Gula putih juga bisa kok digunakan meski mungkin warna dan rasanya nggak seoke brown sugar.

Yang pasti, untuk membuat scrub bibir sendiri, kamu perlu minimal 2 bahan, seperti gula dan minyak atau madu. Sisanya bebas jadi tambahan untuk memperkaya manfaatnya.

2. Tambahkan beberapa tetes madu dalam adonan scrub bibir alamimu. Selain memberikan tekstur licin, juga bisa membantu melembapkan bibirmu

bahan kecantikan klasik untuk sejuta umat via www.dabur.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu memiliki segudang manfaat untuk kulit, tak terkecuali bibirmu. Tambahkan madu untuk melembapkan dan menutrisi bibirmu saat mengeksfoliasi bibir, ya!

3. Ingin mencerahkan sembari membuang sel kulit mati di bibir? Kamu bisa tambahkan tetesan air lemon dan parutan kulit lemon di scrub bibirmu, ya!

Kulit lemon bisa dimanfaatkan jadi banyak kreasi lho! via www.tasteofhome.com

Advertisement

Air lemon mengandung asam laktat yang terbukti dapat membantu mencerahkan bibir yang menghitam karena sering terpapar macam-macam produk atau karena terpapar sinar matahari. Jangan ragu tambahkan air lemon sekaligus parutan kulitnya buat mengeksoliasi bibirmu, ya!

4. Sama seperti madu, minyak zaitun bisa digunakan untuk membantu melancarkan proses eksfoliasi sembari menutrisi bibir yang kering dan pecah-pecah

minyak zaitun kaya manfaat via www.rd.com

Jangan lupa menambahkan extra virgin olive oil atau minyak zaitun murni saat kamu sedang meracik ramuan untuk scrub bibir. Minyak zaitun kaya akan kandungan triasilgliserol dan vitamin E yang akan sangat membantu menutrisi kulit bibirmu.

5. Tambahkan minyak esensial peppermint pada ramuan scrub bibirmu. Selain memberikan sensasi semriwing, juga ampuh untuk melembutkan bibir~

peppermint ternyata manfaatnya segudang via www.care2.com

Kamu bisa membuat eksfoliator atau scrub sederhana untuk bibirmu dengan gula dengan madu, atau gula dengan minyak zaitun. Tambahkan ekstrak minyak peppermint untuk ekstra aroma yang segar dan tambahan manfaat untuk bibir lebih lembut dan kenyal.

6. Nggak punya minyak zaitun? Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa murni sebagai bahan dasar eksfoliator bibirmu. Boleh juga menggabungkan keduanya

Bisa jadi salah satu bahan utama lho! via beritagar.id

Minyak kelapa bisa membantu menutrisi dan melembapkan bibirmu. Bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan minyak zaitun sebagai bahan dasar scrub bibirmu.

7. Ingin memberikan aroma unik tambahan pada scrub bibir? Boleh lho menambahkan bubuk cokelat

Nggak cuma enak jadi bahan minuman lho via www.vitacost.com

Menambahkan bubuk cokelat pada ramuan scrub bibir nggak cuma memberikan aroma khas yang menyenangkan (terutama buat penggemar cokelat), tapi juga bisa membantu menutrisi dan mengikis kulit mati di bibir. FYI, kakao atau cokelat mengandung magnesium, zat besi, kromium, vitamin C, dan zinc. Sst, kalau punya modal lebih, kamu juga bisa lho menggunakan cocoa butter sebagai pelembap tambahan untuk bibir yang super lembap.

8. Bubuk kopi kaya akan kandungan kafein yang membantu meramajakan bibir, menjadikannya lebih kencang dan berwarna cerah. Plus, wanginya sedap!

Wanginya pasti semerbak nih! via food.ndtv.com

Gunakan kopi sebagai bahan tambahan pada racikan scrub bibirmu. Tambahkan bubuk kopi ini pada campuran minyak dan gula atau madu dan gula untuk membuat bibir lebih sehat dan berwarna cerah alami.

Tuh, nggak sulit ‘kan merawat bibir dengan bahan-bahan alami yang harganya relatif terjangkau? Yang pasti kamu wajib memiliki 2 bahan utama, seperti minyak atau madu dan gula. Tapi untuk kekuatan lebih, kamu bisa banget menambahkan bahan-bahan lain. Just be creative, guys! Kalau rutin dilakukan, minimal 2 kali seminggu, yakin deh bibir kamu pasti bakal lebih sehat dan kece. Jangan lupa dicoba di rumah ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya