Moment hari kemenangan atau yang kita kenal dengan lebaran memang luar biasa dampaknya. Bukan hanya sekedar makan makanan enak saja, tapi juga mempertemukan para saudara. Anggota keluarga yang semula jarang bertemu atau bahkan tak pernah bertemu, dengan mudahnya berkumpul saat moment lebaran tiba.

Lebaran sudah usai, lalu bagaimana agar ikatan ini tetap terjaga dengan baik? Kamu bisa coba tips-tips ini, nggak cuma menjaga hubungan dengan orang tua tapi juga dengan keluarga lainnya.

1. Teknologi sudah makin cetar, jauhnya jarak dan perbedaan waktu bukan lagi alasan untuk tidak bertanya kabar

Halo Pa...

Halo Pa… via digitalistmag.com

Advertisement

Kalau sebelumnya kamu hanya telepon ke orang tua tiap bulannya, coba sekarang telepon ke sanak saudaramu juga. Nggak harus sering-sering, beberapa bulan sekali pun tidak masalah yang penting ikatan persaudaraan tetap kuat terjaga.

2. Kalau ada anggota keluarga yang sedang berbahagia, ikutlah merayakan dan memberi ucapan selamat juga

Happy lahir deek....

Happy lahir deek…. via youtube.com

Saat sepupu atau anggota keluargamu melahirkan, ulang tahun, menikah atau bentuk kebahagiaan lainnya, ikutlah merayakan. Jika kamu sedang berhalangan hadir paling tidak berikan lah ucapan selamat secara pribadi agar terkesan lebih menghargai.

3. Ngasih sesuatu ke keponakan nggak melulu angpao lebaran, kejutan di hari biasa juga tak kalah mengesankan

Asyik dapet mainan

Asyik dapet mainan via gridserver.com

Hubunganmu dengan keponakan-keponakan kecilmu tak boleh terputus seiring habisnya angpao lebaran yang kamu berikan padanya. Berikan surprise barang-barang kesukaannya di hari yang tidak dia duga-duga. Kamu bisa memberikannya langsung maupun mengirim ke rumahnya kalau tidak sempat, so sweet ‘kan?

4. Pasang lagi foto saat lebaran bersama keluarga di sosial media , lalu tag mereka agar kembali terasa akrabnya

Selfie dulu yuk Ma..Pa..

Selfie dulu yuk Ma..Pa.. via simplyrecipes.com

Advertisement

Rasa persaudaraan terutama dengan saudara jauh memang kadang mengendur, apalagi jika dalam jangka waktu yang lama tidak saling bertemu.

Coba ingatkan lagi betapa kuatnya persaudaraan kalian yang sempat terbingkai dalam sebuah foto kala lebaran waktu itu. Unggah di media sosial dan tag saudara-saudaramu pasti kalian akan kembali saling merindu.

5. Saat liburan pendek atau sabtu-minggu, cobalah berkunjung ke rumah saudara yang dekat dengan kota tempat tinggalmu

Adek-adek main sama kakak ya...

Adek-adek main sama kakak ya… via simplyrecipes.com

Kamu yang kuliah atau bekerja di kota-kota besar mungkin merasa cukup jauh kalau harus pulang ke rumah orang tua. Tidak ada salahnya kalau kamu pulang ke rumah saudaramu yang dekat saat liburan yang kamu dapat tak seberapa panjang. Hitung-hitung mengeratkan tali persaudaraan.

6. Saat ada reuni keluarga jangan lupa untuk selalu berusaha ikut serta meramaikannya

Makan dengan keluarga

Makan dengan keluarga via yieldtowv.wordpress.com

Biasanya keluarga-keluarga besar sering mengadakan acara reuni keluarga. Kalau kamu punya kesempatan untuk menghadirinya jangan lupa untuk ikut serta. Disana kamu akan mengenal semakin banyak anggota keluarga. Bahkan mungkin yang belum pernah kamu temui sebelumnya, siapa tahu dapat jodoh saudara jauh juga. Hehe…

7. Kalau ada keluarga yang kebetulan mengunjungi kota tempatmu tinggal, luangkan waktumu untuk menemani mereka

rekreasi keluarga

rekreasi keluarga via yuliamuharomah.wordpress.com

Jika ada keluargamu yang kebetulan sedang berlibur di kota tempatmu tinggal, jangan segan untuk menemui mereka dan menemani jalan-jalan. Ajak mereka berkeliling kota dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang seru. Atau kalau kamu punya rezeki berlebih, undang keluargamu untuk datang berlibur ke kotamu dan bayari semua keperluan mereka :))

8. Saat ada kesempatan untuk pulang, PULANGLAH NAK! Kita tidak tahu sampai kapan kita punya waktu

masak sama tante

masak sama tante via childrensfoodtrust.org.uk

Sesebentar apapun waktu liburanmu jika ada kesempatan untuk pulang ke rumah dan bertemu dengan keluarga maka pulanglah. Semakin dewasa usiamu semakin sedikit kesempatan untuk pulang. Jika kamu masih punya kesempatan untuk melakukannya kenapa tidak menggunakannya? Yuk pulang lagi

“Semakin dewasa usiamu semakin sedikit kesempatan untuk pulang.”

Semoga ikatan persaudaraanmu dengan keluarga selalu terjaga dengan baik, ya! Karena hanya keluarga lah yang mau menerima kita tanpa syarat apapun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya