Siapa sih yang gak tau lampion? Hiasan dari kertas ini akan menghasilkan pijaran cahaya yang temaram. Inilah yang membuatnya makin elok untuk dijadikan dekorasi ruangan. Bahkan, gak cuma itu saja. Bentuk lampion gak melulu bundar, kamu bisa membuat aneka ragam bentuk lainnya supaya hiasan ini makin catchy.

Kamu juga ingin menghiasi penjuru rumah dengan lampion ini? Tenang, gak perlu beli! Karena kreasi lampion berikut bisa dibikin sendiri bahkan hanya dengan waktu 10 menit saja!

1. Lampion dari galon mini dan sendok plastik ini dijamin bikin tiap orang yang melihatnya langsung jatuh hati.

lampion dari sendok

lampion dari sendok via www.pinterest.com

Punya banyak sendok plastik yang terpakai di rumah? Jangan buang dulu! Karena bahan sepele ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk membuat lampion. Hanya butuh waktu 5 menit membuatnya, namun bisa dipastikan hasilnya akan sangat memukau dan tahan lama. Penasaran gimana cara bikinnya?

Bahan yang dibutuhkan :

Advertisement
  • Galon mini
  • Sendok platik
  • Lem tembak

Cara membuat :

  • Potong gagang sendok plastik, hanya kepalanya saja yang digunakan (lihat gambar)
  • Gunakan lem tembak untuk merekatkan kepala sendok ke badan galon
  • Perhatikan susunannya seperti gambar di atas dan pastikan semua badan galon sudah tertutupi ya
  • Masukkan lampu ke dalam badan galon dan gantungkan

Voila! Lampion elegan bikinan sendiri siap menghiasi ruanganmu.

2. Rekatkan cangkir plastik ke seluruh badan lampion. Cahaya temaram yang dihasilkan akan membuat lampion ini nampak elegan.

gelas plastik

gelas plastik via www.pinterest.com

Seperti halnya sendok plastik, kamu bisa memanfaatkan cangkir plastik bekas secara maksimal!

Bahan :

  • Lampion sudah jadi, bisa dibeli
  • Cangkir plastik pendek warna putih, secukupnya
  • Lem tembak

Cara membuatnya sangatlah mudah, kamu hanya harus merekatkan semua cangkir plastik ke seluruh badan lampion. Untuk membuat lampion satu ini hanya butuh niat dan ketekunan kok. Jika sudah jadi, kamu bisa menempatkannya di ruang favoritmu. Cahaya temaram yang dihasilkannya bakal membuat rumahmu lebih terasa cozy sekaligus elegan.

3. Gelas kertas gak cuma bisa untuk wadah air minum. Kamu bisa menggantungnya terbalik untuk hiasan lampu tidur.

gelas plastik

gelas plastik via www.pinterest.com

Bahan :

  • Gelas kertas
  • Pulpen, untuk melubangi
  • Lampu kabel

Caranya sangat sederhana, tusuk pantat gelas kertas dengan pulpen. Kemudian gantungkan gelas kertas di setiap bohlam lampu dengan posisi terbalik. Lampu tidur lucu siap menghiasi kamar tidurmu.

4. Potong kaleng soda sesuai pola dan beri warna. Voila! Jadi deh, lampion gantung yang memanjakan mata.

kaleng soda

kaleng soda via www.spryciarze.pl

Hobi minum minuman bersoda? Kumpulkan kaleng bekasnya, pasalnya kaleng soda bekas ini bisa digunakan sebagai bahan baku lampion. Untuk membuatnya juga gampang banget dan gak lebih ribet dari pelajaran seni anak SD.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan :

  • Selotip
  • Kaleng soda
  • Penggaris
  • Cutter
  • Pilox

Cara membuat :

  • Berikan selotip pada sisi bawah dan atas kaleng soda, lihat gambar 1
  • Dengan bantuan penggaris, ukur bagian atas dan bawah kaleng soda lalu buat garis vertikal kemudian potong dengan cutter
  • Pastikan kamu tidak memotong bagian kaleng yang tertutup selotip
  • Kemudian tarik ke luar bagian kaleng soda yang sudah dipotong, lihat gambar 3 dan 4
  • Semprot dengan pilox warna kesukaannmu dan tunggu hingga kering
  • Tempatkan lilin ke dalam badang kaleng soda

Lampion bikinan sendiri siap digunakan!

5. Suka sama lampion dengan badan yang gak tertutup rapat? Kamu bisa bikin sendiri hanya berbekal balon dan benang.

balon dan tali rotan

balon dan tali rotan via zszywka.pl

Bahan :

  • Balon
  • Spidol
  • Lem
  • Benang tebal

Cara membuat :

  • Tiup balon hingga sebesar ukuran lampion yang kamu inginkan
  • Beri batasan dengan memberikan tanda membulat dengan spidol seperti pada gambar
  • Lilit semua badan balon dengan benang dan lem
  • Setelah berbentuk membulat, kempeskan dan keluarkan balon

Tadaa…lampion unik siap digunakan!

6. Masih mikir kalo bikin lampion itu ribet? Coba deh bikin lampion kaleng yang cuma butuh 3 bahan dasar aja.

Kaleng

Kaleng via zszywka.pl

Ingin membuat lampion yang tahan lama dan bisa digunakan di luar ruangan? Well, kamu bisa memanfaatkan kaleng makanan atau kaleng susu untuk membuatnya. Bahannya yang keras dijamin lebih tahan lama dan gak cepat rusak ketika diletakkan di luar ruangan.

Bahan :

  • Kaleng bekas
  • Paku dan Palu
  • Kawat

Cara membuat :

  • Lubangi badan kaleng dengan menggunakan paku dan palu dan membentuk pola tertentu
  • Pola bebas, makin banyak lubang makin terang pula lampion buatanmu
  • Tempatkan lilin di dalam lalu gantung kaleng dengan menggunakan kawat

7. Sulap toples dan botol selaimu jadi lampion aneka warna. Kamu cuma butuh flanel dan kertas krep saja.

botol selai

botol selai via coisaseideias.com

Bahan :

  • Botol selai
  • Toples
  • Kertas krep
  • Kertas flanel (optional)
  • Lem

Cara membuat :

  • Tutup seluruh badan dalam toples menggunakan kertas krep dengan bantuan lem (warna bebas, sesuai selera)
  • Tambahkan kertas flanel untuk membentuk wajah karakter favorit
  • Letakkan lilin atau lampu di dalam botol selai / toples

Lampion murah nan menawan siap menghiasi sudut rumahmu.

8. Berbekal sedikit kreatifitas dan kertas origami, kamu bisa bikin lampion mini untuk lampu tidur sendiri.

kertas origami

kertas origami via www.weddingomania.com

Supaya kamar tidurmu makin terlihat hangat sekaligus ceria, kamu bisa membuat lampion mini yang digantungkan di lampu tidurmu. Untuk membuatnya hanya membutuhkan 2 hal saja : kertas origami dan ketekunan. Yuk, simak tutorial lengkapnya di sini.

Kamu paling suka lampion nomor berapa?