7 Ide Penempatan Lampu di Ruangan, Suasana Jadi Lebih Dramatis!

Ide penempatan lampu di rumah

Dalam sebuah rumah atau apartemen, lampu pada dasarnya adalah sumber penerangan yang wajib banget dipasang. Kalau nggak ada lampu, tempat tinggalmu bakal gelap gulita, dong. Tapi, selain fungsi utamanya itu, lampu itu bisa jadi elemen desain interior yang efektif buat bikin efek yang lebih keren dan dramatis di sebuah ruangan.

Ini karena bentuk lampu itu beragam dan bisa dikreasikan macem-macem. Mulai dari lampu gantung dengan bentuk atau material yang indah, lampu-lampu yang penempatannya cerdas atau tersembunyi, atau dengan teknologi lampu sekarang, kamu juga bisa ngatur warna-warna lampu selain putih dan kuning. 

Lampu atau pencahayaan di rumah itu bisa juga jadi representasi dari kepribadian dan suasana hati pemilik tempat tinggalnya, loh. Kalau lagi happy, pencahayaan di rumah bisa diatur jadi terang dan warna-warni. Waktu lagi sedih, pencahayaan cenderung lebih redup dan hangat.

Nah, buat kamu yang ingin tampil beda dan punya kepribadian yang eksentrik, ide-ide penempatan lampu dari Dekoruma berikut ini mungkin bisa jadi pilihan. Dengan begitu, tempat tinggalmu bisa tampil lebih dramatis dan menarik. 

Advertisement

1. Pencahayaan lemari dapur yang cerdik dan tersembunyi. Strip lampu di bawah dan belakang kabinet untuk aksen lampu yang lebih dramatis

Photo by Architecture Art Design

Photo by Architecture Art Design via https://www.architectureartdesigns.com

Ini yang dimaksud dari penempatan lampu yang cerdas dan tersembunyi. Adanya kesan yang lebih halus dan nggak terlalu eksplisit. Seperti yang kamu bisa lihat, strip lampu LED dipasang di belakang lemari dapur, di bawah konter dapur dan kitchen island. Ada juga lampu yang dipasang di rak dinding sebelah kanan.

Dengan begitu, dapur tampil lebih elegan dan dramatis. Apalagi kalau malam dan lampu utama ruangan dimatikan, lampu-lampu tersembunyi ini bakal jadi sumber penerangan tambahan yang lebih nyaman di mata dan kelihatan “membungkus” dengan cahaya.

Advertisement

2. Kilau lampu gantung kristal berdesain modern. Perpaduan reinterpretasi kemewahan klasik dan aksen pencahayaan yang menarik perhatian

Photo by The Spruce

Photo by The Spruce via https://www.thespruce.com

Lampu gantung kristal biasanya lebih sering ditemuin di rumah-rumah besar dan mewah berdesain klasik. Bentuk kaca kristal yang indah emang cocok buat tampilan yang elegan dan dramatis. Buat kamu yang huniannya berdesain minimalis kayak industrial atau Japandi (Japanese-Scandinavian), lampu gantung kristal sekarang juga tersedia dalam desain yang lebih modern.

Lampu gantung kristal yang desainnya modern biasanya nggak terlalu banyak ornamen atau kristal yang bergelantungan. Desain kacanya lebih fungsional dan disesuaikan sama desain minimalis yang lebih tegas dan netral. Walaupun begitu, lampu kristal berdesain modern bisa juga jadi aksen yang dramatis kalau ditempatkan dengan sesuai. Misalnya di atas meja makan atau di lorong pintu masuk menuju living area.

3. Nuansa etnik dan oriental yang kental. Lampu gantung model lampion, minimalis, manis, dan dramatis di saat bersamaan

Photo by Revitaliste

Photo by Revitaliste via https://www.revitaliste.com

Dilihat dari sudut pandang budaya, lampion itu identik banget sama perayaan Imlek. Tapi jangan salah, desain lampion tradisional banyak diinterpretasi dan dimodifikasi untuk tampil lebih modern dan kalem. Jadinya, lampion bisa jadi lampu gantung yang kasih kesan dramatis dan etnik di satu ruangan.

Memberikan nuansa oriental, lampion putih jadi jenis lampu gantung favorit untuk di dalam rumah. Dipadukan sama bohlam lampu kuning, lampu gantung model lampion kayak gini juga bisa kasih kesan yang lebih hangat dan unik, terutama dalam ruangan berdesain modern atau minimalis.

4. Pendaran anak tangga sebagai penuntun jalan dari lantai satu ke lantai dua. Bermain dengan ketinggian dengan Lampu LED di setiap undakan tangga

Photo by Design Cafe

Photo by Design Cafe via https://www.designcafe.com

Lampu gantung atau plafon buat tangga udah biasa. Mengadopsi desain dari pusat perbelanjaan atau resort berbintang lima, coba pasang beberapa titik lampu di bagian bawah tangga, sebelah anak tangga. Metode ini akan kasih efek lampu yang memanjang ke atas, menerangi bagian bawah tangga.

Versi lain dari lampu di anak tangga ini adalah ditempatkan di undakan anak tangga atau bagian tengah antara anak tangga bawah dan atas. Penggunaan lampu seperti ini kasih efek “jalan setapak bercahaya” yang berpendar, ngasih efek yang mewah dan dramatis. Sistem penerangan tangga seperti ini juga mengurangi risiko orang untuk kesandung atau jatuh karena ketinggian anak tangga jadi kelihatan lebih jelas, terutama pas malam hari. 

5. Cermin yang glowing buat wajah yang glowing. Cermin kamar mandi yang dilengkapi lampu di bagian belakangnya.

Photo by Love Property

Photo by Love Property via https://www.loveproperty.com

Ketika berkaca di kamar mandi, biasanya kita cuma mengandalkan lampu plafon atau lampu dinding tambahan di atas atau samping kaca kamar mandi. Supaya pencahayaan saat bercermin lebih maksimal, coba pasang cermin yang terpasang lampu di bagian belakang.

Penempatan lampu LED di bagian belakang ini bikin pencahayaan yang lebih luas dan halus. Wajah pun jadi kelihatan lebih terang dan jelas waktu bercermin di kamar mandi. Cermin kamar mandi berlampu kayak gini juga bisa jadi sumber penerangan sekunder di kamar mandi waktu lampu utama kamar mandi dimatiin.

6. Keren dan dramatis banget! Headwall kamar tidur dengan kayu bertekstur, lengkap sama pencahayaan di bagian belakang

Photo by Madscreation

Photo by Madscreation via https://madscreations.in

Tembok di belakang tempat tidur itu bisa dibilang adalah salah satu kanvas yang bisa kamu kreasikan, loh. Bukan cuma dicat dengan warna yang beda dari warna cat utama, tapi coba lihat inspirasi yang satu ini. Headwall tempat tidur dihias sama ukiran kayu yang bagian dalamnya dipasang lampu. Keren banget, kan? Apalagi kalau malam.

Buat kalian yang enggak suka tidur dalam keadaan gelap total, trik kayak gini cocok banget. Ukiran-ukiran kayu di dinding jadi kelihatan lebih tegas dengan bantuan lampu. Di bawah meja samping dan rangka tempat tidur pun juga dipasang strip lampu. Serasa nginep di hotel bintang lima, ya!

7. Terang, warna-warni, dan futuristik. Neon untuk interior rumah berikan tampilan dramatis yang muda dan berani

Photo by Archdaily

Photo by Archdaily via https://www.archdaily.com

Pasang lampu neon warna-warni bukan cuma buat gamers atau disc jockey (DJ) doang, kok. Untuk kamu yang suka sama hal-hal bernuansa futuristik atau cyberpunk, coba berkreasi dengan lampu neon berwarna cerah. Tentunya, ruangan di rumah bisa tampil lebih muda, apalagi kalau dibandingkan sama ide penempatan lampu sebelumnya di atas.

Satu hal yang perlu diperhatikan untuk pencahayaan neon adalah mengatur warna-warna neon dalam palet warna yang senada. Misalnya merah muda, ungu, dan biru. Kalau satu warna dengan warna lainnya terlalu kontras, justru ruangan bakal tampil aneh. 

Memasang lampu, apalagi sistem pencahayaan yang kompleks kayak beberapa ide di atas nggak selalu bisa dilakukan sendiri. Apalagi kalau mau ditempatkan di bawah rangka tempat tidur, sofa minimalis, atau belakang ornamen dinding yang kompleks. Jadi, nggak ada salahnya buat minta bantuan dari jasa desain rumah buat merealisasikan ide-ide yang udah dijelasin di atas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE