“Besok nge-gym aah…”

“Nanti sore jogging ah~”

Kita selalu punya niat untuk lebih rajin berolahraga. Sayangnya, niat itu nggak selalu berakhir jadi tindakan yang nyata. Walaupun sudah berjanji meluangkan waktu khusus untuk olahraga, ada saja yang bikin kita batal melakukannya. Misalnya saja rasa enggan untuk menyeret diri keluar kamar.

Advertisement

Supaya olahraga nggak cuma jadi mitos lagi, praktikkan deh 8 gerakan sederhana di bawah ini. Gak perlu ke gym atau jogging deh untuk tetap fit, karena kamu bisa melakukan 8 gerak badan ini di dalam kamar sendiri. Praktis, ‘kan? Nah, siap cari tahu apa saja gerakan-gerakannya?

1. Mulai sekarang gak boleh ada paha berlemak lagi. Kencangkan otot pahamu dengan gerakan high knees ini

High knees

High knees via greatist.com

Paha berlemak atau berselulit bukan pemandangan yang paling ideal. Karena itu, kamu perlu rutin melakukan gerakan yang bermanfaat mengencangkan otot paha. Gerakan high knees berikut adalah yang paling efektif membakar lemak di sekitar pahamu dan mengencangkannya.

Untuk melakukan gerakan high knees, berlarilah di tempat. Kemudian angkat pahamu satu-satu setinggi-tingginya seperti pada gambar. Sambil berlari, gerakkan tangan dan lenganmu ke depan dan ke belakang membentuk sudut 90 derajat.

2. Selain high knees exercise, gerakan kick butt di bawah ini juga bisa membantumu mengencangkan otot paha

Advertisement

Selain high knees, untuk membakar lemak di sekitar paha kamu layak mencoba kick butt exercise ini. Caranya pun kurang lebih serupa. Berlarilah di tempat, lalu angkat telapak kakimu ke belakang hingga menyentuh bagian bokong. Lakukan berganti-ganti antara kaki kanan dan kaki kiri, ya.

3. Gerakan jump squat ini mengencangkan otot paha dan betis.

Jump squats

Jump squats via greatist.com

Untuk melakukan jump squat, bukalah kakimu selebar pinggang. Pastikan jari-jari kakimu menghadap ke arah depan. Kemudian lakukan squatting alias berjongkok dengan menahan beban tubuhmu di paha. Nah, dari posisi squatting ini, lompatlah tinggi lalu mendaratlah dengan posisi kaki yang sebisa mungkin sama seperti posisi kakimu sebelum melompat. Setelah mendarat, segera kembalikan tubuhmu ke posisi squatting. 

4. Selanjutnya, lakukan gerakan t-push ups untuk mengencangkan otot lengan dan bahumu

T-push up

T-push up via greatist.com

Gerakan t-push up ini akan membantu mengencangkan otot bahu dan lenganmu. Tak perlu khawatir lagi deh sama lemak di lengan! Cara melakukan t-push up gampang saja. Pertama-tama turunkan tubuhmu ke bawah seperti sedang melakukan push-up biasa. Ketika mengangkat tubuhmu ke atas, pindahkan berat badanmu ke tubuh bagian kanan dan angkat lengan kirimu ke atas. Putar torso seperti pada gambar. Ambil napas. Turunkan tubuhmu ke posisi awal sembari menghembuskan napas. Kemudian ulangi gerakan ini dengan lenganmu yang satunya lagi.

5. Mau gerakan yang mengencangkan seluruh tubuh? Mountain climbers jawabannya

Mountain climbers

Mountain climbers via greatist.com

Mountain climbers adalah gerakan yang bisa membantu menguatkan otot dada, paha, bahu dan lenganmu. Mulailah gerakan ini dengan memposisikan tubuh seperti akan melakukan high plank (push-up dengan posisi tangan lurus 180 derajat seperti gambar). Lalu angkat lututmu satu per satu ke arah dada. Nah, jangan lupa usahakan agar tubuh bagian atasmu tak bergerak sembari kamu mengangkat lutut.

6. Gerakan yoga sederhana ini akan melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan pegal-pegal, dan menguatkan tulang.

Updog / downdog

Updog / downdog via www.womenshealthmag.com

Daripada rasa enggan keluar kamar bikin sesi olahragamu batal, lebih baik kamu praktikkan gerakan yoga ini deh. Pertama-tama, posisikan tubuhmu seperti pada gambar A. Sambil mengambil napas, angkat tubuhmu pelan-pelan sampai pada posisi di gambar B. Setelah menghirup napas kembalilah ke posisi A. Gampang, bukan?

7. Supaya perut bisa rata, lakukan gerakan leg lifts ini setiap harinya

Leg lifts

Leg lifts via greatist.com

Untuk mengencangkan otot pinggang dan perut, kamu layak mencoba gerakan leg lifts satu ini. Caranya pun mudah. Pertama-tama, berbaringlah dengan kaki terangkat 3-4 cm dari permukaan lantai. Lalu perlahan-lahan angkat kedua kakimu lurus ke atas. Ulangi gerakan ini selama 30 detik. Jika rutin dilakukan, mimpi punya perut rata bisa diwujudkan!

8. Gerakan “Superman” ini memang tampak agak lucu, tapi efektif menguatkan bahu serta punggungmu

Superman

Superman via greatist.com

Kalau kamu kuliah atau kerja kantoran, duduk berjam-jam di atas kursi sudah merupakan hal biasa. Tapi kalau tak olahraga selayaknya, punggung dan bahumu bisa cepat merasa pegal. Untuk mencegahnya nggak ada salahnya kalau kamu melakukan gerakan “Superman” seperti gambar di atas. Caranya pun mudah. Tengkuraplah di atas lantai dalam posisi kaki yang sejajar dengan pinggang. Letakkan tanganmu lurus di samping telinga. Selanjutnya, angkat lengan kiri dan paha kananmu secara bersamaan. Ulangi gerakan yang sama dengan lengan dan pahamu yang satunya.

PS: praktikkan 8 gerakan di atas masing-masing selama 30 detik. Dari satu gerakan ke gerakan yang lainnya, ambil jeda selama 10 detik untuk beristirahat. Sudah menyelesaikan semua gerakan ini? Selamat! Kamu bisa beristirahat selama 2-3 menit. Lalu ulangi gerakan pertama hingga kedelapan sebanyak 2 kali. Selesai deh sesi olahragamu untuk hari ini.

8 gerakan di atas sangat mudah kamu lakukan sendiri di kamar. Nah, nggak ada alasan buat skip olahraga lagi, bukan? Semoga tips dari Hipwee kali ini bisa membantu, ya. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya