Sebagai bukti kedatangan para tamu undangan, biasanya kamu akan menyediakan buku tamu kosong yang berisi kolom : nama, alamat, dan ucapan selamat. Alih-alih kamu simpan, buku tamu undangan malah tergelak begitu saja di gudang. Agar kenangan para tamu undangan lebih berkesan, buatlah “buku tamu” yang gak terlalu kaku.

Nah, tanpa perlu bingung mencari inspirasi bikin buku tamu yang unik untuk pernikahan nanti, 8 ide unik ini bisa kamu masukkan ke dalam list. 

1. Gak cuma pemilu yang bisa pakai tinta sebagai bukti kehadiran, sistem cap jari juga bisa diterapkan di hari pernikahan. Bahkan bisa dibuat jadi lukisan.

Guestbook atau buku tamu pernikahan yang unik

Guestbook atau buku tamu pernikahan yang unik via blog.lascelias.com

Advertisement

Cap jari memang identik dengan pemilu atau pengesahan surat-surat penting. Eits, sekarang kamu juga bisa menerapkannya sebagai buku tamu di hari pernikahan lho. Cukup buat sketsa gambar yang bisa ditambahkan bulatan, misalnya balon, pohon, atau bunga dandelion. Lalu sediakan tinta cap jari berbagai warna. Nah, sebagai bukti kehadiran, sarankan pada tamu untuk menempelkan sidik jarinya di sekitar gambar. Dengan ide seperti ini, kenangan hari pernikahan jauh lebih berkesan dan “buku tamu” bisa dijadikan sebagai hiasan.

2. Jepret setiap tamu yang datang dengan kamera polaroid, dan kumpulkan jadi album khusus atau hiasan dinding yang nyentrik.

Buku tamu pernikahan unik

Buku tamu pernikahan unik via www.mrs2be.ie

Kamu mengidam-idamkan pernikahan yang unik? Cara gampang kok. Selain mengandalkan tema yang tak biasa, kamu juga bisa menyediakan buku tamu yang anti mainstream. Gak melulu harus tanda tangan, kamu bisa mengumpukan gambar mereka dengan kamera polaroid yang lebih praktis.

Saat mereka datang, jepretlah dengan segera. Lalu berikan pena dan mintalah mereka menuliskan ucapan selamat. Nah, hasil foto ini bisa kamu kumpulkan dalam album khusus atau scrapbook. Bahkan kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan hiasan dinding di rumah baru.

3. Agar doa yang diberikan oleh para tamu undangan bisa menjadi nyata, satukan saja dan abadikan dalam puzzle bergambar.

Buku tamu undangan pernikahan unik

Buku tamu undangan pernikahan unik via ru-psiholog.livejournal.com

Advertisement

Agar tamu undangan yang hadir tak hanya mengucapkan selamat, ajaklah mereka untuk memanjatkan doa buat kalian berdua. Caranya, bikin saja buku tamu berbentuk puzzle. Kamu bisa membuatnya dari gambar prewedding yang dibuat sebelumnya. Lalu ajak para tamu untuk menuliskan doa-doa terbaik dan ucapan selamat di baliknya dengan spidol. Selain bisa menyatukan doa-doa pernikahan, puzzle seperti ini juga bisa dijadikan sebagai pajangan.

4. Tak melulu kudu pakai kertas untuk mencatat ucapan selamat dari teman, batu-batu kecil juga bisa digunakan sebagai medianya.

Buku tamu undangan pernikahan unik

Buku tamu undangan pernikahan unik via ruffledblog.com

Menggunakan kertas untuk mencatat ucapan selamat di hari pernikahan sudah terlalu biasa. Namun, jika kamu gunakan batu kali yang berukuran kecil, barulah bisa disebut istimewa. Sediakan tumpukan batu kali dalam keranjang bersama spidol permanent di meja depan. Lalu mintalah para tamu undangan yang baru hadir untuk menuliskan ucapan selamat, doa, gambar, atau nama mereka di sana. Dengan “buku tamu” seperti ini, pernikahanmu pasti tak akan terlupakan. Kreatif ‘kan?

5. Tamu undangan pasti tak akan menolak untuk merangkai buku ucapan selamat dengan mesin ketik klasik. Selain unik, menulis dengan cara ini juga lebih asyik.

Buku tamu pernikahan yang unik

Buku tamu pernikahan yang unik via www.allfreediyweddings.com

Meskipun berisik, bunyi mesin ketik yang “tik tik tik” selalu terdengar asyik. Nah, untuk mengingatkan kembali tenang benda kuno ini, gunakan saja menjadi media “buku tamu” yang nyentrik. Kamu bisa ajak tamu undangan untuk menuliskan ucapan dan doa dengan mesin ketik. Pastikan kamu tak buru-buru mengganti kertasnya ya. Biarkan ucapan satu ke ucapan berikutnya mengalir apa adanya seperti buku. Dengan “buku tamu” seperti ini, para hadirin pasti makin semangat untuk menulis.

6. Cukup sediakan irisan kayu dan spidol permanen, hiasan unik dari “buku tamu” sudah bisa kamu bikin.

Buku tamu undangan pernikahan unik

Buku tamu undangan pernikahan unik via www.pinterest.com

Agar kenangan pernikahan tak mudah terlupakan, pastikan kamu mau “menyimpan” dengan benar. Salah satunya caranya dengan membuat hiasan dari “buku tamu”. Tak melulu kudu pakai kertas lho, pakai kayu juga bisa kok.

Kamu bisa sediakan irisan kayu berdiameter besar namun tipis saja. Lalu lapisi dengan cat plamir agar terlihat lebih eksklusif. Kemudian tempatkan di meja depan tempat para tamu undangan datang. Ajak mereka menuliskan kata selamat atau doa menggunakan spidol permanen. Lalu kamu bisa pasang sebagai pajangan atau penghias ruangan. Dengan cara ini, “buku tamu” tak akan sia-sia begitu saja.

7. Kalau kamu tetap ingin menggunakan buku tamu seperti orang kebanyakan, desain sendiri saja dengan tambahan gambar pre wedding agar lebih “bercerita”.

Buku tamu pernikahan unik

Buku tamu pernikahan unik via sarahandthecityblog.blogspot.com

Kamu tetap kukuh menggunakan media kertas sebagai buku tamu? Ya, gak masalah. Buku tamu seperti orang kebanyakan juga  bisa dibikin unik kok. Asal, kamu mau buat desain buku tamu sendiri dengan cara yang unik. Misalnya, buatlah “majalah” yang isinya didominasi kertas polosan. Misalnya putih atau hitam. Lalu cetak beberapa pose prewedding mu di beberapa halaman. Barulah kamu gunakan sebagai media untuk menuliskan ucapan selamat dari para tamu undangan. Meski tetap menggunakan kertas, buku tamu seperti ini jauh lebih bercerita dan tak kaku.

8. Lukisan karikatur akan terlihat lebih nyentrik jika kamu membiarkan orang lain menyisipkan doa istimewa atas pernikahanmu sendiri.

Buku tamu pernikahan unik

Buku tamu pernikahan unik via www.caricatures-ireland.com

Tak melulu foto prewedding, gak sedikit pengantin yang memilih menggunakan gambar karikatur sebagai kenang-kenangan. Nah, agar terlihat lebih menarik, manfatkan saja lukisan karikatur sebagai “buku tamu” yang unik. Ijikan para tamu undangan menuliskan kata-kata selamat atau doa atas pernikahanmu. Dan pastikan kamu memberikan ruang kosong yang agak lapang ya. Lalu jadikan sebagai hiasan dinding. Kamu berani menerapkannya?

Buku tamu gak melulu kudu pake album berkolom kok. Dengan 8 ide kreatif ini, para tamu undangan justru bisa lebih semangat untuk mengucapkan selamat dan doa terbaik untuk pernikahanmu nanti.

Selamat menerapkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya