Zaman sekarang siapa sih yang nggak kenal Android? Android udah jadi produk ponsel paling laku di Indonesia. Harganya yang terjangkau dan pilihan model juga merk yang beragam bikin kita punya banyak pilihan.

Tapi adakah dari kamu yang sering mengalami masalah sama HP Android kesayangan? Sebut saja nggak sengaja beli barang second yang ternyata nggak dalam kondisi prima, baterai cepat habis, sampai beli HP yang beda seri IMEI-nya? Hmmm sebenarnya ada lho cara buat tahu kondisi Androidmu. Gampang lagi nge-ceknya. Kamu tinggal memasukkan 8 kode rahasia ini ke HP mu!

1. Kode paling lazim, yaitu *#06# buat ngecek IMEI. Dengan begini kamu tahu HP-mu itu produksi mana dan gimana kualitasnya

contoh IMEI

contoh IMEI

Advertisement

Lokasi produksi HP ternyata menentukan kualitas HP-mu. Karena itu penting buat kamu untuk tahu di mana HP mu dibuat. Mengetahui kode IMEI bisa memberikan informasi ini.

Setelah memasukkan kode, pasti muncul IMEI, catat. Pastikan nomer IMEI sama dengan yang tertulis di kardus dan juga di baterai. Kalau kamu masih belum yakin, kamu bisa cek keaslian IMEI di numberingplans.com

FYI, dari sekian digit IMEI, yang paling perlu kamu perhatiin adalah digit ke-7 dan ke-8. Berikut adalah list digit ke-7 dan ke-8 serta negara pembuatnya.

Advertisement

00 Prancis
01 Finlandia
10 Finlandia
08 Jerman
80 Jerman
20 China
02 China
40 India
04 India

Nah, untuk kualitas terbaik adalah Prancis, terbaik kedua Finlandia, kualitas wajar adalah Jerman. Untuk sisanya, bisa kamu tafsirkan sendiri.

2. *#*#4636#*#* untuk melihat informasi tentang ponsel, statistik penggunaan, dan penggunaan baterai.

menu statistik

menu statistik

Lewat menu ini, kalau kamu jeli kamu bisa memastikan bahwa barang itu benar-benar baru dari statistik kondisi baterai, statistik program. Kalau ada program mencurigakan yang sudah lama dipakai, kemungkinan HP mu udah nggak baru.

3. *#0*# buat Samsung generasi di atas 2013 untuk mengakses menu demi memeriksa berbagai kondisi hape seperti layar sentuh, LCD, dan lain-lain.

test menu Samsung

test menu Samsung

Khusus Samsung, kode rahasia yang sederhana ini wajib banget kamu masukkan untuk memeriksa kondiri android yang bakal kamu beli. Kamu wajib cek semua aspek mulai dari sensitivitas layar sentuh, dead pixel atau piksel layar yang mati atau nggak mengeluarkan cahaya (biasanya ada titik hitam saat layar menyala putih), sampai kamera depan-belakang.

4. *#*#7378423#*#* khusus Sony untuk mengakses menu untuk memeriksa kondisi ponsel.

test menu SONY

test menu SONY

Kode ini hanya bisa dipakai untuk seri-seri Sony Xperia. Dengan memasukkan kode ini, kamu bisa mengakses menu servis untuk memeriksa kondisi touch screen, LED, speaker, sensor cahaya, kompas, dan lain-lain. Cek satu per satu, siapa tahu ada yang nggak beres.

FYI, kalau kamu sudah upgrade di atas KitKat 4.4.2, ada kemungkinan kamu nggak bisa akses menu ini.

FYI, ngetik *#*#7378423#*#* sama aja ngetik *#*#SERVICE#*#* kalau kamu masih inget keypad hape jadulmu, haha, haha.

5. *#*#3424#*#* khusus HTC untuk mengakses menu yang bisa memeriksa kondisi ponsel.

test menu HTC

test menu HTC

Sama dengan Samsung dan Sony, khusus HTC ada juga kode tersendiri. Dengan memasukkan *#*#3424#*#*, kamu juga bisa mengakses test menu untuk memastikan kondisi speaker, bluetooth, layar sentuh dan lain-lain dalam kondisi normal.

6. Khusus ASUS Zenfone memang beda. Nggak lagi lewat dial, tapi lewat kalkulator kamu masukkan .12345+= (Jangan lupa titiknya ya)

test menu Zenfone

test menu Zenfone

Untuk ASUS Zenfone kamu nggak bisa masukin kode lewat dial, tapi kamu harus lewat kalkulator. Kamu bisa cek semua kondisi layar, bluetooth dan lain-lain lewat menu ini. Pastikan semua baik-baik saja.

Berikut adalah kode buat orang-orang desperate gara-gara harus restart, format ulang, atau lupa password.

7. JANGAN COBA kecuali bener-bener kepepet. Yang ini juga khusus Samsung. Hati-hati resiko kehilangan data, memasukkan *2767*3855# kalau kamu memang bener-bener perlu menginstall ulang androidmu.

hard reset samsung

hard reset samsung, jangan coba kecuali emang lagi bener-bener butuh

Nah, ada kalanya kan androidmu ngadat, tiba-tiba lemot banget atau ada masalah lainnya. kalau udah bener-bener kepepet, androidmu udah minta diinstall ulang, kamu bisa coba masukkan kode ini. Tapi, ya resikonya udah jelas, semua data akan hilang. Resiko ditanggung sendiri ya.

Sekali masukin ini, androidmu langsung kereset lho, sekali lagi hati-hati.

8. Sebagai tambahan. Khusus Sony, kamu bisa masukkan kode *#*#7378423#*#* di emergency call kalau udah kepepet lupa pattern code.

bobol pasword kalau bener-bener kepepet

bobol pasword kalau bener-bener kepepet

Kode ini juga bisa dipakai untuk menyelamatkan kamu kalau kamu lupa password atau pattern lock kamu. Nah, caranya pencet emergency call pas menu memasukkan password. Kalau udah, akan muncul menu dial. Nah, masukkan aja kode rahasia ini. Setelah masuk, ada menu customization settings, tap di situ, lalu tap reset customization. Huss, jangan disalahgunakan ya!!
Nah, kalau saat kamu beli android ternyata ada yang nggak beres, kembaliin aja ke yang jual.

Kalaupun kamu baru tahu ada kode rahasia, nggak ada salahnya kamu cek kondisi hape kamu sekarang juga untuk memastikan kondisi androidmu sekarang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya