8 Langkah Agar Gigi Putih, Bersih, dan Sehat Bukan Lagi Khayalan. Siap-siap Senyum Menawan!

Langkah-langkah supaya gigi putih, bersih, dan sehat.

Salah satu cara agar orang lain tertarik dengan kita yaitu lewat sebuah senyuman. Apalagi kalau senyum lebar sambil memperlihatkan gigi putih, bersih, dan sehat. Sayangnya, kegemaran minum teh dan kopi, serta mengonsumsi berbagai jenis makanan membuat gigi lama-lama menguning, berkarang, bahkan beraroma nggak sedap. Karena itu, kita perlu menerapkan cara jitu supaya kondisi gigi tak mengecewakan lagi.

Advertisement

Tanpa kita sadari, ternyata banyak cara mudah yang bisa kita lakukan untuk merealisasikan gigi putih, bersih, dan sehat. Kalau selama ini kamu berpikir sulit, kenyataannya sama sekali tidak. Intinya adalah dari diri sendiri harus punya keinginan untuk melakukan langkah-langkahnya. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Hindari makanan dan minuman berwarna gelap dan pekat, pun demikian dengan mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok

hindari minuman berwarna gelap dan pekat via pixabay.com

Kamu wajib mengurangi konsumsi makanan dan minuman berwarna gelap dan pekat. Hal ini karena warna-warna pada makanan dan minuman tersebut tersebut dapat menempel pada gigi jika dibiarkan. Misalnya, kamu gemar minum kopi atau teh hitam. Untuk mengatasinya, setelah mengonsumsi kamu bisa segera minum air mineral atau menyikat gigi tanpa menundanya lagi. Agar warna gelap dan pekatnya tidak menempel pada gigi.

2. Rutin ganti sikat gigi 2 atau 3 bulan sekali. Jangan lagi memakai sikat yang sudah brudul seperti ini

ganti 2 atau 3 bulan sekali via pixabay.com

Jangan biarkan gigimu hanya dibersihkan dengan sikat gigi yang lama nggak diganti. Sebaiknya, kamu ganti sikat gigi tiap dua atau tiga bulan sekali. Kalau kamu tetap memaksa pakai sikat gigi yang lama, jangan heran kalau nanti bakteri ke bakteri akan ditransfer dari sikat ke gigi. Dan gunakan sikat gigi secara perlahan dengan gerakkan lembut sambil melingkar.

Advertisement

3. Bersihkan lidahmu supaya bakteri penyebab bau mulut menghilang

sikat lidah supaya aroma mulut segar via www.crossroadsfamilydentistry.com

Tampilan gigi cantik itu bukan cuma dari kebersihan gigi, tapi juga kondisi mulut, misalnya lidah. Sebagai indera pengecap, seluruh makanan dan minuman akan dirasakan. Sehingga, jika tidak bersih menyikatnya akan menyebabkan bakteri menumpuk di lidah. Kalau terus dibiarkan bau mulut akan sulit menghilang dan bikin hawa napas nggak segar.

4. Coba dari sekarang mulai konsumsi makanan renyah yang bisa bantu membersihkan gigi

makan popcorn via pixabay.com

Percaya atau tidak, makanan-makanan renyah membantu membersihkan gigi saat kamu konsumsi. Misalnya, buah apel, wortel mentah, seledri, dan popcorn. Untuk itu, sebisa mungkin konsumsi makanan-makanan ini di akhir saja supaya sisa makanan yang menempel di gigi sebelumnya bisa “tersapu” sejenak. Bersih dan menyegarkan aroma mulut.

5. Sikat gigimu dengan baking soda seminggu sekali agar tampilan gigi lambat laun menjadi putih

pakai baking soda via www.youtube.com

Kamu tentu sudah sering dengar informasi tentang baking soda yang punya banyak manfaat. Salah satunya memanfaatkan baking soda untuk menyikat gigi karena bantu menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Kamu bisa gunakan baking soda sebagai pengganti pasta gigi seminggu seakali.

Advertisement

6. Kumur-kumur dengan penyegar mulut saat kamu lagi sibuk-sibuknya beraktivitas

segarkan mulut dengan penyegar via chianesedental.com

Aktivitas padat membuatmu butuh menyegarkan mulut. Karena itu, kamu wajib kumur-kumur dengan penyegar mulut dan pilih yang bebas alkohol. Dengan kumur-kumur pakai penyegar mulut, hawa napasmu nggak hanya segar, tapi juga membuat diri menjadi lebih semangat.

7. Biasakan rutin sikat gigi di pagi hari saat baru bangun tidur dan di malam hari sebelum terlelap

sikat gigi di pagi hari via www.hawaiidentalclinic.com

Penting sekali untuk menjaga kesehatan gigi di pagi hari. Buat kamu yang enggan menyikat gigi saat baru bangun tidur, dari sekarang hal itu harus diubah. Karena seperti dilansir dari Reader’s Digest, sikat gigi di pagi hari bermanfaat menghilangkan plak dan bakteri yang membuat napas baru bangun tidur tidak sedap. Pun demikian dengan air liur yang bisa mengering semalaman, jadi sebaiknya semua plak di gigi dibersihkan sebelum tidur.

8. Pilih warna-warna lipstik yang bisa membantu membuat gigi tampak lebih putih dari biasanya

samarkan dengan warna lipstik via unsplash.com

Untuk para cewek, kamu bsia menyamarkan gigimu yang kuning dengan warna lipstik merah terang atau pink. Warna-warna ini dianggap membuat gigimu terlhat lebih putih, lo. Nggak percaya? Coba poleskan lipstik merah dan pink yang cocok dengan warna bibirmu

Dengan menerapkan delapan langkah ini, gigi putih, bersih, dan sehat bisa kamu wujudkan. Asalkan kamu menerapkannya secara konsisten, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE